Makanan Burung Prenjak

Diposting pada
Rate this post

Kembali bersama website SuhuKicau.Com yg selalu konsisten memberikan info terupdate seputar dunia burung kicauan, nah diksempatan kali ini kami akan memberikan tips seputar jenis makanan burung prenjak yang wajib kalian ketahui sebagai kicau mania, baik itu yg masih pemula ataupun yg sudah lama sekalipun.

Sama-sama kita ketahui ya, dalam hal pemberian pakan yg tepat dan bekualitas untuk jenis burung kicauan khususnya burung prenjak sanngat menentukan keberhasilan untuk kualitasnya ya, namun banyak orang yg menyepelekan dalam memberikan pakan tersebut, jadi tidak heran burung yg dirawatnya tidak kunjung gacor-gacor ?.

Untuk makanan alami burung prenjak yang paling menjadi favorit adalah serangga ya, baik itu jangkrik, ulat dan kroto, hal ini tidak lepas dengan pola rawatan yg kita terapkan juga untuk burung prenjak perliharaan kita ya,

dan jika kita menghilangkan pakan kesukaannya yang ada nanti burung malah kekurangan asupan nutrisi, dan tidak sesuai dengan kebutuhannya. Biar nggak penasaran oke langsung aja kita simak pembahasan lengkapnya dibawah ini :

Apa Saja Makanan Burung Prenjak ?


Makanan Untuk Burung Prenjak

Untuk makanan utama ataupun ekstra yang baik untuk burung prenjak adalah voer dan serangga ya, dan burung prenjak ini merupakan salah satu burung kecil yang banyak diminati oleh banyak orang khususnya para kicau mania,

karena memiliki karakter suara khas dengan nada yang keras dan volume yang tinggi, pada burung ini untuk masalah kemampuan berkicaunya dengan burung lain tidak usah diragukan lagi ya, namun agar prenjak kalian bisa tampil maksimal dalam mengeluarkan kicauannya maka kita harus memberikan pakan dan ekstra puding yang tepat dan seimbang tentunya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Nuri Kepala Hitam Yang Cerdas

makanan-burung-prenjak-liar

1. Kroto

Untuk pakan serangga yang pertama adalah kroto, atau telur semut yang terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi dengan memberikan banyak mengandung protein dan nutrisi yang baik. kroto ini juga bisa meningkatkan stamina burung prenjak agar tidak mudah lelah, dan yang pastinya membuat burung lebih rajin untuk berkicau ya,

Nah pemberian keroto pada burung prenjak ini bisa kalian kasih minimal dalam waktu 1 minggu itu sebanyak 2 – 3 kali ya, dengan takaran 1 sendok makan saja, terlebih jika pemberiannya ketika burung prenjak kalian sedang dijemur ya, itu akan mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi.

2. Ulat Hongkong

Nah untuk yang kedua pemberian pakan favoritnya burung prenjak ini adalah ulat Hongkong ya, selain kroto ulat Hongkong merupakan salah satu jenis pakan yg sering digunakan karena yang dipercaya sebagai sumber protein yang bagus untuk burung prenjak ya,

karena kandungan proteinnya yang tinggi akan membuat prenjak kalian menjadi lebih gacor, dalam meningkatkan kualitas suara kicauannya, akan tetapi untuk pemberian ulat Hongkong yang berlebihan akan mengakibatkan burung prenjak bisa katarak, rontok bulu,

makanan-burung-prenjak-sawah

over birahi serta juga bisa membuatnya menjadi kegemukan ya temen-temen, jadi pemberian untuk ulat hongkong ini sewajarnya saja, misalkan dalam jangka 1 minggu boleh pemberian 1 – 2 kali dengan takaran 2 – 3 ekor saja, itupun berikan yang berwarna putih ya, karena lembut dan agar mudah di cerna oleh burung tersebut.

3. Ulat Kandang

Untuk makan yang ketiga adalah ulat kandang atau Larva, untuk ukuran ulat kandang ini memanglah lebih kecil dan lebih pendek daripada ulat hongkong, untuk jenis ulat yg satu ini memiliki banyak manfaat untuk burung prenjak seperti membuat burung prenjak lebih rajin untuk berkicau,

Baca selengkapnya :  Berapa Harga Vitamin Burung Lovebird Konslet

karena mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya ya, serta sangat aman untuk pakan harian burung prenjak karena ulat kandang ini memiliki tekstur kulit yang halus dan mudah dicerna ya temen-temen, untuk pakan harian kalian bisa memberikanya pada waktu pagi hari ketika mengembunkan burung prenjak ini, porsi takarannya cukup 1 sendok makan saja ya.

apa-makanan-burung-prenjak

4. Voer

Lalu untuk pur makanan burung prenjak tentu kalian bisa sajikan setiap hari dengan menggunakan voer halus seperti leopard hijau ataupun yg warna kuning, bisa juga memakai SKM ya,

untuk durasi voer yang berkualitas jika kondisi voer yang ada di wadah cepuk di dalam kandangnya masih tersisa dan melebihi kurun waktu lebih dari 4 hari maka harus kalian ganti dengan yang baru ya, agar selalu fresh dan kesehatan burung juga akan terjaga.

pur-makanan-burung-prenjak

5. Jangkrik

Pemberian jangkrik juga sangat membantu untuk membangun sistem kekebalan tubuh atau imun si burung, serta aman jika kita berikan setiap harinya ya, khusus untuk burung yang sehabis mabung ataupun nyulam tentu akan membantu proses masa melewati mabung dan bulu burung akan cepat tumbuh dengan sempurna.

Porsi harian jangkrik yang tepat, biasanya pada waktu pagi hari setelah burung selesai dimandikan sebelum burung prenjak dijemur ya, baru kalian kasih jangkrik sebanyak 2 – 3 ekor saja, itupun yg masih ukuran kecil ya, karena kita sesuaikan juga dengan tubuh mungil si burung prenjak pastinya, tidak disarankan memberikan jangkrik yg besar ya, dikhawatirkan bisa kelolotan lagi, dan bisa menambahkan masalah baru buat kita.

makanan-alami-burung-prenjak

Catatan :

Ada pertanyaan dari temen-temen kicau mania ini, apa makanan burung prenjak kepala merah ? tentu menurut pandangan dan analisa berdasarkan riset bukti nyata dilapangannya itu sama saja ya, baik jenis makanan burung prenjak sawah, atau untuk prenjak klawu, lumut atau tamu dan jenis lain pada umumnya.

Demikianlah tips yang bisa kami share seputar makanan burung prenjak, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan temen-temen semuanya ya, semoga dapat bermanfaat. Salam kicau mania.

Baca selengkapnya :  Ciri Burung Kolibri Kelapa

baca juga : cara merawat prenjak agar cepat gacor

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari