Tips Mudah Ternak Jalak Bali

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, kembali lagi Suhu Kicau akan kembali memberikan info burung kicau tentunya pada pembahasan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang cara ternak jalak bali agar sukses. Jalak bali merupakan jenis burung kicau yang memiliki tubuh sebesar 25 cm dan berasal dari keluarga sturnidae. Burung ini memiliki ciri yang khas yakni warna putih di hampir seluruh bagian tubuhnya kecuali ujung ekor dan sayapnya.

Burung jalak bali merupakan burung yang dilindungi pemerintah. Jadi tidak ada asalahnya jika kamu melakukan ternak jalak bali untuk melakukan budidaya.

Burung ini sangat banyak dicari dan masih belum banyak orang yang melakukan penangkaran burung ini karena harganya yang sangat mahal dan harus memiliki sertifikat khusus dari pemerintah.

Tetapi jika kamu memiliki uang lebih,tidak ada salahnya untuk membudidayakan burung kicau satu ini dan mendapatkan uang tambahan. Tetapi merawat burung satu ini tidak boleh asal, ada tipsnya. Mau tahu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Dalam Merawat dan Membudidayaka Burung Jalak Bali


1. Mempersiapkan Kandang Penangkaran

Burung jalak yang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar juga harus memiliki kandang yang juga cukup besar agar bsa bergerak secara leluasa dan tidak mudah stress. Ukuran kandang yang ideal untuk ternak jalak baliadalah sekitar 80 cm x 10 cm x 80 xm. Daam membuat kandang dari burung jalak, disarankan menggunakan kawat striin berukuran kecil atau sedang dan lapisi sebagian atapnya dengan asbes.

Baca selengkapnya :  Ciri dan Kelebihan Cucak Ijo Kalimantan

Jangan lupa juga memberikan aksesoris fungsional yang dapat membantu burung jalak lebih senang dan nyaman. Berilah ranting atau tanaman yang bisa digunakan sebagai tempat bertenggernya burung jalak bali.

Jangan tertinggal juga pemberian ssarang untuk bertelur beralaskan triplek dan tambahan jerami. Usahakan peletakan kandang berada pada tempat yang sepi dan tentram agar burung bisa lebih mudah bertelur.

budidaya-ternak-burung-jalak-bali

2. Pemberian Pakan Jalak Bali

Jalak bali merupakan burung yang dilindungi. Jadi, pastikan pakan yang kau berikan berkualitas dan mengandung gizi tinggi. Tidak ada salahnya membeli pakan dengan harga sedikit mahal. Karena harga jual dari buurng ini pun juga sangat tinggi.

Untuk ternak jalak bali, disarankan memberikan obat fertility agar telur yang dihasilkan nantinya tidak infertile.

Untuk hasil anakan yang lebih baik, disarankan mensapih anakannya denganvoer yang dicampur dengan madu dan air hangat. Kamu haru rutin mensapihnya selama 3 x sehari sampai anakan sudah bisa makan sendiri.

3. Pemilihan Indukan Jalak Bali

Dalam memilih induk jalak bali, pastikan kamu mendapatkan indukan yang sehat dan juga tidak memiliki cacat fisik di bagian tubuhnya. Selain itu jika ada, pilihlah burung jalak bali yang sudah berusia dua tahun karena usia tersebut adalah usia dimana jalak bali sudah siap kawin.

Ketika menjodohkan, jangan langsung dimasukkan ke dalam satu sangkar. Lebih baik ditempatkan di kandang yang berdekatan dan bisa mengenal satu sama lain terlebih dahulu.

indukan-jalak-bali-siapan

4. Perawatan Dari Burung Jalak Bali

Saat melakukan ternak jalak bali, jangan lupa untuk membersihkan kandang secara berkala dan juga menjemurnya dari pukul 8 sampai 10 pagi. Selain pembersihan kandang, pembersihan tempat makan dan juga tempat mandi wajib dilakukan setiap harinya.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Pleci Terbaru Dan Terlengkap 2020

Hal ini sangat disarankan untuk menghindari lumut yang membuat burung bisa menjadi tidak nyaman. Itu adalah beberapa tips untuk melakukan ternak burung jalak bali yang sukses. Kebersihan dalam pemberian pakan berkualitas yang selalu fresh, dan juga proses penjodohan adalah hal paling penting ketika melakukan ternak burung.

Burung jalak bali juga sangat prospek untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan, atau mesin ATM yang sangat prospek sekali mengingat harga jualnya yang sangat tinggi. Oh ya, saya menyarankan bagi temen-temen semua yang kiranya ingin membeli burung jalak bali ini untuk ditangkar ataupun dipelihara, diusahakan di tempat yang sudah terpercaya yang memiliki izin penangkar dan bersertifikat asli.

Demikan informasi dari cara membudidaya atau beternak burung jalak bali agar sukses. Semoga dapat membantu kamu ya.

Baca juga artikel lainnya seputar dunia ternak burung kicau :

Cara Sukses Ternak Cucak Rowo

Rahasia Sukses Ternak Lovebird

Cara Mudah Ternak Jalak Suren

Cara Ternak Burung Cucak Ijo