Mengenal Ciri Lovebird Dakocan Beserta Harganya

Diposting pada
Rate this post

Para pecinta burung lovebird dakocan tentunya selalu mencari burung menarik untuk melengkapi koleksinya. Kicauannya yang merdu dengan warna warna yang menarik menjadi daya tarik burung hias. Salah satu spesies yang banyak digandurngi adalah Lovebird.

Burung cinta ini terkenal dengan warnanya yang cantik dan kicauan yang merdu. Namun tahukah anda jika lovebird juga ada jenis jenisnya? Seperti misalnya Lovebird Dakocan dalam ulasan berikut.

Berkenalan Dengan Si Burung Cinta Dakocan


1. Sekilas Tentang Burung Cinta Dakocan

Burung lovebird merupakan salah satu jenis yang memiliki banyak variasi. Hal ini disebabkan oleh kawin ilang yang menghasilkan jenis jenis baru namun tetap cantik. Selain memiliki warna yang indah, burung lovebird juga terkenal gacol begitu juga dengan jenis Dakocan.

Meskipun demikian ia termasuk burung yang sensitif, sehingga dibutuhkan perawatan ekstra. Hidup berkoloni di alam bebas membuat burung satu ini termasuk ramah.

2. Ciri Ciri Lovebird Jenis Dakocan

Karena banyaknya jenis dari burung Lovebird membuat pecinta burung harus mengerti ciri dari burung satu ini. Jenis Dakocan memiliki bulu yang dominan hijau, biru atau violet tergantung dari jenisnya.

Bagian kepalanya memiliki topeng hitam yang membedakan jenis dokocan dengan lainnya. Sementara untuk bagian paruhnya memiliki warna merah yang menjadi ciri khasnya. Pada bagian Lovebird Dakocan terdapat warna hitam.

gambar-dakocan

3. Jenis Jenis Dakocan

Burung satu ini memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan dari warna bulunya. Jenis ini terdiri dari dakocan biru, hijau, original dan semi dakocan. Untuk dakocan biru memiliki warna yang dominan biru. Biru muda atau pastel yang berada pada bagian leher maupun bawah ekornya.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Prenjak

Sementara untuk jenis dakocan hijau warna bulunya dominasi hijau dengan variasi kuning pada bagian leher dan juga dada dengan warna kepala hitam.

Dakocan hijau biasanya juga memiliki warna orange pada bagian dadanya. Dengan melihat tampilan fisiknya sudah bisa membedakan jenis dari burung dakocan ini. Masih ada satu jenis lagi yakni semi dakocan, dinamakan semi dakocan karena pada bagian kepalanya seperti topeng yang setengah tidak full.

Warna bagian topengnya juga tidak pekat berbeda dengan lovebird dakocan lainnya yang memiliki hitam pekat pada bagian kepalanya.

Baca juga artikel terkait tentang burung love bird :

4. Cara Perawatan

Jika anda tertarik untuk merawat burung cantik ini, maka sebaiknya menggunakan sangkar yang terbuat dari kawat. Sementara untuk makanannya menggunakan ayuran maupun biji bijian. Makanan yang disukai oleh lovebird jenis ini adalah pisang, jagung, kecambah, beras merah hingga buah anggur. Selain makanan tersebut, pemiliknya juga bisa memberikan millet yang bisa dijadikan makanan utama dan banyak digunakan oleh peternak.

Untuk setingan tipe dan karakternya sudah pasti kalian harus menyesuaikan ya baik itu tipe basah ataupun kering, dan intinya kalian sebagai perawat burung lovebird ini harus mengetahui terlebih dahulu tipikal lovebird kesayangan kalian masing-masing, agar tidak salah memberikan pola rawatan hariannya ataupun saat mau menjelang kontes ya. Tujuannya agar bisa mendapatkan durasi kerja yang maksimal baik dirumah ataupun dilapangan.

dakocan

5. Harga Lovebird Jenis Dakocan

Harga yang dipasarkan untuk memelihara burung cantik ini cukuplah beragam. Umumnya di pasaran di jual dengan harga mulai dari Rp. 150 ribu hingga Rp. 200 ribuan. Tentunya harga tersebut sesuai dengan keindahan dan kelebihan yang dimilikinya. Tentu saat ini harga yang kami update terbarunya sudah berbeda dengan tahun lalu ya, jika kita bayangkan tentu sangatlah miris harga lovebird sekarang ini yang sama-sama kita ketahui turun jauh sekali dan sangat drastis ya temen-temen.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Cucak Ijo

Setiap daerah juga menentukan harga yang berbeda untuk satu ekor lovebird satu ini. Namun bukan masalah untuk menjadikan burung Lovebird Dakocan ini sebagai koleksi bukan?.

Para pecinta burung tak hanya menjadikan burung sebagai peliharaan. Beberapa diantara juga dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Sehingga tak ada salahnya untuk menjadikan hewan cantik ini sebagai koleksi burung di rumah.

Apalagi pecinta burung berwarna warni ini juga cukup banyak. Tak menutup kemungkinan jika diternak akan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Jadi tertarik memiliki burung bersuara gacor satu ini?.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari