Jenis Burung Pleci

Diposting pada

Pleci merupakan salah satu burung kicauan yang banyak digemari karena memiliki suara yang gacor. Selain itu, burung ini juga memiliki ciri khas dimana pada bagian matanya terdapat lingkaran yang menyerupai kaca mata.

Jenis burung pleci ini memang dahulunya tidak memiliki harga jual yang bersaing dipasaran, dan diremehkan dipandang sebelah mata, namun seiring berjalannya waktu dan banyak yang memelihara burung ini baik untuk bunyi-bunyian dirumah bahkan sampai burung kontes lapangan yang memadati kelas gantangannya, burung kacamata ini sulit untuk dicari dan mempunyai nilai harga yang relatif tinggi.

Burung yang bisa ngerol panjang dan mampu membuka paruhnya saat burung ini berkicau tentunya sangat recomended untuk dipelihara bagi para hobiis kicau mania semuanya.

Ada banyak jenis burung pleci, namun beberapa jenis burung ini sering menjadi primadona bagi pecinta burung untuk diikutkan lomba. Diantaranya, sebagai berikut.

6 Jenis Pleci yang Bagus untuk Lomba


1. Dakun Macok

Burung ini memiliki ciri ciri dimana dadanya berwarna kuning dengan mata berwana coklat sehingga disingkat dengan dakun macok. Burung ini memiliki habitat dan penyebaran di berbagai wilayah Jawa. Ciri cirinya tidak jauh berbeda dengan burung dakun yang lain.

Burung ini cukup banyak dipelihara. Biasanya satu ekornya dijual mulai dari Rp 300 ribu. Harga ini tergantung dari usia burung dan kemampuan gacornya.

dakun-macok

2. Dakun Maput

Dakun Maput sendiri merupakan kepanjangan dari dada kuning dan mata putih. Dinamakan demikian karena burung ini memiliki bulu pada bagian dada eberwarna kuning dengan sedikit hijau ditambah bagian mata yang memiliki lingkaran berwarna putih yang menyerupai kaca mata.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Rambatan (Harga Dan Suara)

Burung ini tergolong burung yang cukup istimewa, dikarenakan memiliki suara yang khas dan bening. Harga satu ekor dibandrol mulai dari Rp 350 ribu bagi yang sudah gacor.

dakun-maput

3. Dakun Jatim

Jenis burung pleci ini memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga cukup mudah dipelihara. Ciri ciri dari burung ini adalah memiliki bulu bagian dada yang berwarna kuning cerah sedangkan pada bagian punggungnya memiliki warna kuning zaitun yang cerah.

Kicauan dari burung ini sangat lantang dan bisa ngerol sehingga sering diikutkan kontes kicau burung. Harga burung ini dibandrol sekitar Rp 100 ribu.

dakun-jatim

4. Pleci Buxtoni

Pleci buxtoni memiliki karakteristik dimana bulunya sangat cerah dan cantik. Pada bagian dada dari burung ini tampak warna abu abu dengan garis kuning di bagian perut. Di bagian punggungnya anda akan mendapati warna kuning yang sedikit hijau tua.

Habitat burung ini adalah pepohon. Penyebarannya mulai dari Pulau Sumatera hingga Jawa Barat. Jenis burung pleci ini biasanya satu ekor dibandrol dengan harga Rp 150 ribu.

pleci-buxtoni

5. Pleci Montanus

Dinamakan demikian karena burung ini memiliki habitat berada di gunung. Burung ini banyak ditemukan di wilayah Jawa. Kicauan burung ini terdengar khas yaitu dengan suaranya yang serak serak basah serta parau dan terdengar lantang.

Burung ini memiliki warna pungung abu abu dan hijau serta bagian perut berwarna putih keabu abuan. Harga satu ekor burung ini biasanya dibandrol sekitar Rp 80 ribu.

pleci-montanus

6. Pleci Auriventer

Burung ini seringkali dipilih untuk diikutkan lomba karena memiliki mental yang sangat baik. Ciri ciri dari burung ini adalah memiliki tubuh yang bongsor dengan bagian atas berwarna kuning serta bagian perut berwarna abu abu pucat.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Dan Habitat Burung Camar

Jenis burung pleci ini banyak ditemukan di daerah Sumatera hingga Kalimantan. Harga burung ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 100 ribu

Itulah beberapa jeni spleci yang sering dilombakan. Kebanyakan pleci tersebut berasal dari jenis daku atau memiliki dada kuning. Harga setiap jenis burung tersebut berbeda beda dan tergantung dari usianya.

Bagi anda yang menginginkan burung ini dengan harga yang lebih terjangkau, sebaiknya memilih burung bakalan dan melatihnya secara rutin dan konsisten sehingga burung tersebut bisa cepat gacor dan ngerol.

pleci-auri

Dari harga setiap jenis burung pleci ini memiliki harga yang berbeda-beda, semua disesuaikan lagi pada tempat daerah asal dengan kondisi jarak tempuh masing-masing, akan tetapi biasanya tidak berbeda jauh selisihnya. Sekian infomasi yang dapat kami sampaikan, sekiranya dapat membantu anda bagi yang ingin membeli serta mencari burung pleci ini. Semoga bermanfaat.