Cara Mudah Merawat Burung Rambatan Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Hallo Kicau Lovers? Tahukah Anda bagaimana Cara Merawat Rambatan Agar Cepat Gacor? Mendengar namanya saja kami yakin Kicau Lovers semua pasti sudah mengenal karakter dari burung yang satu ini.

Burung Rambatan atau dengan nama lainnya yaitu Munguk Beledu (Velvet-Fronted Nuthatch/Sitta frontalis). Merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak dicari oleh penggemar kicau karena cirikhas dari suaranya, serta mudah untuk dijinakkan dan dirawat.

Selain itu burung Rambatan ini memiliki dominan warna bulu yang cantik, jadi tidak hanya suaranya yang khas tetapi juga indah dilihat. Kalian dapat memanfaatkan suara dari burung ini untuk isian atau masteran burung lainnya seperti Murai Batu atau Kacer.

Tentu saja dengan perawatan yang tepat dan sesuai sehingga Burung Rambatan menjadi cepat gacor. Namun bagi sebagian Anda yang belum mengetahui bagaimana Cara Mudah Merawat Burung Rambatan Agar Cepat Gacor, ada baiknya Anda simak artikel kami kali ini sampai selesai.

Metode Perawatan Untuk Burung Rambatan


Sebenarnya dalam hal perawatan pada Burung Rambatan tidak terlalu sulit. Namun mungkin bagi sebagian pecinta burung kicau masih bingung bagaimana metode yang tepat dalam perawatannya agar burung tidak stress. Berikut ini beberapa tips dari kami tentang metode perawatan Burung Rambatan:

Bentuk Sangkar Yang Sesuai Untuk Burung Rambatan

Jika ingin merawat Burung Rambatan, hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah pemilihan sangkar yang tepat. Anda dapat menggunakan sangkar yang umum digunakan untuk burung LoveBird dengan bentuk bulat dan kokoh.

Baca selengkapnya :  Tips Memilih Cucak Ijo Trotol Yang Memiliki Kualitas Bagus

Selain itu Anda juga dapat menambahkan beberapa alat pendukung dalam sangkar tersebut untuk memberikan suasana alam pada Burung Rambatan. Misalnya menempatkan tangkringan burung rambatan dengan potongan kayu dengan ukuran tertentu dan posisi berdiri (kemiringan 70-85 drajat) agar burung bisa memanjat seperti pada alam liarnya.

Pastinya kebersihan sangkar dari Burung Rambatan ini menjadi sesuatu yang juga penting untuk perawatan. Anda dapat membersihkan sangkar dengan waktu yang Anda tentukan sendiri secara rutin dan tidak kasar.

Menjinakkan Terlebih Dulu Burung Rambatan

Karena Burung Rambatan ini bukan termasuk dalam burung yang ditangkarkan, maka banyak dari pecinta burung mendapatkannya dengan cara membeli. Tentu saja burung ini masih bahan atau masih liar. Hal ini tentu saja membuat Anda harus menjinakkannya terlebih dulu agar Burung Rambatan ini tidak liar saat disangkarkan. Ini bertujuan agar proses perawatan menjadi lebih mudah dan efisien.

Dalam hal penjinakan Burung Rambatan, Anda dapat melakukan beberapa metode seperti memberi pakan yang tepat dan berkwalitas dengan protein tinggi (kroto, jangkrik, dan ulat). Kemudian biasakan menjemur dan menggantung sangkar pada tempat sejuk dan ramai setiap harinya.

rambatan-doraemon

Ini dapat Anda lakukan setiap hari secara rutin sampai Burung Rambatan Anda benar benar jinak dan tidak takut dengan manusia. Tentu saja ini sangat mudah dilakukan dibandingkan dengan cara menjinakkan jenis burung lainnya yang masih liar.

Merawat Secara Rajin Dan Rutin Burung Rambatan

Dalam hal perawatan atau pemeliharaan Burung Rambatan Anda dapat melakukan beberapa tehnik seperti menjemur serta menaruh ditempat yang sering dilalui oleh orang. Ini akan memberikan efek terbiasa pada siburung dengan suasanan yang ramai. Namun perlu Anda perhatikan waktu penjemuran kurang lebih hanya satu jam saja.

Baca selengkapnya :  Teknik Gampang Ternak Burung Parkit Supaya Cepat Bertelur

Setelah itu ketika menjelang sore Anda dapat membasahi Burung Rambatan dengan cara menyemprotnya. Kemudian diangin anginkan dengan peletakan atau penggantungan sangkar jangan terlalu tinggi. Berikutnya Anda dapat memberikan kroto atau jangkrik dengan jumlah yang telah ditentukan, jangan lupa setelah itu Burung Rambatan dapat Anda gantungkan didalam rumah pada tempat yang sering digunakan untuk aktifitas keluarga seperti tempat menonton Televisi. Lalu saat malam hari, Anda harus membungkus sangkar (Di kerodong) secara menyeluruh dan biarkan saja sampai keesokan harinya.

Pemberian Pakan Burung Rambatan

Pemberian pakan pada Burung Rambatan juga bukan hal yang bisa Anda sepelekan. Justru ini adalah hal terpenting dalam merawat Burung jenis apapun. Namun Anda harus benar benar memperhatikan dalam pemberian pakan yang tepat. Untuk Burung Rambatan sendiri Anda dapat memberikan pakan untuk Burung Rambatan dengan bentuk Voer yang halus serta dicampurkan dengan berbagai alternatif pilihan alami seperti Ulat Hongkong, Kroto, Ulat Kandang, atau jangkrik ukuran kecil yang telah dibersihkan bagian kakinya.

Namun untuk pemberian tambahan ini hanya secukupnya saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan dan kebiasaan dari Burung Rambatan dalam takaran makanan yang diberikan secara rutin agar sekaligus habis dikonsumsinya. Selain itu pakan yang dicampur dengan EF ini tadi sebaiknya diberikan pada pagi hari saja untuk Burung Rambatan dan jika sampai seore masih tersisa, pakan tersebut dapat dibuang dan diganti dengan pakan serupa yang baru.

burung-munguk-beledu

Menjemur Dan Memandikan Burung Rambatan

Langkah berikutnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah menjemur dan memandikan Burung Rambatan milik Anda. Hal ini dilakukan juga untuk menjaga kebugaran tubuh dari burung tersebut agar tidak lemas dan sakit.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bahan Agar Cepat Gacor

Anda harus menjadwalkan mandi Burung Rambatan ini secara rutin misalnya dalam waktu 2 atau 3 hari sekali saja secara terus menerus. Sebaiknya Anda gunakan semprotan yang diatur agar mengeluarkan air tidak terlalu deras dan kasar (disemprot seperti embun). Setelah itu Anda dapat segera menjemur Burung Rambatan dalam waktu 5 menit saja ditempat yang ada sinar mataharinya, kemudian ditempatkan pada tempat yang tak terlalu panas seperti diangin anginkan diteras rumah.

Baca juga : suara burung rambatan

Jangan lupa untuk menambahkan vitamin pada wadah yang berisi air untuk minum Burung Rambatan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan suara burung yang keras dan gacor, serta fisik yang kuat. Untuk menghasilkan suara yang keras dan gacor sebenarnya Anda juga dapat memelihara Burung Rambatan ini lebih dari satu ekor. Demikianlah Cara Mudah Merawat Burung Rambatan Agar Cepat Gacor yang dapat Anda pelajari jika ingin memelihara jenis burung ini. Jangan lupa untuk mengikuti terus artikel kami yang menarik lainnya seputar dunia kicau. Selamat mencoba!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari