Cara Mengatasi Kacer Ngeruji Saat Lomba

Diposting pada

kacer ngeruji – Pada kesempatan ini saya ingin mencoba membahas tentang fenomena kacer yang suka ngeruji pada saat dilombakan dengan cara mengatasinya ikuti terus artikel ini sampai habis ya biar paham semua temen-temen.

Nah untuk kalian yang baru pertama kali mengunjungi website Suhu Kicau ini bisa temen-temen jadikan referensi terbaik dalam mencari sumber informasi seputar burung terpercaya dan profesional.

Jangan lupa pantengin terus ! ya.. Siapa tahu ada informasi yang temen-temen cari tentang permasalahan dan Perawatan pada burung kacer anda, oke tanpa berlama-lama Mari kita lanjut ke pembahasannya :

Tips Menangani Permasalahan Burung Kacer Yang Ngeruji


Apa Itu Kacer Mengeruji ?

Banyak fenomena yang terjadi pada se ekor kacer pada saat di lombakan yang membuat kita kebingungan pastinya yang membuat kita bertanya-tanya akan fenomena ini. Dan menjadi hambatan untuk kita memiliki kacer yang berprestasi, yang mau kerja maksimal pada saat digantang kan tentunya.

Nah salah satunya yaitu fenomena yang suka ngruji pada saat Perlu diketahui bahwa kacer yang ngeruji ini adalah di mana si kacer dalam kondisi tidak nyaman hariannya karena salah perawatan.

kacer-ngeruji-saat-lomba

Penyebab Kacer Sering Ngeruji Dan Cara Mengatasinya

Dalam kasus ini kita harus memiliki pengetahuan yang baik untuk menemukan solusi yang tepatnya, banyak Kicau Mania yang salah tafsir ya?. Dan menurut saya ada tiga hal penyebab ekor kacer mau nguji pada saat dilombakan :

Baca selengkapnya :  5 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Cepat Gacor

1. Kacer Ngeruji Karena Kondisi Over Birahi

Untuk selanjutnya ciri-ciri dan solusinya yang pertama untuk kacer yang ngeruji karena kondisi birahi di mana pada saat digantang kan respon pertama mental-mental ngeruji tetapi bukan materi atau isian yang dikeluarkan, namun hanya dominan suara kaceran saja, walaupun si kacer sudah pada kondisi seperti ini biasanya si kacer sering dimandikan akan tetapi jarang dijemur sesuai dengan kebutuhannya.

Dan sering diberikan extra fooding kroto lalu solusinya berikan mandi seminggu satu sampai dua kali saja jemur seminggu dua sampai tiga kali maksimal 3 jam jangkrik diberikan maksimal hanya 3 pagi 3 sore dan boleh diumbar dalam dua kali maksimal Hanya dua jam dan hari andi penuh krodong saja selain hari rawatan untuk memaksimalkan powernya.

2. Kacer Ngeruji Karena Kondisi Over Emosi

Untuk selanjutnya yang kedua yaitu kacer dalam kondisi emosi di mana pada saat digantang kan respon utama nakal ngejaring dan rasa respon utama menunjukkan emosinya tetapi dalam kondisi dan muntah materi dari awal sampai akhir perlombaan dan kadang-kadang mau bagong di akhir penjurian.

Dalam kondisi seperti ini terjadi biasanya sikacer yang kebanyakan dijemur tetapi pemandiannya kurang jarang dimandikan dan terjadi pada hariannya Terlalu banyak mengkonsumsi makanan ekstra fooding jangkrik.

Dan untuk solusinya mandikan 2 hari sekali pada waktu sore. Dalam kasus yang parah boleh dimandikan tiap hari sore atau malam. Penjemuran minum seminggu dua kali maksimal 30 menit dan berikan jangkrik maksimal hanya 3 pagi 3 sore saja ya temen-temen.

Untuk EF kroto seminggu dua kali saja berbarengan dengan jadwal jemur dan berikan setelah mandi jadi jadwal mempersembahkan kroto di sini berbarengan dengan jadwal jemur dan Harian krodong longgar dikondisikan di ruangan sejuk dan nyaman dan satu lagi jangan ditrek dulu agar emosinya tidak terlalu terpancing.

Baca selengkapnya :  Tips Memberikan Pakan Jangkrik Untuk Burung Dijamin Gacor

3. Kacer Ngeruji Karena Kondisi 0 Power Dan Minim Birahi

Yang ketiga yaitu karena dan minim birahi di mana pada saat digantang kan respon ngotot pertama di awal selanjutnya hanya loncat-loncat ngeruji, mental-mental saja, Gelisah tanpa bunyi Kadang hanya bunyi nyiul saja dan maunya tu kripik-kripik goyang ekor dan berakhir didis atau nyisir seperti ingin mandi.

Nah jika seperti ini yang di mana seekor kacer dalam keadaan darurat, penyebab utamanya biasanya sih sering di Jemur dan umbar tiap harinya tanpa imbang dengan asupan dan istirahatnya terjadi juga pada seekor kacer pada saat hariannya di tempatkan diruangan yang pengap ya, atau di ruangan yang panas, di bawa Asbes yang tidak ada sirkulasi udaranya. Dengan kondisi makan Pur tidak Lahab dan minumnya boros dan akan tetapi kotorannya lembek dan berair.

Nah Untuk solusinya cukup berikan mandi tiap malam jangan dijemur dulu jangkrik berikan 2 pagi 2 sore, dan berikan EF yang sifatnya ini mendinginkan seperti kroto cukup 2 hari sekali setengah cepuk dan kondisikan kandangnya yang diletakkan di ruangan yang dingin dan malamnya dikerodong lakukan sampai membaik.

Dan ciri-ciri Sudah membaik adalah makan Pur kembali Lahab serta minumnya tidak boros lagi dan terpantau kotorannya tidak berair, kotorannya kecil pada tetapi tidak kering.

Dan kita sebagai perawat dasar harus bisa memahami dan memahami penyebabnya agar tidak salah langkah dalam menentukan solusi yang tepat dalam memberikan rawatan hariannya.

Ok guys sampai disini dulu pembahasan kali ini tentang fenomena kacer ngeruji pada saat dilombakan semoga pembahasan kali ini bermanfaat.