burung-serindit-gacor

Jenis Burung Serindit

Burung Serindit – Tersedia beberapa jenis burung kicauan di pasaran, para pecintanya kadangkala merasa kesulitan menentukan jagoannya. Dari sekian jenis burung yang ditawarkan, burung Serindit bisa menjadi alternatif. Tersebar di hutan tropis Asia Tenggara, para pecinta burung kicauan nampaknya sudah tida k asing dengan si burung mungil ini. Dikenal dengan paruhnya yang bengkok, berikut jenis serta mitos yang beredar di masyarakat.

Mengenal lebih dekat keluarga burung serindit


Serindit Melayu

Namanya cukup akrab terdengar bagi para pecinta burung kicauan, lantaran memiliki warna merah di bagian lehernya yang membuatnya tampil unik nan menarik. Sedangkan untuk si jantannya, terdapat warna biru di bagian atas kepalanya seakan mengenakan sebuah mahkota. Cukup ramah dikantong, bagi ada yang tertarik untuk memelihara si mungil ini hanya perlu menyipkan dana sekitar Rp. 200 ribuan saja.

Nampaknya sang pemilik burung mungil ini harus berbahagia, mengingat kemudahan untuk memeliharanya. Termasuk hewan omnivora, sehingga cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Pakan favoritnya terdiri dari sayuran hijau, berbagai jenis buah buahan segar, padi padian, ataupun serangga kecil. Sedangkan untuk suara kicauannya, burung ini memiliki nada yang cukup tinggi dan berbeda dari yang lain.

Suara Serindit Malaysia Gacor

Link | Download

Serindit Jawa

Disebut sebagai yellow throated hanging parrot, sebab burung satu ini memang masih memiliki kaitan dengan burung serindit asal Melayu. Termasuk sebagai burung endemik di Pulau Jawa dan Bali, ternyata keberadaannya mulai tersingkir seiring berjalannya waktu. Penurunan jumlah populasinya yang semakin tak terkendali, tak lain dan tak bukan disebabkan oleh kerusakan habitat aslinya oleh tangan manusia sendiri.

Serindit satu ini banyak diminati oleh para penggemarnya, lantaran memiliki ciri khas yang membedakannya dengan burung kicauan lainnya. Warna bulunya yang terlihat hijau kekuningan yang dilengkapi dengan bercak kuning di bagian tenggorokannya, terlihat begitu memukau sejak pandangan pertama. Sedangkan warna tubuhnya cenderung hijau terang, yang dipadukan dengan warna merah di bagian penutup ekornya.

Baca selengkapnya :  6 Cara Mudah Ternak Burung Ciblek

Suara Serindit Jawa

Link | Download

Keunikan Si Burung Mungil

Selain dari postur tubuhnya yang unik, burung kicau satu ini juga memiliki keunikan lainnya yang mungkin tidak banyak diketahui. Keunikan tersebut dapat dilihat ketika mereka tidur, dimana mereka akan mengeluarkan gaya yang serupa dengan kelelawar. Sesuai dengan bayangan anda, mereka memang tidur secara bergelantung serta membalikkan badannya ketika tertidur lelap. Bisa menjadi daya tarik tersendiri, sebab tak ada burung kicau lain yang melakukannya.

serindit-jawa

Ternyata gaya bergelantungan tersebut tak hanya dilakukan ketika mereka tidur, namun mereka juga kerap melakukannya ketika sedang menyantap pakan yang telah disediakan. Sembari menyantap makanannya, mereka terlihat asyik bergelantungan di sangkar. Lalu apakah kebiasaan ini juga dilakukan ketika berada di habitat aslinya ? Jawabannya adalah iya, dimana merka cenderung bergelantungan di sebuah dahan atau cabang pohon ketika tidur ataupun makan.

Apabila suatu ketika menemukan tikus masuk di dalam rumah, apa yang perlu dilakukan sebagai pemilik yang baik ? Dalam kondisi tersebut, silahkan untuk membuat sangkar menjadi dua rangkap. Bukan tanpa alasan, hal tersebut perlu dilakukan mengingat kebiasaan si burung Serindit yang suka bergelantungan ketika tidur maupun makan. Dengan adanya rangkap sangkar, kaki si burung kesayangan tidak akan dimakan tikus.

Ketika rangkap sangkar dilakukan, anda tak perlu khawatir ketika ingin menggantungkannya di langit langit rumah. Sebab tikus akan merasa kesusahan untuk mendekati kaki si burung peliharaan, dan kemungkinann untuk menjangkau sarang pun semakin tipis. Namun akan lebih baik lagi, untuk menyiapkan satu tenggeran lagi dan diletakkan di bawah atap sangkar. Hal ini akan membantu sang burung untuk lebih leluasa, ketika ingin bergelantungan disana.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Karakter Murai Batu Bahorok

Suara Serindit Jantan Gacor

Link | Download

Suara Serindit Betina

Link | Download

Mitos yang Beredar Di Sekitar Serindit

Hingga kini masyarakat tanah air memang masih kental percaya, dengan adanya berbagai mitos yang disebarkan dari mulut ke mulut. Hal ini juga berlaku di golongan para pecinta Serindit, dimana terdapat sebuah mitos seputar si burung mungil satu ini. Mungkin sebagian pecinta burung kicau sudah tidak asing mendengar mitos tersebut, terutama ketika bermukim di Riau. Mitos menyebutkan bila Serindut bukanlah sekedar burung kicau ataupun burung hias semata.

Bagi sebagian orang melayu, burung Serindit diabadikan sebagai cerita rakyat hingga dijadikan sebagai berbagai lambang dengan makna tertentu. Dimana mereka dikenal sebagai lambang keberanian, kesetiaan, kearifan, keindahan, kebijakan, serta kerendahan hati. Keberagaman lambang serta mitos yang berseliweran di sekitar Serindit, mereka menjadikannya sebagai lambang Provinsi Riau ( Hulu Keris).

Sedangkan lambang keris, menurut masayarakat Riau menganggapnya sebagai lambang kebanggaan yang kemudian mereka gunakan sebagai lambang pakaian lengkap khas adat Riau. Selain digunakan pada pakaian adat, masih banyak lagi gelar yang diberikan kepada si burung mungil satu ini. Salah satu gelar yang didapatkannya, yaitu adanya cerita rakyat yang disebut Panglima Hijau.

Pada umumnya, masyarakat Riau yang memiliki burung satu ini akan digantungkan di bagian depan hunian dan tak jauh dari ambang pintu utama rumah. Nampaknya penempatan sangkar di depan hunian, juga berasal dari kepercayaan masyarakatnya sendiri. Menurut mereka, Serindit dipercaya mampu menolak sihir ataupun menolak bala lainnya.

Daftar Harga Serindit Di Pasaran

Setiap burung kicauan yang ditawarkan di pasaran, memiliki harga yang berbeda beda. Perbedaan harga ditentukan dari beberapa faktor seperti jenis kelamin, warna bulu, keunikan, suara kicauan, jenis, tidak sakit, tidak adanya kecacatan hingga adanya prestasi atau tidak. Semakin banyak prestasi yang pernah diraihnya, harga jualnya juga semakin tinggi. Namun melambungnya harga per ekornya, tidak menurunkan para pecintanya untuk mengkoleksinya.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Menjinakan Burung Kacer Dijamin Ampuh

Begitu pula dengan burung Serindit, dimana setiap jenisnya ditawarkan dengan harga yang berbeda. Untuk Serindit Malaysia akan dibandrol mulai dari Rp. 100 ribuan hingga Rp. 150 ribuan saja, sedangkan untuk Serindit Jawa akan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 70 ribuan hingga Rp. 110 ribuan saja.

Sedangkan Serindit gacor, pasar memberikan harga sektiar Rp. 150 ribuan. Namun besaran harga tersebut sewaktu waktu bisa berubah, tergantung kondisinya.
Kemungkinan adanya perubahan harga jual, penting untuk melakukan antisipasi dengan menyiapkan dana labih. Sehingga ketika harga jual mengalami kenaikan atau penurunan, anda tidak perlu kebingungan menyipakan dana yang sesuai.

Perbedaan harga jual juga bisa berbeda di setiap daerahnya, sehingga anda perlu melakukan survei di tempat penjualan burung secara langsung.

Sebelum membelinya, jangan lupa untuk memastikan bila si burung tidak mengalami cacat sedikitpun. Ada pula faktor lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan sepeti kebersihan kandang, kesehatan, dan masih banyak lagi. Agar si burung Serindit tetap sehat, pastikan untuk memenuhi setiap kebutuhan tubuhnya serta mengasah kemampuan kicauannya agar bisa diikut sertakan dalam ajang perlombaan.

Baca juga artikel lainnya : Cara Merawat Burung Serindit

Sebagai sang pemilik suara merdu nan nyaring, burung mungil ini banyak diminati dengan segala keunggulan yang dimilikinya. Tak hanya mengunggulkan dari segi suara kicauannya semata, burung satu ini juga dikenal dengan keindahan warna tubuhnya yang begitu mempesona. Dengan kelebihannya, tak jarang dirinya mengikuti berbagai kontes di gantangan. Cukup mudah ditemukan di berbagai wilayah, harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat dengan kantong.

Suara Gacor Tembakan Burung Serindit Buat Kuping Jadi Pedas