Tips Mudah Ternak Burung Cendet Agar Cepat Sukses

Diposting pada

Tips Mudah Ternak Burung Cendet Agar Cepat Sukses sebenarnya dapat Anda pelajari dengan memperhatikan beberapa hal terkait baik secara langsung ataupun dengan cara virtual. Bagi Anda yang berminat untuk menengkarkan burung cendet agar bisa berkembang biak dengan baik ntuk dijual. Ada beberapa faktor yang benar benar harus diperhatikan agar hasilnya bisa maksimal.

Dalam hal perawatan burung cendet ada 4 metode yang digunakan oleh sebagian penangkar. Seperti perawatan untuk burung aduan, perawatan saat mabung, perawatan harian burung kicau, bahkan perawatan untuk tangkaran atau budidaya.

Jika Anda termasuk salah satu pecinta burung kicau yang inign mengembang biakkan burung cendet ini. Maka Anda dapat menyimak ulasan mengenai Tips Mudah Ternak Burung Cendet Agar Cepat Sukses berikut ini:

Cara Beternak Burung Cendet Yang Baik Dan Benar


Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan saat beternak burung cendet agar dapat menghasilkan telur dan anakan yang maksimal dan menguntungkan, simak penjelasannya berikut ini sampai benar benar selesai:

cara-menetaskan-telur-burung-pentet

Mempersiapan Kandang Yang Sesuai

Langkah pertama bisa Anda mulai dengan mempersiapkan kandang dengan ukuran yang cock dan sesuai untuk mengembang biakkan burung cendet tangkaran Anda. Untuk ukuran kandang ternak cendet pada umumnya 90 x 90 x 180 cm. Anda harus membuat kandang tersebut yang nyaman untuk burung cendet. Jangan lupa untuk menyertakan ranting ranting kecil dan rerumputan yang nantinya akan dijadikan sarang oleh burung cendet tersebut.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Flamingo

Yang paling penting adalah Anda wajib membuat kandang yang kokoh dan kuat. Hal ini untuk menghindari berbagai predator pengganggu yang suka memangsa burung cendet seperti kucing dan tikus.

cara-membedakan-cendet-jantan-dan-betina

Menentukan Indukan Yang Baik

Berikutnya Anda harus memilih indukan burung cendet yang bagus yang terdiri dari kelamin jantan dan betina yang sudah dewasa dan siap untuk dikawinkan. Ini tentunya menjadi syarat yang utama dalam hal penangkaran burung cendet.

Dalam pemilihan Anda harus bisa menentukan cara membedakan cendet jantan dan betina. Jika jantan maka penampilan dari burung cendet lebih ceper pada bagian kepalanya dengan dominasi warna bulu yang lebih terang dan mengkilap dibandingkan dengan burung cendet betina. Belilah burung cendet indukan sepasang.

Menjodohkan Burung Cendet

Dalam proses penjodohan burung cendet antara jantan dan betinanya. Anda harus benar benar teliti. Dalam hal ini tidak bisa dengan cara yang tergesa gesa, karena dapat menimbulkan stress pada burung.

Lakkukan penjodohan pada burung cendet dengan perlahan, dimulai dari mendekatkannya agar saling terbiasa sampai pada mencampurkannya dalam satu kandang untuk menjalani proses perkawinan agar dapat bertelur.

Pemberi Pakan Yang Cocok

Dalam kandang yang Anda telah buat tadi, jangan lupa untuk memberikan burung cendet pakan yang cocok agar dikonsumsi dengan baik. Karena burung yang terdapat dalam sangkar ada lebih dari satu, maka Anda harus memberikan pakan lebih banyak dari biasanya.

Selain voer untuk pakan urung cendet, Anda juga dapat memberikan EF seperti serangga belalang dan juga jangkrik. Takaran yang diberikan juga harus sesuai, sekitar 40 sampai 50 jangkrik per harinya. Anda juga dapat memberikan ulat hongkong dengan takaran sesuaikan saja.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Kakak Tua

Perawatan Saat Bertelur Hingga Anakan

Wajib Anda perhatikan saat burung cendet memulai proses perkawinan hingga waktu bertelurnya. Burung ini mampu bertelur sampai 3 butir atau bahkan lebih sekali masa kawin yang dilaluinya.

berapa hari burung pentet mengerami telurnya ?. Nah telur burung cendet tersebut akan diengkrami dari hari ke 14 sampai pada hari ke 21. Namun jika burung cendet enggen untuk mengengkrami telur telurnya tersebut,  Namun bagaimanakah cara menetaskan telur burung pentet ?. Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti memakai lampu untuk menetaskannya.

musim-cendet-bertelur

Setelah menetas maka yang perlu Anda lakukan adalah merawat anakan dari burung cendet ini. Anda bisa memberikan pakan seperti kroto halus, cacing, ulat, bahkan jangkrik yang telah dipotong potong.

Rajinlah untuk membersikankandang dari burung cendet sampai anakan yang dirawat tadi tumbuh menjadi dewasa. Jika telah dewasa Anda bisa dengan mudah menjual burung cendet pada pembeli bahkan penjual kios burung kicau.

Baca juga artikel lainnya : Download Masteran Burung Pentet Mp3 Gacor

Mengenal Karakteristik Burung Pentet

Seperti yang bersama kita ketahui bahwa burung cendet ini memiliki panjang badan mencapai 25 cm dari. Dilengkapi dengan ujung paruh mirip seperti falkon yang berkait dan masih sangat banyak ditemukan dialam bebas seperti hutan.

Saat berkicau ciri utama dari burung ini adalah dengan mengeluarkan suara pentet dan memiliki besar badan yang tidak terlalu besar termasuk standart. Umumnya burung ini memiliki warna oranye dengan strip hitam tegas pada bagian matanya.

musim-kawin-burung-cendet-di-alam-liar

Burung cendet ini juga dapat berkicau dengan menirukan suara kicauan burung lainnya. Makanan favorite dari burung ini adalah berupa serangga seperti belalang, jangkrik, bahkan berbagai macam ulat. Karena ketertarikannya, maka banyak dari sebagian pecinta burung kicau yang ingin mengembang biakkannya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan anakan yang terbaik bahkan untuk dijadikan usaha sebagai peluang bisnis. Karena untuk harga burung cendet dipasaran relatif lumayan mahal.

Baca selengkapnya :  Download Masteran Suara Branjangan Mp3 Gacor Dor

Demikianlah ulasan mengenai Tips Mudah Ternak Burung Cendet Agar Cepat Sukses. Lakukan metode diatas secara terus menerus dan konsisten untuk mencapai hasil yang lebih banyak dan tentunya semakin baik. Selamat mencoba!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari