lovebird-olive

Ciri dan Karakter Lovebird Olive Beserta Harganya

SuhuKicau.com – Burung Lovebird termasuk salah satu burung favorit bagi kalangan pecinta burung. Jenis Lovebird Olive menjadi primadona yang banyak diminati oleh kolektor Lovebird. Burung ini merupakan hasil persilangan antara dua indukan yang berbeda, memadukan kecantikan dan kemerduan suara yang khas.

Memelihara jenis burung Lovebird dipercaya untuk mengenyahkan rasa bosan, karena kecantikan warna bulunya membuat rasa jenuh hilang seketika.

Mengenal Karakteristik Lovebird Jenis Olive

Lovebird ini dikenal dengan nama Lovebird Double Dark Green, dulunya sengaja dibuat sebagai hasil eksperimen dari pembudidaya burung cantik. Belakangan ini jenis burung Olive banyak dicari karena memiliki gradasi warna double dark serta hijau tua sebagai ciri khas burung. Sebagaimana jenis burung yang lainnya, persilangan yang dilakukan dapat memberi warna unik tersendiri pada hasil anakannya.

Perubahan warna yang dimiliki burung Olive terjadi karena ada perubahan DNA dan beberapa faktor lainnya. Mutasi dilakukan untuk menghasilkan variasi warna bulu yang unik, cantik dan menarik bagi Lovebird Olive.
Meskipun begitu tidak semua persilangan Lovebird akan menghasilkan jenis Olive sesuai dengan keinginan, terkadang hasil anakan tidak memiliki kemiripan dengan kedua indukannya.

Burung jenis ini memiliki ciri utama dengan paduan dominan warna hijau gelap, menyelimuti tubuh mulai dari bagian sayap hingga bagian punggung. Dengan detail bagian ujung sayap dan ekor hitam, bagian leher terlihat kuning dengan gradasi orange, serta bagian paruh berwarna merah menyala.

Jika dilihat secara keseluruhan pada bagian wajah burung memiliki warna hijau tua, agak terlihat gelap dan tidak terlalu mencolok.

Bentuk tubuh burung ini umumnya kecil dan meruncing ke bagian bawah. Yang membuat Lovebird semakin unik ialah iris mata yang indah dengan warna yang berbeda. Mata didominasi warna hitam legam, dengan lingkaran putih yang melingkar di sekitar mata. Lingkaran putih tersebut kerap membuat burung Olive seolah-olah sedang melotot, padahal itu adalah corak khas yang dimiliki.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Murai Batu Yang Terpopuler

olive-love-bird

Kerap kali burung juga diikutkan kontes kicau burung, karena suaranya tergolong unik dan merdu. Selain itu kicauannya cukup menghibur, bisa menjadi hiburan saat dalam keadaan suntuk.

Untuk menciptakan kualitas suara yang gacor, diperlukan makanan serta vitamin yang tinggi. Kadar nutrisinya dilengkapi dengan protein dan natrium yang berguna bagi performa burung Lovebird Olive. Berikan juga multivitamin khusus agar burung cepat gacor.

Mengetahui Rentang Harga di Pasaran

Di pasar burung tradisional biasanya harga Lovebird Olive mencapai kisaran angka 300 ribu hingga 700 ribu, tergantung dari usia si burung. Namun di beberapa daerah masih memiliki rentang harga yang tinggi, bahkan mencapai jutaan rupiah. Hal ini disebabkan burung mengalami kelangkaan atau permintaannya tidak seimbang dengan keberadaan stok.

Setiap burung memiliki harga yang berbeda tergantung dari keunggulannya. Semakin cantik burung harga yang dibanderol semakin mahal. Pertimbangan umur dan ukuran burung juga menjadi faktor penentu harga.

Selain itu jenis burung anakan atau dewasa, serta yang terlatih dengan baik mengikuti dibelakangnya.Disarankan jika ingin membeli burung Olive, anda bisa langsung mendatangi ke tempat penangkaran. Karena lebih terjamin kualitasnya dan tidak merasa dirugikan.

Demikian penjelasan mengenai salah satu jenis Lovebird yag paling populer. Jika anda berniat untuk memeliharanya, maka harus memiliki effort tersendiri. Anda juga akan semakin tumbuh karena mempunyai tanggung jawab untuk selalu merawatnya. Rasa kepedulian terhadap hewan juga semakin meningkat.

Tentu saja hal ini menjadi poin plus untuk menambah daftar kebaikan. Pastikan anda sudah menguasai sedikit ilmu sebelum memutuskan memelihara, termasuk cara perawatan.