Cara Mudah Merawat Burung Jalak Kapas

Cara Merawat Burung Jalak Kapas – hai kicau lovers, kembali suhu kicau menyajikan informasi unik dan menarik yang pastinya berguna bagi kalian pecinta burung dimanapun berada karena ini penting sekali.

Masih membahas tentang si halus jalak sutra, setelah sebelumnya tentang makanannya mulai cara pemberian dan juga manfaatnya apa. Kalau kalian belum sempat baca langsung saja di ketik di pencarian.

Kali ini tentang perawatan harian terbaik yang harus dilakukan kalian sang pemilik sehingga dia menjadi jinak, nyaman dan juga menjadi semakin rajin ngicau tentunya. Mengapa saya bilang semakin jinak ?

Karena memang jalak kapas sebagian besar yang dijual ialah hasil tangkapan liar sehingga akan cukup sulit untuk membuatnya bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga perlu perlakuan

khusus supaya dia menjadi semakin jinak. Karena kalau tidak jinak boro-boro dilatih rajin bunyi, yang ada dia gak mau makan dan yang paling fatal dia akan stres dan menyebabkan kematian, tentu kalian gak mau dong ini terjadi.

Jadi tunggu apa lagi, jangan banyak mikir langsung saja baca artikelnya sampai habis jangan setengah-setengah karena hasilnya juga pasti tidak akan terlihat. hehe selamat mencoba.

kelebihan-burung-jalak-kapas

Perawatan Harian Burung Jalak Kapas

1. Pengembunan

Mengembun burung di waktu subuh menjadi salah satu terapi baginya terlebih untuk yang masih belum bisa beradaptasi, tentu akan mengurangi rasa stresnya karena dia merasa kembali ke alam jadi dia menjadi

merasa lebih nyaman. Ditambah lagi udara saat itu sangat bersih sangat baik untuk kesehatan pernafasannya. Pengembunan dilakukan mulai dari jam 5.30 sampai sebelum dia mandi di jam 7 sampai 7.30 pagi.

2. Waktu dan Lamanya Pemandian

Selanjutnya mandikan burung secara rutin, usahakan di waktu yang sama supaya dia tidak bingung dan menjadi kebiasaan yang baik baginya. Cara memandikannya mudah dengan di semprot saja pakai sprayer

dengan settingan halus disemprot dengan searah tumbuhnya bulu dari atas ke bawah supaya bulunya tidak kusut. Tidak perlu menggunakan shampo cukup air bersih saja tetapi kalau mau pake shampo boleh yang khusus

burung sedikit saja 2 kali seminggu. Selain biar bersih burung dimandikan supaya birahinya turun dan tingkat tekanannya berkurang dan dia menjadi lebih jinak lagi ke kalian.

3. Jaga Kebersihan Kandang, Makanan dan Minuman

Setelah dimandikan, sebelum dijemur bersihkan dulu kandangnya dan juga cepuk makanan dan minumannya sehingga lebih steril dan juga dia mendapatkan asupan makanan dan minuman yang segar setiap hari.

Manfaat membersihkan kandang juga untuk menghindarkan si burung dari gangguan penyakit yang akan tertular dari kuman dan virus yang terbawa dari sisa makanan dan juga kotoran si jalak sutra ini karena cukup banyak.

jalak-kapas-muda

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah itu, jemur burung dibawah sinar matahari. Selain banyak manfaat yang didapat dari sinar matahari karena mengubah provitamin D menjadi vitamin D dan juga mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan

daya tahan tubuhnya serta dengan dijemur bulunya menjadi lebih cepat kering dan mengembalikan suhutubuhnya yang kedinginan setelah mandi. Penjemuran maksimal 1 jam saja karena kalau kepanasan dia tidak tahan.

5. Masteri Burung

Untuk melatihnya menjadi semakin gacor kalian perlu memasternya secara rutin. Pemasteran dilakukan setelah dia dijemur lalu dipindahkan ke tempat yang lebih adem. Sambil menunggu sore si burung terus

dimasteri dengan suara kicauan yang sudah gacor kalian bisa mengunduhnya disini dengan gratis tentu. Dan menjelang petang kandang di tutup krodong supaya bisa beristirahat secara maksimal.

Nah kicau lovers, itulah tadi rangkaian cara merawat burung jalak kapas yang harus kalian lakukan secara rutin. Selamat mencoba dan semoga beehasil. Jangan lupa untuk terus menyayangi peliharaan kalian dengan sepenuh hati ya.