Cara Mudah Perawatan Murai Mabung Agar Cepat Tuntas

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Murai batu mania dimanapun anda berada, selamat pagi, siang, sore ataupun malam, masih tetap bersama kami di situs resmi SuhuKicau.Com yang tida henti-hentinya selalu update dan memberikan informasi tentang dunia burung kicau terbaru yang dapat menginspirasi anda semuanya.

Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat burung murai batu yang sedang mengalami rontok bulu, atau sering disebut dengan mabung, moulting ataupun ngurak.

Ada beberapa komentar dari temen-temen kicau yang menanyakan, butuh waktu berapa lama proses mabung yang normal pada umumnya untuk burung murai yang sedang mabung, dan bagaimana cara penanganan yang tepat dan baik agar burung setelah mabung akan kembali cepat pulih dan gacor kembali. Penasaran !. Yuk simak ulasan perawatan murai mabung selengkapnya bisa anda cek dibawah ini :

Waktu Normal Murai Batu Sedang Mabung

Disaat burung yang ingin memasuki masa mabung atau rontok bulu tentu harus total beristirahat dengan tenang, perawatan yang diberikan saat mabung dengan tidak mabung itu tentunya berbeda, jadi jangan sampai salah tebak, sebelum anda memberikan perawatan khusus mabung untuk burung murai yang anda kira mabung, sebaiknya anda harus mengetahui ciri-cirinya:

murai-memasuki-masa-mabung

Murai yang ingin memasuki masa mabung, cenderung burung banyak diam dan jarang berkicau, serta dilihat dari bulunya berwarna kusam memudar, selang beberapa hari terlihat bulu-bulu kecil ataupun yang besar berjatuhan satu dengan yang lainnya semakin banyak setiap harinya, nah ini baru sudah jelas burung dapat dikatakan sudah memasuki masa mabung dan harus diberikan pola perawatan yang intensif yang diberikan untuk burung tersebut.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Kenari Terupdate 2020

Namun kira-kira butuh waktu berapa lama untuk merontokan bulunya, pada umumnya sekitar 3 minggi sampai 1 bulan jika rontok bulu ambrol dan tidak ada masalah, berbeda dengan burung murai yang bermasalah pada mabungnya, seperti mabung nyulam atau kering yang sangat lama untuk tuntasnya bisa sekitar 2 sampai 3 bulanan. Sedangkan lamanya waktu dalam pemulihan setelah pasca mabung jika dihitung sejak rontoknya bulu hingga tuntasnya kembali kepada TOP performa burung stabil sediakala sekitar 6 sampai 7 bulan.

Jadi bagi temen-temen yang masih pemula, jangan kaget apabila burung macet berkicau setelah mabung atau menemui kendala-kendala yang merubah kebiasan si burung yang tadinya gacor berkurang kegacorannya, dikarenan si burung belum puling 100%, berikanlah rawatan harian seperti biasa secara konsisten di waktu 5 sampai 7 bulan, apabila bulu baru sudah mepek kering maka secara otomatis burung akan siap untuk diturunkan kelapangan, dan ditrek dengan sesama jenis lainnya.

Pemeliharaan Yang Tepat Untuk Murai Mabung

Ada dua tahapan yang perlu diperhatikan dengan pola rawatan yang berbeda perlakuannya yang diberikan kepada burung murai tersebut, agar selama menjalani proses mabungnya akan berjalan dengan baik dan tidak ada masalah setelah pasca mabung.

murai-mabung-ngurak

Saat Rontok Bulu


Burung harus di isolasi

Yang dimaksud disini, kondisikan burung di tempat yang aman dan nyaman, seperti digantung pada satu ruangan khusus untuk burung murai yang sedang menjalani proses rontok bulu, jangan dekatkan dengan burung ocehan lainnya yang nantinya dapat mengganggu proses mabungnya nanti.

Wajib full kerodong

Dengan mengkrodong setiap harinya, burung lebih fokus dan cepat merontokan bulu tua / bulu yang usang. Berikan warna kerodong yang anda gunakan sebaiknya warna yang gelap dengan bahan yang lebih tebal, seperti warna hijau lumut, warna merah dongker, biru dongker, walaupun burung dalam kondisi tetap dikerodong menggunakan warna yang gelap, akan tetapi posisi kandang ditempatkan pada pencahayaan yang baik yang diberikan penerangan lampu, agar siburung juga dapat melihat pakan dan minum didalam sangkarnya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

Kurangi memberikan EF

Ada dari beberapa saran kicau mania lainnya, saat rontok bulu pemberian EF harus dihentikan atau di stop total, dan pendapat ini menurut saya salah, karena dengan posisi seperti ini burung juga masih membutuhkan tenaga dan asupan protein agar mampu dan membantu dalam proses perontokan bulu, akan tetapi porsinya saja yang memang dikurangi seperti biasanya.

Jika porsi EF jangkrik misalnya pada hariannya anda berikan pagi 5 dan sore 5, ketika burung sedang rontok bulu boleh diberkan hanya pagi 3 dan sore 2, dan kroto yang biasa seminggu dua kali , boleh anda berikan hanya sekali saja.

Tidak memandikan dan menjemur burung

Dengan kondisi rontok bulu, burung tidak perlu dan membutuhkan matahari untuk mencopot bulu-bulu nya, burung hanya butuh fokus, istirahat yang tenang dan tidak sering diganggu, serta untuk mandi juga tidak memerlukan air karena bulu yang sedang berjatuhan apabila diberikan pemandian, maka bulu yang lainnya atau yang ingin rontok dikhawatirkan akan mentas, rusak dan tidak teratur nantinya saat pasca mabung tumbuh bulu terlihat tidak sempurna.

Kebersihan kotoran kandang

Untuk kebersihan kandang memang tidak perlu dicek setiap hari harus bersih, yang ada nantinya malah burung terganggu sering dibuka kerodongnya, kebersihan sangatlah diperlukan akan tetapi anda hanya perlu membersihkan kotoran kandangnya hanya 3 atau 4 hari sekali baru boleh dibersihkan kotoran yang ada pada dasar sangkar / kandangnya.

Saat Tumbuh Bulu


Tambahkan Porsi Pemberian EF

Apabila bulu muda terlihat sudah ngedorong baik ekor sayap ataupun yang lainnya, baru boleh diberikan porsi yang lebih dibandingkan seperti biasanya, 2 : 1, biasanya yang anda berikan jangkrik hanya 10 ekor, di masa ini boleh anda berikan sebanyak 14 ekor agar lebih cepat proses tumbuh bulunya.

Baca selengkapnya :  Masteran Suara Cucak Ijo

Pemasteran

Pada masa tumbuh bulu ini, baru burung boleh dimasteri atau diberikian isian lagu materi ocehan burung kicau lainnya seperti, cililin, cucak jenggot, kapas tembak, kenari, serindit dan masih banyak lainnya.

Karena pada kondisi seperti ini burung sangat mudah untuk merekam dan dapat lebih cepat menangkap suara isian jika dibandingkan dengan kondisi yang sudah normal pada umumnya. Baca disini Cara Efektif Memaster Murai Batu

Saat Pasca Mabung

Yang dimaksud disini, adalah apabila semua bulu muda sudah tumbuh dengan rapih, baik ekor, sayap dada dan kepala sudah terlihat sempurna tidak ada lagi bulu-bulu yang berjatuhan, nah dengan kondisi seperti ini yang bisa dikatakan dengan sudah tuntasnya masa mabung dan boleh dikembalikan dengan pola rawatan harian seperti biasanya.

murai-pasca-mabung

Demikian informasi yang dapat kami berikan berdasarkan pengalaman yang sebelumnya sudah kami praktekan dengan hasil yang maksimal ini, harapan kami dapat membantu temen-temen untuk menyelesaikan masalah dan dapat memberikan perawatan murai mabung yang tepat dan menjadikan sebagai bahan referensi terbaik, semoga dapat bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

√ Jenis Burung Murai Batu Yang Terpopuler
√ Kicau Burung Murai Batu Mp3 Full Isian
√ Ciri Burung Murai Batu Betina
√ Setingan Murai Lomba