Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer

Diposting pada

Nah pada kesempatan kali ini Suhu Kicau akan memberikan tips dan info seputar makanan burung kacer biar cepat gacor !. Mungkin ada beberapa para penghobi burung kicau khususnya kacer yang masih pemula ini,

ada juga yg masih belum mengetahuinya secara detail jenis pakan burung kacer beserta manfaatnya ya. Maka dari itu akan kita bahas disini.

Apa Saja Makanan Burung Kacer

Burung kacer yang kita rawat dengan baik tentu harus diberikan asupan yang berkualitas juga ya seperti : voer, serangga yg sehat dan buah.

Nah pada penjelasan dibawah ini adalah beberapa pakan yang bagus bagi burung kacer baik untuk harian, ataupun setingan lombanya, beserta manfaat dan cara pemberiannya.

Voer

Pakan voer tentu menjadi asupan pakan wajib yang diberikan setiap harinya kepada burung kacer kesayangan kalian ya, jika burung belum mau ngepur tentu harus di ajari dan dilatihnya terlebih dulu ya, bisa menggunakan voer halus seperti leopard.

Manfaat dari pur halus ini juga bisa sebagai makanan burung kacer bahan, dan untuk menambahkan stamina / power si burung ya, agar selalu aktif dan sehat.

Nah jika burung sudah voer total tentu akan lebih memudahkan bagi anda untuk melanjutkan tahapan rawatan hariannya ya!.

Kebanyakan para kacer mania menggunakan voer ini merk topsong ya, termasuk saya sendiri juga memakainya. Saran saya agar si kacer ini bisa tampil stabil sebaiknya kalian berikan voer topsong ini, baik yang hijau ataupun kuning ya. Disesuaikan lagi dengan kesukaan dan karakter si burung kacer kalian masing-masing.

Baca selengkapnya :  Mitos Burung Trucukan Membawa Hoki Dan Bawa Rejeki

voer-topsong


voer-leopard

Jangkrik

Pakan EF jangkrik ini merupakan salah satu jenis makanan burung kacer di alam liar nya ya temen-temen.

Jangkrik adalah sumber asupan pakan yang memiliki protein tinggi, yang bagus dikonsumsi setiap hari oleh burung kacer, dengan porsi takaran yang berbeda-beda pastinya, yg disesuaikan dengan karakter burungnya.

Catatan disini : Bagi burung kacer yang memiliki fighter tinggi tentu tidak terlalu menggunakan banyak jangkrik setiap harinya ya, bahkan ada juga yang 0 EF tanpa jangkrik !.

Karena jangkrik ini sifatnya panas ya !. Jadi tidak boleh kebanyakan atau berlebihan juga memberikan kepada burung kacernya.

Nah sebelum kalian memberikan jangkrik ini kepada kacer, disarankan kondisikan jangkrik itu terlebih dahulu ya, dengan cara memberikan pakan seperti daun-daunan hijau, seperti daun singkong ataupun singkon rebus, bisa juga dikasih jagung manis muda, bertujuan agar si jangkrik ini sehat juga ya, dengan mengkonsumsi yang banyak mengandung vitamin alami.

Dan setelah itu jangan sampai lupa ya, sebelum jangkrik ini dikasihkan ke burung, sebaiknya kaki atau kepalanya dibuah terlebih dulu ya temen-temen. Cukup berikan badan jangkriknya saja.

jangkrik

Kroto

Pakan ekstra fooding (tambahan) seperti kroto ini memiliki sifat dingin ya. Sangat cocok jika rutin dan konsisten jika diberikan untuk meredam emosi fighter burung kacer yang terlalu tinggi.

Kroto ini bisa diberikan sebagai pakan pendamping dan juga sebagai setingan kondisi burung ketika mau digantangkan ya, yang dikembalikan lagi dengan karakter burung kacer kalian.

Catatan : sebelum temen-temen memberi keroto kepada burung kacer ini, disarankan kondisi kroto harus segar (fresh) dan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran-kotoran yang bisa membuat burung tersedak, dan bisa mengganggu kualitas suaranya nanti.

Baca selengkapnya :  Masteran Suara Cucak Ijo

keroto

Ulat Hongkong

Bagi kacer lomba yang memeiliki tipikal / karakter lambat panas biasanya menggunakan EF ulat hongkong ini ya sebagai penyetel emosi dan level tarungnya dilapangan, dengan harapan burung bisa tampil maksimal, bongkar isian dan kerja stabil.

Karena sifat dari ulat hongkong ini tergolong panas ya, melebihi level panas dari EF jangkrik.

Catatan : untuk ef UH ini tidak dianjurkan sebagai pakan harian ya, terkecuali memang sedang dibutuhkan atau dengan kondisi tertentu, seperti ingin mengambrolkan bulu ketika saat melewati masa mabungya, ataupun untuk setelan lomba.

ulat-hongkong

Ulat Kandang

Untuk makanan burung kacer biar rajin bunyi salah satunya adalah ulat kandang ya, sifat yang dimilikinya sangatlah panas melebih ulat hongkong !.

Jika kondisi burung kacer kalian macet bunyi diakibatkan stres, kaget karena faktor dan sebab-sebab tertentu, kalian bisa menggunakan EF ulat kandang ini ya untuk mempercepat pemulihan psikis burungnya.

ulat-kandang

Belalang

Protein yang dimiliki oleh belalang tentu sangat tinggi sekali, melebihi protein dari jangkrik ya. Nah pakan belalang ini juga sangat dianjurkan ya untuk memberikan power stamina burung agar selalu FIT ON FIRE lah ya.

Namun tidak disarankan diberikan setiap hari, hanya saja jika diperlukan ya, seperti untuk dijadikan sebagai setingan ketika burung kepingin diikutsertakan dalam ajang kontes perlombaan.

Itupun pemberian dan takarannya harus tepat, agar burung tampil optimal dan mau bongkar lagu / materinya. Berikan pakan EF belalang ini yang masih anak atau mudah, dengan ukuran yang kecil ya. Jika tidak ada yang kecil namum adanya yang besar gimana ?.

Ya boleh saja, akan tetapi harus dipotong-potong kecil-kecil dan ambil dagingnya saja yang dikasihkan ke burung kacer kalian.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Sirtu, Habitat, Makanan, Harga, Suara

Ingat dalam memberikan pakan belalang anakan juga kakinya harus dibuang ya!. Karena kaki belalang ini lebih tajam dari kaki jangkrik ya !.

belalang

Cacing

EF cacing ini memiliki sifat dingin, namun tinggi protein juga ya. Sering dipakai sebagai tujuan untuk meredam birahi si burung yang terlalu over, jika si kacer ini sudah OB tentu akan menunjukan prilaku dan penampakan yang tidak enak dilihat seperti nangkur / mbagong ya.

Nah maka dari itu pemberian cacing ini kepada burung kacer yang sedang over birahi ini sangatlah di anjurkan ya.

cacing

Baca juga artikel lainnya : tips perawatan kacer untuk pekerja

Buah Pisang

Untuk jenis pohon yang disukai burung kacer adalah pohon pisang ya !. Terlebih buah nya juga sangat digemari ya temen-temen.

Pisang ini menjadi buah makanan burung kacer yang paling menjadi favorit bagi sobat kicau yang sering memakainya, biasanya untuk mengobati kacer yang sedang nyilet, ataupun memang si karakter dan kebiasaan burung setiap harinya juga tidak masalah jika diberikan buah pisang ini ya.

Oke .. Demikianlah tips seputar makanan burung kacer yang bisa kami bagikan sesuai pengalaman pibadi dan fakta dilapangan ya, serta berdasarkan riset bukti yang telah di coba / di aplikasikan, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi akan kebenarannya. Semoga dapat menambah wawasan dan semoga bisa bermanfaat ya.

Salam sukses hitam putih (Kacer Mania) Indonesia.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari