Cara Mengobati Suara Serak Pada Burung Murai Batu

Diposting pada

cara mengobati serak pada burung murai batu – Nah pada kesempatan sore hari ini berjumpa lagi bersama Suhu Kicau website yang selalu konsisten membahas dan memberikan tips seputar perawatan burung kicauan khususnya untuk murai batu mania baik untuk pemula atau yg sudah profesional sekalipun. Jangan ragu-ragu ya untuk terus belajar dan mencari ilmu pengetahuan baru disini.

Berdasarkan judul diatas, pembahasan kali ini adalah seputar permasalahan tips mengatasi burung murai kalian yg mengalami suara serak atau hilangnya suara ya.

Seperti burung setelah mabung serat suaranya masih pelo atau lirih atau burung yang sudah rawatan tiba-tiba hilang suara ya Nah di sini saya akan membagikan sedikit ilmu dan pengalaman ya, yang sudah lama saya terapkan dan saya jalan. Yang insya Allah aman dan sudah saya uji coba terlebih dahulu kepada burung murai batu saya ya, dan hasilnya Allhamdulillah suara burung murai saya bisa kembali power kencang kembali. Yuk simak penjelasan langsungnya dibawah ini :

Tips Memberikan Obat Untuk Burung Murai Yg Hilang Suara Atau Serak


Carilah Buah Mengkudu

Dengan kondisi suaranya tiba-tiba ngilang nah jangan khawatir dulu ya jangan panik santai aja kita pelan-pelan ya coba yang apa Cara yang pertama yang harus kita lakukan adalah langkah pertama kalian harus mencari buah mengkudu yang matang ya, namun diusahakan matang di pohon tapi jangan terlalu lembek atau jangan yang sudah jatuh di bawah ya. Kondisi buah mengkudu ini wajib yang masih di pohon lalu kita petik.

Baca selengkapnya :  16 Macam Burung Kontes Yang Sering Diikuti Lomba

obat-serak-murai-paling-ampuh

Tips Cara Meraciknya

Kita cari buah mengkudu ya Sebanyak 3 buah yang matang di pohon baru kita petik Setelah itu kita kupas ya si kulit mengkudu ini lalu kita potong 3 ya, 1 dipotong jadi 3 bagian lalu kita tuang di tempat masak air lalu kita campuran air sebanyak 3 gelas ya.

Untuk takaran 3 mengkudu 3 gelas air putih ya kita masak yaitu dengan api yang biru yang sedang saja atau boleh juga dg api kecil, jangan terlalu gede agar bisa merata hasil rebusannya dan tidak terlalu terburu-buru dan matangnya terpaksa gitu ya.

Itu biarkan sampai akhirnya menjadi satu gelas ya nanti warnanya akan berubah menjadi warna kekuningan seperti mirip teh ya. Nah setelah takaran atau perkiraan kita 1 gelas lebih lah kita matikan lalu biarkan kita dinginkan dulu setelah dinginkan terlebih dahulu ya. Dan jangan lupa kita saring ampasnya menggunakan penyaring setelah itu air nya sudah bening lalu kita taruh kulkas nah nanti saat dikasihkannya ke murai batu kalian itu saat pengembunan ya.

Tips Cara Memberikannya

Saat pengembunan kita kasihkan cukup seperempat aja ya di cepuk minumnya kita kasih langsung mau air mengkudu nya aja nggak jadi masalah atau mau air putih biasa sedikit juga nggak masalah yang lebih bagus lagi cukup ya itu tadi air rebusan mengkudu aja ya jangan terkena sinar matahari misalkan mau dijemur sebentar dicabut aja dulu lalu dipasang lagi Nanti sekitar sore atau abis zuhur boleh kita ganti air biasa lagi normal ya boleh diganti air larutan boleh air Aqua biasa boleh ya Nah lakukan itu rutin ya tiga hari berturut-turut selama satu minggu.

Baca selengkapnya :  7 Cara Merawat Kakatua Yang Tepat Agar Selalu Sehat

Selama satu minggu untuk yang serak ya misalkan yang hilang juara sama Nah nanti di minggu berikutnya melakukannya juga Sama ya di hari misalkan Senin Selasa Rabu seperti itu juga ya melakukannya sampai bener-bener suaranya bening ya Insya Allah ini sudah saya buktikan udah sehat rapan sebenarnya ini yang selalu saya pakai ya di burung misalkan burung-burung harian burung lomba ya atau burung-burung yang habis mabung.

cara-mengatasi-murai-serak-habis-mabung

Baca juga aritkel lainnya seputar : karakter murai batu

Keutamaan Buah Mengkudu

Karena mungkin yang sudah ada di tahu yang sering ke rumah utama burung dokor aja di saya suaranya sudah pada normal Why ya olah Belum kenal jemur belum ke namun belum diumbar karena saya belum menggunakan ini ya Insya Allah tanpa efek samping Mungkin kalian juga paham yah ini ramuan alami ya fungsinya sangat mungkin caranya atau mencari aja di Google ya kegunaannya untuk apa aja, apa buah mengkudu ini sangat banyak dan ampuh tentunya.

Oke jadi itu saja ya yg bisa kami share seputar cara mengobati serak pada burung murai batu yg sudah terbukti ampuh dan sering dipakai oleh para pemain murai batu lapangan yg memiliki permasalahan yg sama kepada burung murai batu kesayangannya. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat ya. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari