Cara Membersihkan karang Gigi dengan Tepat

Membersihkan karang Gigi – Karang gigi (juga dikenal sebagai kalkulus gigi) terjadi pada gigi ketika plak dibiarkan menumpuk dan mulai mengalami kalsifikasi. Karang gigi tidak hanya terlihat tidak sedap, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada gigi dan gusi dalam jangka panjang.

Melakukan pemeriksaan rutin di dokter gigi Anda adalah cara terbaik untuk menghilangkan atau mencegah plak dan karang gigi. Namun jika Anda ingin menghilangkan karang gigi dan plak pada gigi tanpa harus ke dokter gigi, artikel ini akan menjelaskan caranya.

Membersihkan karang Gigi

Cara terbaik untuk menghilangkan penumpukan plak dan karang gigi pada gigi Anda adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi berfluoride. Membersihkan gigi dengan benang setiap hari dan menggunakan obat kumur antiseptik akan membantu mencegah bakteri masuk ke area yang sulit dijangkau.

Pengobatan alami, seperti menyikat gigi dengan soda kue atau berkumur dengan cuka dan air juga bisa membantu. Di halaman ini, Anda akan mengetahui tips menghilangkan penumpukan plak dan mencegah karang gigi tanpa ke dokter gigi.

5 Langkah Membersihkan Gigi Sendiri Seperti Ahli Kesehatan Gigi!

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mulut Anda adalah membersihkan gigi dua kali sehari dan mengunjungi dokter gigi secara teratur. Namun, jika Anda tidak dapat menemui dokter gigi, atau jika Anda ingin menjaga kondisi gigi tetap prima di sela-sela janji temu, tips di bawah ini akan membuat gigi Anda terasa bersih berkilau.

Bersihkan gigi Anda secara menyeluruh dengan sikat gigi elektrik

Pilihlah sikat gigi elektrik dengan sikat berbentuk lingkaran kecil sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkan setiap gigi satu per satu dan menjangkau celah di antaranya. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, meskipun sikat gigi manual dan elektrik dapat menghilangkan plak, “penggunaan sikat gigi bertenaga, terutama sikat gigi yang berlawanan rotasi dan berputar berosilasi, dapat bermanfaat dalam mengurangi tingkat perdarahan atau peradangan gingiva.

Gunakan pasta gigi berfluoride

Fluorida membantu mencegah kerusakan gigi dengan memperkuat email gigi melawan asam yang dapat merusak gigi. Fluorida merupakan mineral alami yang telah dibuktikan dalam beberapa penelitian efektif mengendalikan gigi berlubang. Pasta gigi dapat mengandung berbagai tingkat fluorida;

orang dewasa dan anak-anak di atas tiga tahun sebaiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung 1.350-1.500 ppm fluorida. Untuk anak-anak, gunakan pasta gigi yang dibuat khusus sesuai usia mereka untuk memastikan mereka memiliki kadar fluorida yang tepat. Jika Anda tidak yakin pasta gigi mana yang terbaik untuk Anda dan keluarga, bicarakan dengan dokter gigi.

Membersihkan Gigi Sendiri

Sikat gigi Anda setidaknya selama dua menit

Menyikat gigi selama dua menit adalah nasihat yang terkenal. Namun tahukah Anda, banyak orang yang biasanya hanya menyikat gigi selama 45 detik saja! Jumlah plak yang dihilangkan meningkat seiring waktu menyikat gigi. Menurut sebuah penelitian, menyikat gigi selama tiga menit menghilangkan 55% lebih banyak plak dibandingkan menyikat gigi selama 30 detik.

Gunakan benang gigi dan sikat interdental secara teratur

Beberapa penelitian menemukan bahwa “flossing dan menyikat gigi mengurangi penyakit gusi ringan, atau gingivitis, secara signifikan lebih baik dibandingkan hanya menyikat gigi saja.”

Kebanyakan orang tahu bahwa flossing membantu membersihkan bagian sela-sela gigi yang sulit dijangkau, namun sikat interdental membutuhkan pembersihan selangkah lebih maju. Sikat interdental terlihat seperti sikat maskara kecil, dan digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi dan gusi dengan lembut.

Gunakan obat kumur antibakteri secara teratur

Obat kumur antibakteri memiliki banyak manfaat: dapat menyegarkan napas, mengurangi penumpukan plak, melonggarkan partikel makanan yang membandel, dan mengurangi risiko gigi berlubang. Menggunakan obat kumur langsung setelah menyikat gigi dapat menghilangkan fluorida bermanfaat dari gigi Anda, jadi gunakanlah obat kumur untuk menyegarkan mulut Anda di siang hari, seperti setelah makan camilan atau makan siang.

Mengikuti lima langkah di atas berarti gigi Anda tetap bersih dan sehat di sela-sela pemeriksaan ke dokter gigi. Penting untuk diperhatikan bahwa sebaiknya hindari penggunaan beberapa produk penghilang karang gigi di rumah, seperti pengikis karang gigi.

Dokter gigi berlatih selama bertahun-tahun untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan peralatan gigi seperti pengikis karang gigi dengan aman. Menggunakannya sendiri dapat menyebabkan beberapa masalah termasuk infeksi atau cedera mulut.

Cara Alami Menghilangkan Penumpukan Karang Gigi Di Rumah

Ada banyak cara alami untuk menghilangkan penumpukan plak, yang dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi, dan sebagian besar cara tersebut melibatkan penggunaan barang-barang yang mungkin sudah Anda miliki di rumah. Sekadar peringatan, pengobatan alami ini mungkin baik untuk gigi Anda, tetapi rasanya tidak enak!

Cuka putih dan air

Cuka memiliki rasa yang sangat kuat dan mungkin bukan obat kumur yang paling enak, namun cuka putih bersifat anti bakteri yang berarti dapat membantu mencegah plak dan karang gigi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan dua sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam ke dalam segelas kecil air, aduk, lalu bilas mulut Anda hingga dua kali sehari.

Bubuk soda kue

Baking soda dapat membantu gigi tampak lebih putih, sekaligus menetralkan asam penyebab gigi berlubang. Beberapa pasta gigi mengandung soda kue yang berfungsi sebagai bahan abrasif lembut untuk menghilangkan plak dari gigi. Buat pasta dengan mengaduk beberapa tetes air dengan setengah sendok teh soda kue. Oleskan pasta tersebut ke gigi Anda menggunakan sikat gigi dan sikat gigi Anda dengan lembut menggunakan pasta tersebut selama satu menit, lalu bilas hingga bersih dengan air.

lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman semak kecil dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk baik untuk gigi Anda. Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya dengan empat sendok teh gliserin (bahan yang banyak ditemukan dalam pasta gigi), lima sendok makan soda kue, setetes minyak esensial lemon, dan secangkir air. Setelah tercampur, gunakan campuran tersebut untuk membersihkan gigi hingga menghilangkan plak dan karang gigi secara bertahap.

Related Posts
Download Stumble Guys Mod APK Terbaru
Stumble Guys Mod APK

Selamat datang di dunia Stumble Guys Mod APK! Jika Anda mencari hiburan yang menantang dan mengasyikkan, Anda telah datang ke Read more

Download Ome TV MOD Apk Terbaru 2023
Ome TV MOD Apk

Ome TV MOD Apk - Apakah Anda mencari cara yang menyenangkan dan menarik untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia? Read more