Makanan Burung Emprit

Diposting pada
Rate this post

makanan burung emprit, Halo kembali lagi masih bersama website SuhuKicau.Com yang selalu konsisten memberikan tips dan informasi seputar dunia burung ocehan di nusantara, nah dikesempatan kali ini kami akan mengulas apa saja sih makanan untuk burung emprit ?.

Burung emprit di zaman dulu memang tidak memiliki arti dan jarang sekali orang yang mau memeliharanya terkadang cuma buat mainan anak-anak yang dijual murah dan dimodifikasi di sepuh dengan warna-warni agar untuk menarik perhatian anak kita agar mau membeli dan memeliharanya ya bener nggak ?. hehehe.

Namun berbeda dengan kondisi saat ini burung emprit khususnya jenis kaji atau emprit yang berkepala putih ini sangat bagus sekali mengeluarkan suara kicauannya ya, jika kita mampu merawatnya dengan baik dan menggacorkannya tentu sangat istimewa jika kita manfaatkan sebagai burung ocehan dirumah ataupun menjadi burung isian atau masteran burung seperti kenari, jalak suren dan cucak ijo ya.

Nah bagi kalian yang masih penasaran !. Yang ingin mencoba memelihara burung emprit ini dan belum mengetahui jenis pakan yang baik, aman dan sehat yang bisa membuat emprit kesayangan kalian itu gacor !. Yuk simak langsung aja pembahasannya dibawah ini :

Apa Saja Makanan Burung Emprit ?


Jenis Makanan Burung Emprit

Nah kira-kira apa ya untuk makanan kesukaan burung emprit jika kalian sudah pelihara dan sudah berumur dewasa ya, tips dari kami kalian bisa memberikannya biji-bijian seperti milet putih, merah, canaryseed, beras merah, atau juga gabah ya. Karena burung emprit atau pipit ini termasuk jenis burung finch asli lokal indonesia ya, biasanya untuk makanan burung emprit kaji sangat menyukai padi atau gabah ya temen-temen.

Baca selengkapnya :  Cara Efektif Memaster Murai Batu Agar Cepat Masuk Isian

Lalu apa makanan burung emprit anakan ?. Jika kalian mendapatkan burung emprit yang masih lolohan dan terpisah dari indukannya, maka kewajiban yang harus kalian lakukan yaitu melolohnya secara konsisten ya dengan pakan racikan yang dibuat sendiri dengan bahan yang aman pastinya.

Dan cara membuat makanan burung emprit yang masih anakan ini tentu sangatlah mudah ya temen-temen, kalian bisa membuatnya dengan menggunakan voer burung kicau seperti topsong yang dibasahi dengan menggunakan air hangat, lalu kalian suapi atau loloh langsung dengan sendok plastik yang kecil ya, nah untuk jadwal melolohnya usahakan dalam 1 hari 3 – 4 kali ya.

makanan-kesukaan-burung-emprit

Tips Perawatan Burung Emprit Kaji Agar Gacor Siang Malam

Yang pertama-tama jika kalian baru saja memebli burung emprit ini dipasar atau penjual burung di toko, maka hal yang harus kalian lakukan adalah pengisolasian terlebih dahulu ya, burung emprit kaji ini harus di asingkan di tempat yang sepi dan tenang agar tidak membuatnya menjadi bertambah stress karena mendapati habitat di lingkungan barunya, terlebih di rawat oleh manusia.

Siapkan kandang berukuran kotak dengan bahan kayu namun jangan terlalu besar ya, nomor 3 juga cukup, namun buatlah tangkringan untuk bertengger itu hanya satu tangkringan saja ya. Siapkan wadah pakan dan minumnya serta sajikan makanan yang disukainya seperti milet putih dan air minum mineral yang sudah kalian masak matang ya, agar burung selalu sehat. Lalu burung kalian full kerodong ya selama 3 harian lah.

jenis-makanan-burung-emprit

Setelah kalian melakukan pengisolasian, baru kita menuju tahap pemandian dan penjemuran, serta proses penjinakkan ya, untuk cara memandikannya bisa kalian semprot halus ya, pada waktu pagi hari sebelum burung di embunkan sebaiknya kalian basahi sedikit saja lalu burung di embun sekitar pukul : 05.00 WIB,

Baca selengkapnya :  Masteran Suara Cucak Ijo

lalu jika pengembunan sudah selesai sekitar jam 7 pagi baru kalian mandi semprot sampai bulunya basah, bisa juga menggunakan shampo jatijajar, ataupun shampo burung total juga boleh, tapi jangan tiap hari menggunakan shampo minimal 1 minggu sekali saja.

sehabis burung dimandikan lalu dijemur paling lama 2 – 3 jam ya, maksimalnya jangan melewati jam 11 siang ya temen-temen, karena sinar matahari yang sudah terlalu siang itu tidak bagus untuk kesehatan burung, karena burung emprit ini burung yang memiliki tubuh kecil dan tentu sangat ringkih dan mudah letih jika berjemur terlalu lama.

Demikianlah tips yang bisa kami sajikan seputar makanan burung emprit beserta tips lainnya, semoga dapat menambah wawasan kalian semua dan semoga dapat bermanfaat ya. Salam satu hobi – kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari