burung-sikatan

Jenis Burung Sikatan (Harga dan Suara)

Jenis burung ini merupakan salah satu burung mungil yang memiliki kicauan cukup bagus, namanya populer dan banyak disukai terutama untuk kontes. Beberapa orang menyebutnya burung tledekan dan bisa ditemui diberbagai peternakan burung.

Burung sikatan terkenal karena suara kicauannya yang memiliki ciri khas seperti suara rapat, penuh panjang, serta gacor.

Harga Burung Tledekan Dilihat dari Jenis Suaranya


1. Jenis Sikatan Londo

Burung ini berasal dari luar negeri dengan habitat asli di kawasan Amerika Utara, namun seiring perkembangan waktu menyebar ke negara Eropa hingga wilayah Asia. Ciri-ciri perawakannya tidak terlalu besar dan memiliki bulu yang tebal.

jenis-sikatan-londo

Kicau yang dikeluarkan sangat indah dengan lantunan tajam dan lantang. Harga burung berada pada rentang 600 ribu hingga 900 ribu.

2. Jenis Sikatan Gunung

Burung yang satu ini mudah ditemui sekitar Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Ciri khas kicauannya adalah suara yang mendayu-dayu, dan dibanderol dengan harga mulai 100 ribu.

jenis-sikatan-gunung

Banyak orang yang menyukai burung ini karena warna bulunya yang menarik, selain itu badannya kecil jadi mudah untuk perawatan. Untuk jenis jantan berwarna biru gelap bercampur hitam dari kepala hingga ekor, sedangkan si betina berwarna kuning keabuan.

3. Jenis Sikatan Bakau

Jenis burung ini sering disebut Sikatan Gunung Kalimantan, karena berasal dari hutan Kalimantan. Untuk Sikatan berjenis kelamin betina mempunyai warna bulu pucat dengan bentuk paruh atas membentuk V, dan bawah dagu berwarna kuning.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Murai Batu Yang Terpopuler

jenis-sikatan-bakau

Sedangkan yang jantan berwarna biru gelap dari bagian kepala hingga ekornya. Kualitas kicau burung indah mengalun saat pagi. Anda bisa memilikinya mulai harga 200 ribu rupiah.

4. Jenis Sikatan Laut

Habitat asal burung adalah sekitar area hutan bakau di daerah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Karimun Jawa. Penggemar burung Sikatan ini cukup banyak karena suaranya cukup keras dan terdengar merdu, namun tidak terlalu istimewa.

jenis-sikatan-laut

Ciri khas perawakan burung terlihat dari warna bulunya yang biru mengkilap, dengan perpaduan warna hitam pada bagian dada, leher, serta muka. Khusus kelamin betina bagian atasnya berwarna coklat dengan kombinasi keabuan.

5. Jenis Sikatan Selendang Biru

Burung Sikatan ini terkenal dengan julukan Ninon atau Sikatan Biru Muda, karena permukaan bulu didominasi oleh warna biru pada bagian atas tubuh. Pada jenis jantan mempunyai warna biru terang di bagian punggung, sedangkan si betina cenderung memiliki warna coklat keabu-abuan pada tubuh bagian atas.

jenis-sikatan-selendang-biru

Untuk kicauan yang dihasilkan cenderung nyaring dan tidak terlalu kuat, namun cukup merdu apabila dikonteskan. Harga burung dipatok mulai 150 ribuan, tergantung rentang usia.

6. Jenis Sikatan Kembang

Kicauan yang dihasilkan burung kurang bisa dikategorikan dalam burung Sikatan pada umumnya, namun badan burung yang cantik menjadikannya laku di pasaran. Warna burung menarik seperti bunga, dengan ukuran perawakan kecil ditambah paruh dan ekor yang pendek.

jenis-sikatan-kembang

Memiliki ciri khas berwarna hitam gelap yang mendominasi tubuh bagian atas, dan warna putih pada bagian sayap dan sedikit dibagian atas mata. Burung tidak disarankan untuk kontes tapi anda bisa memeliharanya dengan harga mulai 150 ribuan.

Inilah jenis burung rekomendasi yang bisa anda pelihara di rumah, tentunya bisa dimiliki dengan harga yang terjangkau. Sebenarnya burung ini termasuk jenis yang pemalu jika melihat manusia, itulah sebabnya saat anda menemukan di alam liar Ia akan langsung terbang tinggi.

Baca selengkapnya :  Suara Burung Jalak Kebo Masteran Ampuh Burung Macet Bunyi

Terkadang juga agak takut terhdap sentuhan, namun itu tidak menjadi masalah. Perlahan burung akan terbiasa untuk berinteraksi dengan manusia.