Cara Menjinakan Burung Siri Siri

Diposting pada
Rate this post

Cara Menjinakkan Burung Siri Siri memanglah tidak mudah sehingga kita harus mengerti dengan benar. terlebih siri-siri ini terkenal sebagai burung yang sangat agresif di alam bebasnya.

Dipasaran juga banyak dijual siri-siri hasil tangkapan karena jarang sekali burung ini ditangkarkan. kemungkinan besar karena populasinya dialam juga masih cukup banyak sehingga tidak ada larangan penangkapan secara bebas.

Pentingnya penjinakan selain dia lebih nurut ialah dia sebenarnya tidak memakan voer dengan dilatih dan dijinakan dia akan mulai mau memakan voer selanjutnya dia juga enggan berkicau ketika dari tangkapan liar

tiba-tiba harus terkurung didalam sangkar yang terbatas pergerakannya dan juga tidak mau makan karena merasa manusia ialah ancaman bagi dia. sehingga perlu kita jinakan perlahan-lahan supaya dia nyaman saat kita rawat.

meskipun terlihat mudah tetapi banyak dari para pemula mempertanyakan bagaimana caranya supaya lebih efektif sehingga hasil penjinakkannya akan terlohat progresnya karena kalau tidak benar akan percuma.

Untuk menjawab pertanyaan kalian, kami hadirkan artikel cara dan tips menjunakan siri-siri dengan mudah dan juga progres hasilnya akan terlihat kurang dari dua minggu.

burung-siri-siri-raja

Perawatan Penjinakan Siri Siri

1. perawatan harian

harus konsisten yang pertama kita harus selalu membersihkan kandang, mengganti air minum secara rutin dan juga mengecek cepuk makanannya takutnya dia kekuarangan makan. penting sekali membersihkan kandang

supaya burung siri-siri yang kita jinakkan terhindar dari penyakit. bersihkan dan selalu ganti air minumnya minimal 2 hari sekali tetapi kalau sudah terlihat kotor wajib diganti setiap hari.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Nuri Paling Akurat

jangan lupa juga untuk dimandikan dan dijemur untuk menurunkah stres nya juga karena tentunya dia akan merasa tertekan sekali berada ditempat yang baru sehingga harus merawatnya dengan sepenuh hati.

2. Mandikan Secara Rutin

Tahap selanjutnya ialah memandikan burung siri – siri dengan di semprot sampai bulunya basah kuyup. seting sprayer jangan terlalu kencang cukup semprotan halus saja.

Burung dimandikan setelah dia diembun sebenarnya pada pagi hari mulai jam 7 dan waktu memandikannya juga usahakan selalu konsisten di jam yang sama setiap harinya supaya dia tidak bingung dan lebih disiplin.

Tujuan burung dimandikan supaya bulunya lebih halus dan lemih mulus serta terjaga dari kotoran intinya untuk menjaga kesehatan. selain itu supaya burung tidak mudah stres dan mudah dijunakan.

3. Waktu dan Durasi Jemur

Selanjutnya jemur burung ditempat yang tidak terlalu tinggi dan juga untuk penjinakan supaya lebih optimal diletakan ditempat yang banyak dilalui oleh anggota keluarga kita dan pastinya aman dari serangan dari hewan lain.

Penjemuran jangan terlalu lama cukup selama 30 menit sampai 1 jam saja atau sampai bulunya kering. untuk waktunya sendiri dibawah pukul 11.00 karena diatas itu sinar matahari lumayan terik panasnya.

4. Pemberian Makan Dengan Terapi Lapar

Saat mau dimandikan sampai dia dijemur cepuk makan dikosongkan atau diambil ya sobat, hal ini bertujuan supaya dia lapar dan minum harus tetap diisi supaya tidak kehausan.

Setelah dijemur berikan dia 3 ekor jangkrik yang langsung kamu suapi untuk melatih penjinakannya kalau dia sudah mau disuapi tandanya dia sudah mulai jinak kalau belum mau boleh menggunakan lidi atau tusuk sate.

Selanjutnya voer kembali dimasukan dan juga air minum dicek boleh ditambah lagi biar tidak kekurangan. air minumnya harus air matang yang sudah didinginkan terlebih dahulu.

Baca selengkapnya :  Cara Membuat Pleci Gacor

makanan-burung-siri-siri

Nah itulah bagaimana cara menjinakan burung siri siri semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang membaca. Kami ucapkan banyak terimakasih dan terus membaca artikel lain dari suhukicau.

baca juga : perbedaan burung siri siri dan cucak rawis

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari