burung-bubut

Mengenal Ciri Burung Bubut, Makanan, Harga, Suara

SuhuKicau.com – Bagian matanya yang serupa dengan burung elang, menjadi salah satu daya tarik si burung Bubut. Tak hanya bagian mata, ukuran tubuhnya yang cenderung besar memberikan kesan garang nan menakutkan.

Dari keunikannya tersebut, tak banyak yang kemudian tertarik untuk memeliharanya. Hanya saja, keberadaannya kini sudah mulai terancam dan termasuk sebagai hewan yang dilindungi. Agar lebih mengenal, berikut ciri hingga harga yang ditawarkan.

Mengetahui keistimewaan yang dimiliki oleh burung bubut


Ciri Ciri Bubut

Termasuk sebagai burung predator, yang sudah terlihat dari ukuran tubuhnya yang terlihat cukup besar daripada jenis burung lainnya. Tampilannya semakin menakutkan, dengan adanya bola matanya yang berwarna merah serta bentuk paruhnya yang lancip.

Meski tampilannya terlihat begitu garang, siapa sangka bila burung ini justru memangsa serangga kecil. Di habitat aslinya mereka sangat menyukai kupu kupu besar, belalang, dan masih banyak lagi.

Jika diperhatikan dengan seksama, burung ini memiliki mata yang hampir serupa dengan si burung elang. Kemiripan pada bagian matanya, ternyata bisa menjadi daya pikat tersendiri bagi para pecintanya.

Bahkan dapat dikatakan bila bagian matanya tersebut, menjadi bagian tubuh pertama yang menarik perhatian orang yang melihatnya. Lantaran tak hanya bentuk matanya saja, namun bola mata si burung Bubut yang berwarna merah dapat mencuri perhatian.

Perilaku Si Bubut Di Habitat Aslinya

Tak seperti berbagai jenis burung lainnya, si burung dengan visual galak tersebut ternyata tidak berdampingan dengan berbagai spesies Bubut yang lain.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Kandang Ternak Lovebird Yang Bagus

Kondisi tersebut disebabkan oleh perbedaan habitat aslinya, sehingga membutuhkan waktu apabila ingin menyatukan mereka.
Lalu bagaimana jika musim kawin tiba ? Umumnya mereka akan membuat sarang si sekitar lokasi rawa ataupun di pinggir sungai.

Musim untuk berkembang biak, jatuh mulai dari bulan Januari hingga akhir bulan Maret. Dari rentan waktu tersebut, mungkin anda bisa menemukan mereka berkeliaran di sekitar rawa ataupun pinggir sungai yang mulai sibuk menyiapkan hunian bagi anaknya kelak.

Tak mudah ditemukan, sebab sangkar akan mereka letakkan di ketinggian 4 hingga 6 meter dari tanah. Dalam sekali bertelur, si betina mampu menghasilkan telur sekitar tiga butir dalam satu sarang.

gambar-burung-bubut

Suara Kicauan Bubut

Tahukan anda kenapa burung ini disebut sebagai burung Bubut ? Masyarakatnya memberikan nama tersebut, lantaran suara kicauannya yang tedengar seperti but but but. Kicauan yang dihasilkannya memang cenderung cukup besar, bahkan tidak terdengar merdu seperti halnya burung peliharaan lainnya. Meski suara yang dihasilkannya tidak terlalu merdu, banyak orang yang tertarik untuk bisa memilikinya.

Pakan Kesukaan yang Bisa Diberikan

Sang pemilik burung garang ini tampaknya tak perlu khawatir dalam perawatannya, sebab pakan yang diberikan cukup mudah ditemukan di pasaran dan dipatok dengan harga yang ramah di kantong.

Anda bisa memberikan pakan berupa serangga seperti ulat, belalang, dan berbagai serangga berukuran kecil lainnya. Sekali sekali anda juga bisa memberikannya pakan tambahan, untuk memenuhi gizi hariannya.

bubut-bahan

Harga yang Ditawarkan

Harga jual si burung Bubut cukup bervariasi, dimana perbedaan harganya dilihat dari beberapa faktor seperti usia dan jenis. Pasar nampaknya mematok si anakan Bubut berkisar Rp. 55 ribuan saja per ekornya, sedangkan Bubut yang telah memasuki usia matang dan gacor akan dipatok mulai dari Rp. 600 ribuan per ekornya. Namun perlu ditekankan bila, tingginya harga jual di setiap daerah akan berbeda.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Cucak Keling Agar Cepat Gacor

Termasuk sebagai burung peliharaan yang berbeda dengan burung lainnya, jsutru perbedaanya tersebut menjadi daya pikatnya untuk dimiliki. Bagian tubuhnya yang paling menonjol dari si Bubut adalah bagian matanya, dimana bentuknya serupa dengan mata burung elang. Bola matanya yang berwarna merah, membuat sebagian orang takut mentapnya.