cara-merawat-burung-serindit

Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

Serindit kini sering dibicarakan di kalangan penggemar burung di Indonesia. Popularitasnya hampir setara dengan lovebird, parkit dan palek. Burung dikenal karena suara kicauan yang khas dan juga warna tubuh yang cerah.

Banyak yang memeliharanya untuk dijadikan burung masteran, sehingga sering diikutkan dalam kontes burung berkicau. Anda harus merawat burung Serindit sejak dari anakan, agar burung lebih mudah dilatih. Berikut ulasan cara merawat burung Serindit.

Tips Perawatan Serindit Sejak Muda

Untuk memperoleh kualitas suara yang lengkap, idealnya anda memelihara Serindit sejak muda. Hal ini akan menghasilkan master suara yang unik dan terkesan utuh. Merawat burung Serindit tidaklah sulit, karena burung mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Meskipun begitu kadang kala burung ini memerlukan perawatan khusus supaya lebih rajin dalam berbunyi.

Dalam perawatan harian burung ini sangat mudah sebab anda tidak perlu menjemurnya setiap hari. Hal ini dikarenakan jenis burung tidak memerlukan sinar matahari terlalu sering. Meskipun demikian anda tetap sesekali menjemur burung walaupun hanya sebentar.

Ini bertujuan untuk menjaga stamina dan kesehatan burung Serindit. Dan sinar matahari akan memproses vitamin D guna membantu pertumbuhan tulang burung.

Cara merawat burung Serindit selanjutnya dengan memandikan sesuai kebutuhan. Minimal mandi satu kali dalam seminggu agar lebih segar dan burung lebih bersemangat. Hal ini ditujukan agar burung lebih gacor, sehingga tidak macet bunyi saat berkicau.

Cukup semprotkan air secara halus pada bagian dada dan punggung serta ekornya. Jangan sampai terkena muka karena air semprotan bisa masuk ke lubang hidung.

Serindit mengeluarkan suara decingan mirip seperti cecurut, hewan sebangsa dengan tikus.

Baca selengkapnya :  Ciri dan Karakter Burung Tledekan Gunung Perawatan, dan, Harga

gambar-burung-serindit

Burung ini juga pandai dalam menirukan suara burung lain, dan mampu merekam suara sebagian jenis burung. Ini disebabkan karena Serindit memiliki kecerdasan diatas rata-rata burung biasanya.

Cara merawat burung Serindit agar gacoran mantap ialah cukup sandingkan dengan burung kicau lainnya. Atau perdengarkan mp3 player dengan aneka suara binatang, Serindit akan menirukan suara-suara tersebut dengan sendirinya.

Program pemasteran akan lebih efektif dilakukan ketika usia Serindit masih muda. Praktekkan latihan untuk setiap hari satu jenis suara, lakukan hal ini secara berulang hingga Serindit bisa menirukan suara dengan baik.

Jenis Makanan agar Gacor Lebih Nyaring

Pada umumnya burung Serindit termasuk burung pemakan buah-buahan dan biji-bijian. Adapun jenis buah yang disukai beragam mulai dari rambutan, jambu monyet, apel, pepaya, anggur, hingga pisang kepok.

Untuk menjaga kebersihan makanan sebaiknya buah dicuci bersih lalu berikan kepada burung. Jika kurang meyakinkan anda bisa merendamnya lebih dulu dalam larutan air garam selam 1-2 jam, untuk menghilangkan racun dalam buah.

Cara merawat burung Serindit dengan memberi makan yang kreatif yaitu dengan menempelkan millet pada buah-buahan. Atau bisa juga memotong buah dan dilumuri dengan millet, agar mereka terbiasa mengonsumsi keduanya secara bersamaan.

Anda juga bisa mencampur millet dengan air gula atau air madu. Lakukan selama beberapa hari kemudian berikan millet yang utuh dan kering jika dirasa sudah mau memakannya.

Demikian sedikit informasi membuat suara burung Serindit lebih nyaring dan berkarakter. Perhatikan makanan yang dikonsumsi burung dangan membuat jadwal makan setiap hari. Selang-seling pola makan agar stamina burung tetap terjaga, selain itu mencegah berbagai penyakit menyerang.

Beri vitamin secara rutin agar hasil gacoran sesuai dengan keinginan si pemilik. Taruh burung di kandang yang luas agar dapat bergerak dengan bebas, sesekali letakkan kandang di alam bebas agar burung tidak cepat stress.