lovebird-warna

12 Jenis Love Bird Warna Yang Sedang Tren Di Indonesia

Assalamualaikum wr wb, kembali lagi bersama Suhu Kicau yang selalu memberikan info terupdate seputar tips burung kicauan yang berkualitas dan gratis tentunya untuk men-temen semuanya. Pada pembahasan kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar jenis burung lovebird warna yang memiliki harga termahal dan menjadi populer di negara kita indonesia tercinta.

Berdasarkan warna yang dimilikinya setiap jenis burung lovebird memiliki nama dan harga yang berbeda-beda tentunya. Salah satu faktor yang menentukan harga burung lovebird, selain suara khas ngekek yang dimilikinya namun keindahan pada warna bulu juga perlu diperhitungkan untuk menambah kesan lebih sempurna, semakin langka warna burung tersebut otomatis semakin tinggi nilai harga jual burung tersebut.

Namun burung love bird ini bukanlah asli burung yang berasal dari negara indonesia. Kebanyakan dan hampir semua burung lovebird yang ada di indonesia merupakan hasil import dari negara lain, kemudian sukses dan banyak dibudidayakan di dalam negri ini. Love bird juga merupakan hewan spesies yang banyak tersebar diseluruh dunia, yang memiliki sifat dan karakternya masing-masing.

Tren burung kicauan khususnya untuk jenis lovebird di dalam negri kiranya sudah mulai banyak dirasakan oleh para penghobinya dan berbagai lapisan kalangan masyarakat pecinta burung ekeke ini.

Sekitar 10 tahun lalu memang sudah ada dan dibuka ajang kontes burung lovebird, akan tetapi masih banyak keterbatasan dari segi juri, kondisi lapangan dan berbagai macam ujian yang akhirnya dapat kita buktikan bersama-sama yang membuat hidup gantangan kicau diseluruh daerah di nusantara.

Mengenal bermacam-macam corak dan model burung love bird


Lutino

Lovebird lutino bisa dikatakan salah satu jenis lovebird yang mudah dikenali, pada umumnya burung lutino ini memiliki warna pada bulu tubuhnya mendominasi warna kuning dengan kombinasi warna orange dibagian kepalanya, lutino ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ada yang mata merah (MM), namun juga ada yang memiliki mata hitam (MH).

Baca selengkapnya :  Download Suara Pleci Masteran Mp3 Auto Gacor

Dari segi warna kedua jenis burung tersebut memiliki kesamaan yang sema persis hanya saja perbedaan diwarna matanya saja. Sedangkan jika dilihat dari harga, lovebird lutino mata merah ini memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan lutino mata hitam.

Batman

Seperti namanya Love Bird batman ini, pada umumnya memiliki warna yang identik dengan warna abu-abu yang bergabung dengan warna hitam pada kepala, sayap, dada, serta ekornya. Namun pada bulu lehernya biasanya berwarna putih keabu-abuan.

Semakin gelap pekat dan jelas warna burung batman ini, juga pastinya sangat mempengaruhi kepada harga jual burung tersebut dengan nilai yang tinggi. Untuk saat ini jenis lovebird batman sudah pasti memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan lovebird lutino.

batman

Olive

Burung ini memiliki warna dominan hijau tua, bisa dikatakan olive pada tubuhnya. Akan tetapi pada bagian tubuh tertentu yang lainnya dapat memiliki warna yang berbeda kepada kepala yang memiliki warna orange dan kuning agak kehitam-hitaman. Lihat info selengkapnya seputar lovebird olive

Blorok

Salah satu warna lovebird yang paling banyak disenangi adalah burung yang memiliki warna blorok, tidak seperti jenis warna lovebird lainnya yang terlihat satu warna yang menyatu berbeda dengan jenis kombinasi warna yang dimiliki oleh jenis blorok ini sangatlah unik.

Dengan gabungan warna yang seolah-olah tidak tersusun rapih mempunyai ciri khas tersendiri bagi para pecintanya. Burung jenis blorok ini dibagi dari beberapa jenis warna, yang pertama gabungan biru dan hijau.

Half Sider

Love bird halfsider ini memiliki warna yang aneh sekali menurut saya. Karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis lovebird lain pada umumnya. Lovebird ini sangat jelas memisahkan warna yang membelah seperti warna garis lurus separuh warna dibagian tertentu dengan silang di sebelahnya memiliki warna yang berbeda sangat menjolok seperti warna belang blentong. Misalkan warna hijau dan merah atau juga dengan warna lainnya.

Half-Sider

Biola

Lovebird biola merupakan jenis lovebird yang memiliki harga jual yang paling tinggi dari semua jenis lovebird yang ada di indonesia. Untuk perekornya saja bisa menjapa puluhan juta rupiah, dan memang sangguh fantastis bukan.

Baca selengkapnya :  Perawatan Burung Cucak Rowo

Walaupun demikian untuk lovebird jenis ini hanyalah orang-orang tertentu saja yang mampu memilikinya ataupun kolektor importing asing yang sangat gemar mengoleksi burung yang unik dan langka ini.

Biola

Palamas

Palamas sendiri merupakan sebutan atau singkatan dari (kepala emas). Dari nama tersebut bisa dibayangkan ciri lovebird ini yang memiliki warna di area kepala yang berwarna kuning keemas-emasan serta bulu ditubuhnya berwarna hijau yang berpadu agak sedikit kekuningan.

Dakocan

Sebernarnya lovebird dakocan ini tidak hanya ada di satu macam jenis warna saja, dan dibagi menjadi 3 warna yakni : dakocan asli, lovebird dakocan biru dan yang sering ditemui adalah lovebird dakocan hijau.

Albino

Sesuai namanya lovebird albino ini didominasi dengan warna putih diseluruh tubuhnya, warna putih yang dimiliki oleh burung ini serta matanya yang menyala berwarna merah ini merupakan salah satu faktor genetik yang dihasilkan dari ras keturunan sebelumnya.

Yang dimana jika indukan yang sama jenis baik jantan dan betina dengan keturunan trah Albino, maka anakannya juga otomatis akan menghasilkan love bird albino juga.

Albino

Parblue

Parblue yang dimana dalam bahasa inggrisnya ini adalah partial blue ini, yang jika diartikan dalam bahasa indonesia yang diartiken separuh biru ini memang jenis lovebird yang jarang sekali ditemukan, dan kebanyakan faktor kawin silang oleh para peternak lovebird yang terkadang sangat sulit untuk menghasilkan anakan jenis burung tersebut.

Violet

Salah satu ciri lovebird violet ini adalah warna yang berada pada area dibagian punggung sampai dibelakang kedua sayapnya, punggung dan dada adalah berwarna violet atau ungu dongker, serta pada bagian wajah kepalanya biasanya didominasi dengan warna hitam, untuk warna leher bisa juga berwarna putih bersih ataupun sedikit abu-abu.

Pastel

Untuk mengenali burung lovebird pastel ini ada dua jenis lagi yaitu pastel ijo dan pastel kuning. Kedua jenis burung tersebut memiliki harga jual yang cukup berimbang. Jika dilihat sepintas untuk jenis lovebird pastel kuning ini memang hampir mirip dengan jenis lovebird lutino, hanya saja warna cerah yang dihasilkan oleh pastel kuning ini masih kalah terangnya.

Baca selengkapnya :  Tips Mencetak Murai Batu Albino Bukan Hanya Kebetulan

Untuk lovebird pastel sendiri memiliki warna lembut dan tidak terkesan terlalu mencolok seperti warna lovebird yang lain dengan kontras yang jelas.

Tren Love Bird Warna

Pada tahun-tahun sebelumnya memang sudah bermunculan, era tren warna pada burung lovebird ini, berbagai macam warna jenis yang unik dan masih jarang sekali keberadaannya membuat harga dipasaran menjadi setinggi langit. Seperti jenis Albino dan Lutino sudah mulai bermunculan dan banyak penggemar / penghobi lama maupun yang baru memulainya di sepak terjang dunia kicau burung paruh bengkok ini.

Di zaman era yang masih langka ini harga burung lutino masih sangat tinggi yang dibandrol dengan harga jutaan rupiah. Bahkan ada juga event yang dibuka khusus lovebird cantik yang unik dengan aneka warnanya yang dimana kriteria penilaiannya fokus pada penampilan dan warna indah yang dimiliki oleh setiap para kontestan.

Namun saat ini, salah satu jenis yang menjadi tren dan masih tinggi dengan harga nilai jualnya adalah lovebird fallow, yaitu burung yang memiliki warna bulu yang jadul seperti hijau dengan kombinasi pastel hijau, akan tetapi dengan memiliki bentuk mata yang unik, yakni berwarna merah ruby karena eksperimen para penangkar yang menyilangkan beberapa generasi , ras dengan kolaborasi genetik jenis lovebird tertentu. Mutasi genetik lovebird fallow ini berbeda dengan mutasi gen yang dimiliki oleh jenis Albino yang berwarna merah muda.

Demikian info tentang lovebird warna saat ini, yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen kicau semua khususnya para hobiis burung love bird, terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :