3 Cara Mudah Mengatasi Cendet Macet Bunyi, Mbagong Dan Mbayi

Diposting pada

Nah di episode kali ini Suhu Kicau akan memberikan tips cara mengatasi cendet macet bunyi ?. Bagi para penghobi burung cendet mania atau yg sering disebut dengan nama akrabnya si pentet ini, memang sudah tidak asing lagi di telinga kita ya, burung ini asli lokal nusantara yang memiliki suara mewah jika sudah gacor.

Namun permasalahannya banyak dari sebagian penghobi pemula ini yang kebingungan melihat burung cendet peliharaannya tidak mau gacor-gacor, padahal katanya sudah menjalani perawatannya dengan maksimal ?. Lalu apa penyababnya !. Dan solusinya bagaimana ?.

Hmm dengan judul artikel yg kami angkat dan akan dibahas kali ini pasti menjadi penasaran bagi temen-temen yang mengalami pengalaman hal seperti ini ya, oke tanpa berlama-lama !. Langsung aja simak penjelasan mengatasi cendet macet total selengkapnya dibawah ini ya :

Cara Mengatasi Cendet Macet Bunyi Paling Ampuh


Rutin Mandi Malam

Seperti kita ketahui bahwa burung cendet merupakan tipikal burung yang gampang-gampang susah dalam hal perawatan nya ya, hal itu disebabkan karena burung cendet termasuk juga kategori burung yang mudah stres apalagi jika burung cendet sampai pindah tempat pastinya membutuhkan adaptasi dan perawatan yang khusus.

Nah bagi teman-teman yang saat ini sedang berjuangan membuat cendet kembali bunyi saya akan memberikan 3 cara mudah agar bisa kembali seperti semula.

cara-mengatasi-cendet-stres-gak-bunyi

Dan yang pertama yaitu dengan mandi malam secara rutin, seperti yang teman-teman sudah banyak yang tahu ya, bahwa cendet merupakan burung yang suka mandi. Nah dalam proses ini kita harus sempatkan untuk memandikan cendet kesayangan kita di malam hari untuk waktunya bisa dilakukan pada pukul 7 sampai jam 8 malam.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Jalak Nias

Dengan cara disemprot lembut seperti embun menggunakan spray semprotan khusus untuk memandikan burung ya, kalian usahakan cendet harus benar-benar basah kuyup dan setelah itu baru kita angin-anginkan sampai bulu-bulunya kering.

Lakukan Cara ini dengan rutin ya temen-temen, untuk waktu pertama bisa dicoba selama satu minggu berturut-turut ya. Karena idealnya ketiga cara ini saling berhubungan dan cara ini bisa kita coba atau kita praktekkan dengan konsisten setelah itu nanti kita bisa lihat hasilnya.

Kurangi Pemberian EF (Jangkrik)

Cara yang kedua yaitu dengan cara mengurangi porsi makanan tambahan yaitu jangkrik nya dipangkas takarannya ya, contohnya seperti ini jika biasanya teman-teman memberikan 5 jangkrik di pagi dan 5 jangkrik di sore hari dalam proses ini kita harus kurangi jatah jangkrik dari cendet itu bisa menjadi 3/4 jangkrik saja.

Sekali memberikannya jadi untuk simpelnya langsung yaitu mengurangi 1-2 jangkrik di setiap mempersembahkannya seperti itu ya. Nah cara untuk memberikannya juga tidak boleh secara langsung kita menggunakan tangan. itu tidak boleh dan tidak di anjurkan ya, cukup kalian taruh saja jangkriknya di wadah cepuk pakannya ya. Bertujuan untuk melatih cendet kita agar tidak manja ya. Teknik ini merupakan salah satu cara membuat cendet rajin bunyi.

settingan-cendet-macet

Baca juga artikel lainnya : ternak burung cendet

Full Kerodong (Krakap)

Setelah itu kita masuk ke cara yang ketiga ya temen-temen yaitu full krakap jadi usahakan Selama satu minggu burung ini harus benar-benar dalam kondisi selalu tertutup atau selalu di kerodong full ya.

Dan kita bisa membukanya yaitu pada saat kita melakukan prosesi mandi malam dan pada saat mempersembahkan jangkrik nya saja dan tujuan kita penuh gerakan seperti ini yaitu agar burung merasa tenang, nyaman serta sebagai terapi cendet macet bunyi.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Cucak Ijo Banyuwangi (Harga dan Suara)

terapi-cendet-macet-bunyi

Oke mungkin itu dulu tiga cara mengatasi cendet macet bunyi dari kami agar burung cendet kalian bisa kembali pulih dan gacor seperti sedia kala, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari