burung-jalak-putih

Mitos Burung Jalak Putih (Harga Dan Suara)

Jalak Putih merupakan burung jalak yang berasal dari negara Indonesia. Persebaran wilayah burung ini juga sangat luas. Burung jalak putih atau sering dikenal dengan sebutan jalak pito yang memiliki nama latin Acridotheres melanopterus merupakan salah satu jalak yang sangat dicintai dan disukai oleh semua pecinta burung karena suaranya yang khas dan merdu.

Menurut orang tua zaman dulu banyak yang mengatakan burung ini banyak memiliki energi yang positif jika dipelihara atau dirawat dengan baik. Akan tetapi tahukah kamu tentang mitos dari burung jalak putih ini ?. Berikut salah satu ciri dari burung satu ini yang sangat mudah untuk dikenali. Yuk Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal burung jalak putih yang perlu anda ketahui


Mitos Burung Jalak Berwarna Putih

Banyak mitos yang beredar bahwa memelihara burung satu ini bisa membawa keberuntungan bagi sang pemilik. Selain itu, memelihara burung ini bisa menghilangkan stress karena suaranya yang merdu dan membuat rileks saat didengarkan. Burung satu ini juga dipercaya dapat mencegah kejahatan.

burung-jalak-pito

Hal tersebut dikarenakan burung bisa menjadi penjaga rumah yang baik. Burung satu ini memiliki sifat yang agresif adan akan lebih aktif berkicau ketika bertemu orang asing. Mitos lain dari burung satu inijuga dipercaya bisa mencegah penyakit demensia yang biasa melanda para lansia.

Dimana demensia ini merupakan kumpulan gejala-gejala penyakit yang dapat mempengaruhi mindset seseorang. Mitos lain yang dipercaya ketika memelihara burung jalak putih ini adalah dapat menjaga kesehatan mata dan juga melatih gerakan motorik dari pemilik burung jalak satu ini.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Ternak Jalak Bali

Ciri dan Karakteristik Jalak Putih

Seperti namanya, burung berjenis jalak berwarna putih ini memiliki warna putih di sebagian besar bagian tubuhnya. Tetapi masih ada warna hitam di bagian tengah dan ujung sayapnya. Sedangkan paruh dan kelopak matanya berwarna kuning yang menambah kesan cantik pada burung satu ini.

Burung jalak putih ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil bagi seekor burung jalak.Dimana ukuran tubuhnya hanya sekitar 20 cm saja. Paruh dan kaki dari burung satu ini sangat kuat, kokoh, dan tangguh. Jalak putih juga merupakan jenis burung jalak yang pandai menirukan suara dari burung lainnya.

Suara yang dikeluarkan oleh burung satu ini juga sangat khas. Dimana saat dipegang akan mengeluarkan suara berbunyi “kek” untuk jalak putih jantan. Sedangkan yang betina, akan mengeluarkan bunyi “kik” jika dipegang. Suara khas dari burung jalak satyu ini adalah suara yang terdengar nyaring dan juga lantang atau keras.

Makanan dan Harga Dari Burung Jalak Berwarna Putih

Burung satu ini untuk perawatan dan makanannya hampir sama dengan burung lain pada umumnya. Selain memberikan makanan berupa voer dan makanan tambahan lainnya, burung satu ini harus diberi makannan jangkrik sebnayak 20 ekor perhari.

gambar-jalak-pito

Karena burung ini memang sangat suka makan. Saat memelihara jenis jalak satu ini, cukup berikan makan kroto 4 kali dalam kurun waktu seminggu, bertujuan untuk melengkapi asupan nturisi dari burung ini agar tetap sehat dan gacor. Burung satu ini memiliki harga atau nilai jual yang sangat tinggi.

Burung ini juga termasuk salah satu burung yang dilindungi karena susah jarang ditemui. Harga dari anakannya saja bisa mencapai 1 juta 500 ribuan. Sedangkan untuk burung jalak putih yang sudah gacor diberi harga sekitar 3 juta atau bahkan sampai 5 juta rupiah.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Kolibri Raja (Harga dan Suara)

Jika kamu ingin membeli dan memelihara burung satu ini, kamu harus terlebih dahulu memiliki sertifikat khusus dari pemerintah yang harganya juga mahal. Tetapi ketika kamu sudah memilikinya, awatlah dengan aikdan benar agar burung tetap dalam kondisi fit.

Jika kamu melatihnya, dengan memenangkan perlombaan sampai menjadi burung yang memiliki prestasi, maka burung ini akan menjadi mahal dengan harga yang istimewa tentunya. Demikian sekilas informasi tentang burung jalak putih ini, semoga dapat bermanfaat.