Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Diposting pada

Halos sobat kicau (lovebird mania) indonesia, nah pada kesempatan kali ini suhukicau.com akan memberikan tips dan cara mengatasi lovebird cabut bulu, banyak terjadi permasalahan seperti ini yang dijumpai oleh sebagian pemain atau pecinta burung lovebird ya, khususnya untuk burung kontes, lapangan ataupun prospekan lomba.

Hal yang harus di ketahui, untuk kasus lovebird cabut bulu memang bukan masalah yang serius seperti penyakit snot patek, nyilet ya temen-temen, karena cabut bulu bukan sebuah penyakit yang bisa mengakibatkan kematian pada burung lovebird kesayangan kalian,

namun setikdanya kita sebagai pemilik atau perawat tentu menginginkan bentuk fisik dan bulu burung lovebird kita itu sempurna ya baik luar maupun dalam nya bener nggak ?.

Sebagian pecinta burung mencabut sendiri masalah yang terjadi namun ada juga pembuat lovebird yang merasa cabut dengan keadaan seperti itu pada tubuhnya dicabut sendiri dan sebagian kalangan pembuat kasus lovebird cabut bulu belum diketahui secara pasti,

dan kira-kira apa penyebab lovebird cabut bulu ada beberapa faktor penyebab bulu dada lovebird rontok, lalu bagaimana cara mengatasi lovebird cabut bulu dada ini, yuk simak pembahasan lengkapnya di artikel ini sampai habis ya.

Mengenali Kasus Kenapa Burung Lovebird Bisa Cabul ?


Faktor Birahi

Untuk penyebab yang pertama ini bisa dikarenakan si lovebird tersebut sedang mengalami over birahi Mengapa bisa over birahi ?. Nah biasanya over birahi terjadi saat lovebird usia 5 bulan atau lebih biasanya terjadi perubahan perilaku lovebird over birahi bisa mengakibatkan lovebird itu mencabut bulunya sendiri atau yang lainnya,

Baca selengkapnya :  11 Trik Merawat Burung Perkutut Supaya Cepat Gacor

antara lain bisa menggesek-gesekkan tangkringan dan menunjukan perilaku yang gelisah tidak bisa diam ngeruji dan lainnya.

cara-mengatasi-lovebird-cabut-bulu-sendiri

Faktor Pemberian Pakan

Dan yang ke dua ini bisa juga dari racikan pakan terlalu berlebihan biasanya salah satu faktor lovebird cabut bulu karena racikan pakan terlalu tinggi,

Untuk menanggulanginya tentunya stop dulu racikan pakan yang terlalu tinggi ini dan gunakan yang normal saja semisal milet putih polos ya temen-temen, dan kembalikan ke setingan pada umumnya ya.

Faktor Burung Stres Karena Salah Rawatan

Dan yang ketiga ini bisa terjadi karena perawatan yang salah tentu bisa mengakibatkan lovebird stress misalnya cara memandikan tidak sesuai dengan perawatan sehari-harinya atau yang tidak diinginkan burung tersebut,

maka jika kalian analisa dari pemberian rawatan yang salah dan cara mengatasi lovebird cabut bulu karena stres ini kalian harus stop memandikan burung dengan cara seperti itu ya, bisa kalian sediakan saja wadah pemandian dan biarkan burung lovebird kesayangan kalian itu mandi dengan sendirinya tidak dipaksakan.

Faktor Gizi Dan Protein Yang Tidak Seimbang

Nah faktor yang lainnya bisa juga karena si lovebird ini mengalami kekurangan gizi ataupun kelebihan protein adalah salah satu faktor lovebird cabutin cara mengatasinya yaitu dengan cara menyeimbangkan asupan gizi dan protein,

jadi harus kalian ingat ya, intinya sangat berpengaruh kepada asupan pakan yang kalian berikan itu haruslah memiliki kadar protein dan gizi yang seimbang dengan cara mengatur takaran atau porsi pakan hariannya.

Faktor Terserang Virus, Kuman, Kutu Atau Bakteri

Dan untuk nomor 5 adanya kuman atau kutu di bulu atau badan lovebird solusinya yaitu usahakan lovebird 1 minggu sekali disemprot shampo burung atau antiseptik agar bulu burung sehat dan tidak ada kumannya lagi.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Mengetahui Tipe Kacer Panas Atau Dingin

untuk jenis shampo yang bagus biasanya kami menggunakan produk jati jajar ataupun merk yang lainnya juga tidak masalah ya, yang penting khusus untuk kutu burung atau jenis bakteri, yg pastinya jika menurut kalian baik dan aman bagi lovebird kesayangannya.

Faktor Alergi Atau Iritasi Kulit

Dan yang terakhir ini bisa disebabkan karena si lovebird ini mengalami iritasi atau alergi pada kulit biasanya disebabkan oleh suhu udara yg kering ya, sehingga lovebird begitu peka terhadap suhu atau iklim yang mengakibatkan iritasi pada bulu dan kulitnya,

dan bisa juga karena gangguan pada hormon karena infeksi pada jaringan tubuh karena asupan makanan dari lovebird kurang begitu tinggi dan yang terakhir adalah disebabkan karena karakter burung itu sendiri, karena emang udah terbiasa dengan mencabuti bulunya sendiri ya temen-temen.

Ada pertanyaan dari temen-temen juga, biasanya lovebird cabut bulu itu jantan atau betina ?. Untuk kedua jenis tidak bisa kita analisa ya, memang biasanya sih yang jantan ya dan tidak mutlak hanya berlaku untuk yang jantan saja ya, terkadang ada juga yang betina itu mengalami kasus yang sama.

Nah cara mengatasi lovebird cabut bulu sendiri tentu harus kita perhatikan dengan teliti apa penyebabnya, dan harus kalian berikan penanganan yang tepat agar burung loebird temen-temen semua bisa kembali normal dan nampak cantik seperti sediakala.

Oke jadi itu saja tips yang bisa kami share seputar cara mengatasi lovebird cabut bulu, semoga bisa menambah wawasan temen-temen semua dan bisa bermanfaat ya, salam lovebird mania indonesia.

baca juga : cara bikin jamu tradisional untuk burung lovebird ngekek panjang

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari