Cara Merawat Burung Trucukan Agar Cepat Jinak Dan Gacor

Diposting pada

Di kesempatan siang hari ini, suhu kicau kembali untuk memberikan informasi tips dan cara merawat burung trucukan agar rajin berkicau setiap harinya ya temen-temen agar dapat kalian nikmati suara merdu yang dimiliki oleh burung tersebut.

Yok baca artikel ini sampai habis ya agar kawan-kawan semua pada memahami nanti :

Perawatan Burung Trucukan Yang Pas Supaya Rajin Bunyi


Langkah Memandikannya

Burung trucukan dikenali benar-benar senang mandi khususnya saat pagi hari dan siang hari karenanya persiapkan bak mandi kecil yang dapat dimasukkan pada dalam sangkarnya supaya burung itu dapat mandi sendiri ke bak mandi itu, tetapi jika siburung terlatih disemprotkan jadi tidak ada kelirunya kalian kerjakan itu, dan ditegaskan bikinlah keadaan rawatan senyaman burungnya ya, tidak boleh begitu memaksain.

Menjaga Kebersihan Teratur Tiap Harinya

Kebersihan kandang setiap harinya harus selalu diperhatikan dan dibersihkan ya temen-temen. Karena jika kandang selalu bersih otomatis burung akan sehat, jika kondisinya nyaman di dalam sangkarnya sudah pasti burung akan mau bunyi, tidak hanya trucukan saja, jenis burung apapun pasti serupa. Dan sangat menyukai tempat tinggal yang bersih dan nyaman intinya.

cara-merawat-burung-trucukan-harian

Piaralah Lebih Dari 1 Ekor

Saran saya untuk sebelum memeliharanya, lebih baik beli burung trucukan ini dari bahan atau masih anakan, serta jangan memelihara cuman 1 ekor saja ya, minimal 2 – 5 ekor lah karena sifat di alam liarnya burung jenis ini sangat sesang berkelompok dengan sesama tipenya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Jalak Nias Supaya Cepat Gacor

Pemberian Pakan Yang Pas

Kawan-kawan harus juga memberikan pakan yang pas dan berkualitas untuk burung trucukan ya, burung ini benar-benar senang dengan pisang kepok, pepaya dan diberi makanan itu tiap hari khususnya untuk tipe buah-buahan.

Tanpa Kerodong Dan Tanpa Pemasteran

Burung trucuk ini berbeda dengan jenis burung kicau pada umumnya, sangking istimewanya, kalian tidak usah repot-repot untuk mengkrodongnya, cukup diablak aja kesehariannya, dan tidak perlu masteran ocehan burung lainnya, karena karakter suara trucukan ini ropel dan monoton, sangat di anjurkan untuk memasternya menggunakan suara tipe yg sama akan tetapi dengan suara burung trucukan yg sudah jadi dan ngeropel panjang ya, dengan bertujuan untuk melatih suara ropelan panjangnya agar bisa ditiru nantinya.

Selain dari pakan buah dan serangga Anda bisa juga membuat racikan pakan sendiri, karena burung yang satu ini salah satunya tipe merbah dan nyaris mempunyai kecocokan dengan cucak jenggot atau kapas tembak lokal ya, jadi tidak ada kelirunya kalian dapat beri pakan bikinan yang sama. Nah jelas ya, jadi cara merawat burung trucukan sangatlah mudah bukan ?. Dan tidak sesulit apa yang kalian bayangkan pastinya !. Selamat mencobanya, dan semoga bermanfaat ya, sukses selalu temen-temen kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari