7 Cara Merawat Kakatua Yang Tepat Agar Selalu Sehat

Diposting pada

Tahukah Anda bagai mana cara merawat kakatua yang tepat agar selalu sehat dan mau mengeluarkan suara kicau disetiap harinya? Meskipun sebenarnya ini tidaklah sulit, namun bagi beberapa orang pemula akan sedikit bingung jika belum pernah melakukannya.

Namun dalam hal keinginan tidak cukup hanya dengan memiliki burung kakatua ini saja. Anda harus benar benar mengetahui bagaimana metode perawatan yang tepat agar burung tersebut selalu sehat dan aktif bersuara. Secara lengkapnya silahkan Anda simak penjelasannya dibawah ini:

Metode Perawatan Burung Kakatua Yang Tepat


Setidaknya ada 7 macam cara yang dapat Anda terapkan jika ingin memelihara burung Kakatua sebagai koleksi agar tetap fit dan ngoceh, berikut ulasannya:

cara-membersihkan-bulu-kakatua

Mandikan Dengan Rajin Dan Rutin

Hal pertama yang boleh Anda coba dalam merawat burung kakatua adalah dengan rutin memandikannya sesuai jadwal yang bisa Anda atur sendiri. Proses ini berguan untuk menjada bulu siburung agar selalu bersih dan terbebas dari kotoran yang menempel dibadanya.

Selain itu proses pemandian pada burung kakatua dapat bermanfaat agar burung tetap merasa fresh. Soal tehnik memandikannya dapat Anda lakukan dengan alat semprot atau membiarkan burung mandi sendiri ditempat khususnya pada waktu pagi hari dan bisa dilakukan juga setiap hari.

Asah Paruh Dan Kuku

Skema rawatan yang selanjutnya dapat Anda kerjakan ialah mempertajam kuku dan paruh siburung kakatua. Ini dilaksanakan untuk penjagaan berlangsungnya kerusakan di bagian badan itu saat siburung bekerja seperti mencengkeram dan menggigit.

Baca selengkapnya :  Tips menyiapkan kenari gacor untuk lomba

Penajaman kuku dan paruh pada burung kakatua akan bermanfaat untuk menolongnya dalam beraktivitas dalam sangkarnya. Anda dapat memakai asahan khusus yang bisa Anda membeli diwarung paling dekat disekitar Anda.

Makanan Yang Pas Dengan Ukuran Yang Cocok

Menjaga burung kakatua harus juga dikasih makan tiap hari supaya burung tidak lemas. Makanan paforite burung ini ialah bonggol jagung yang muda, juga bisa Anda beri buah pepaya yang matang. Atau makanan khusus yang dipasarkan dikios burung.

Disamping itu Anda dapat memberi makanan tambahan untuk siburung kakatua seperti sayuran, irisan buah kelapa, biji bijian, kacang kacangan, dan lain lain sesuai aturan yang Anda tentukan.

Jangan Lupa Berikan Vitamin Eksklusif

Pemberian vitamin dengan waktu minimal seminggu sekali juga akan sangat bermanfaat untuk burung kakatua Anda. Ini akan membuat tubuh siburnug menjadi sehat dan selalu fit setiap harinya.

Namun beberapa makanan yang mesti Anda ingat tidak boleh diberikan pada burung kakatua adalah seperti buah alpukat, kmeudian berbagai makanan yang mengandung penyedap rasa, serta sejenis daging dagingan yang mengandung lemak.

Pemberian Dan Peletakan Kandang Yang Cocok

Anda pun harus memberi burung kakatua Anda kandang sama ukuran yang pas. Ini untuk menghindar siburung berasa begitu sempit atau bahkan juga tidak bebas untuk bekerja dan bergerak.

Untuk burung kakatua yang anakan atau masih kecil dapat Anda beri kandang sama ukuran minimum 70 x 70 x 100 cm. Sesaat untuk burung kakatua yang telah dewasa atau telah besar dapat Anda beri kandang beukuran 100 x 100 x 200 cm. Selanjutnya janganlah lupa untuk tempatkan kandang burung kakatua Anda di tempat yang kerap dilewati oleh bagian keluarga Anda. Hal ini agar burung terbiasa dengan aktifitas manusia yang dapat membuatnya semakin jinak.

Baca selengkapnya :  8 Jenis Vitamin Yang Bagus Buat Kacer Supaya Sehat Dan Gacor

cara-memandikan-burung-kakatua

Bersihkan Kandang

Kebersihan pada sangkarnya merupakan faktor penentu agar kesehatan setiap burung yang diperlihara tak terkecuali kakaktua ini. Temen-temen wajib untuk membersihkan kandangnya dari kototran minimal sehari sekali lah, agar burung tidak sakit karena kuman yang menginfeksinya.

Baca juga artikel lainnya : download suara burung kakak tua jambul kuning mp3

Interaksi Rutin

Upayakan dalam setiap harinya Anda selalu berinteraksi dengan siburung kakatua anda. Ini bisa Anda lakukan dengan waktu sehabis Anda bekerja atau waktu beristirahat saat sore menjelang malam hari. Hal ini merupakan salah satu metode agar siburung kakatua Anda cepat jinak dan manut pada pemiliknya. Tentu saja jika burung ini sudah jinak, akan mempermudah Anda dalam hal perawatan dan melatih siburung.

Sembari berinteraksi dengan burung kakatua Anda, Anda juga bisa melatih kecerdasan siburung dengan mengajaknya berbicara kata kata yang mudah diingatnya agar burung mau menirukan Anda. Selain itu kalian bisa juga untuk melatih ketangkasannya seperti bermain bola dll.

Perihal yang kita ketahui bahwa kakaktua ini yang masuk dalam keluarga paruh bengkok. Burung ini dikenal dengan tingkat kecerdasan luar biasa jika rajin dilatih oleh sang pemilik.

Selain itu burung ini mampu dengan cepat menirukan berbagai suara yang sering didengarnya termasuk suara manusia. Itulah mengapa kemudian banyak dari pecinta burung yang berminat untuk memilikinya sebagai hewan peliharaan.

Lakukan beberapa metode yang telah kami share tentang cara merawat kakaktua secara rutin dan teratur disetiap harinya. Jika tepat maka Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk memiliki burung kakatua yang sehat dan senang beraktifitas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari