lovebird-pasjo

Perbedaan Lovebird Pasjo Dan Paskun

Salah satu jenis burung kicauan yang namanya tak asing lagi didengar, dimana mereka mampu menarik perhatian lantaran warna bulunya yang begitu cantik nan menawan. Adanya perkawinan silang, kini loverbird terdiri dari berbagai jenis yang bisa dibedakan dari warna bulunya.

Dari sekian banyak jenis yang ada, Lovebird Pasjo dan Paskun cukup populer di masyarakat. Agar tidak salah pilih, berikut perbedaan antar keduanya.

Memahami perbandingan burung love bird pastel ijo dan kuning


Mengenal Si Lovebird Pastel Ijo

Sesuai dengan nama yang disandangnya, burung cantik satu ini didominasi oleh bulu berwarna hijau muda yang hampir serupa dengan warna daun pisang yang masih muda. Warna hijau tersebut, diakibatkan oleh adanya pengurangan kadar Eumelanin sebanyak 50% di dalam tubuhnya.

gambar-LB-pasjo

Meski tubuhnya cenderung berwarna hijau muda, bagian sayapnya berwarna abu abu muda dan putih. Ternyata warna abu abu terang, juga bisa ditemukan di bagian kakinya.

Pada peneliti masih belum mengetahui runtutan pasti dimana dan kapan pastinya mutasi pastel hijau pertama kali ditemukan. Namun mereka memperkirakan bila si burung cantik ini muncul sekitar tahun 1935.

Mutasi dari si lovebird pasjo berasal dari spesies Agapornis Personatus, yang kemudian ditransmutasikan serta disebarkan ke seluruh jenis lovebird yang ada ( Nigrigenis, Nyasa, serta Fischeri).

Termasuk dalam jenis burung kicauan, tak jarang pula si burung cantik ini mengikuti aneka kontes di gantangan. Suara kicauannya terdengar begitu merdu nan berisik, sehingga seringkali dijadikan sebagai masteran.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

Sang pemilik lovebird dengan suara kekean yang panjang, tampaknya sangat beruntung lantaran si burung bisa menjadi aset berharga dan umumnya dihargai dengan harga tinggi di pasaran.

Mengenal Si Lovebird Pastel Kuning

Lovebird satu ini dibedakan menjadi dua jenis yang diberi nama pastel kuning kotor dan pastel kuning bersih, dimana perbedaan keduanya terletak pada kecerahan warna bulunya saja.

Dimana pastel kuning bersih, memiliki warna bulu kuning lebih cerah, sedangkan si paskun kotor warna kuning yang dihasilkannya terlihat sedikit kusam. Meski didominasi oleh warna kuning, namun warna bulunya terdapat kombinasi warna hijau semu layaknya lovebird pasjo.

pastel-kuning

Warna hijau semu tersebut, dapat ditemukan di bagain sayap dan di bagian dadanya. Selain ditemukan warna kuning dan hijau, burung ini juga memiliki warna bulu sedikit berwarna orange meski tidak banyak.

Tampaknya perpaduan ketiga warna pada tubuhnya, mampu menghasilkan warna yang cantik nan menarik untuk dilihat. Wajar saja bila orang awam pun merasa tertarik untuk memeliharanya, sejak pertama kali bertemu.

Faktanya cukup susah untuk membedakan si kuning bersih dan kuning kotor, lantaran warnanya yang bahkan hampir sama jika hanya dilihat sekilas. Dibutuhkan kepekaan khusus, ketika ingin membedakan si kembar satu ini.

Ketika membelinya, ada baiknya mengenali dulu perpedaan keduanya agar tidak merugikan diri sendiri. Meski begitu, kedua warna tersebut mampu merebut hati siapapun yang melihatnya.

Daftar Harga Lovebird Di Pasaran

Ada beberapa faktor yang membuat si lovebird ditawarkan harga yang berbeda, yaitu dari segi usia serta jenisnya. Dengan mengetahui patokan harga di pasaran, menghindari dari adanya kerugian akibat oknum yang tidak bertanggung jawab.

Lalu bagaimana dengan harga Lovebird pasjo dan paskun ? Untuk anakannya sendiri, pasar mematoknya mulai dari Rp. 250 ribuan per ekornya, sedangkan usia dewasanya dibandrol mulai dari Rp. 500 ribuan.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Prenjak Klawu Yang Bagus

Tak hanya disukai oleh para penggemar burung kicauan, warna bulunya yang bervariatif membuatnya disukai oleh banyak orang sejak pertama kali melihatnya. Dikenal sebagai burung kicauan yang memiliki banyak penggemar, lantaran termasuk urung yang begitu menggemaskan sekaligus menyenangkan untuk dipelihara.

Hanya perlu perawatan sederhana, si burung cantik ini sudah bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.