Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah Untuk Pemula

Diposting pada

Siapapun yang melihat si burung Lovebird, mungkin terbesit untuk memeliharanya lantaran warnanya yang begitu cantik nan menawan. Bahkan tak jarang para pecinta burung kicauan, memeliharanya serta mengembang biakannya.

Mengingat banyaknya peminat, membuka bisnis ini akan mendatangkan keuntungan berlipat. Namun bagaimana cara menjodohkan Lovebird dengan mudah ? Berikut ulasannya.

Cara Tepat Menjodohkan Si Lovebird


1. Mengetahui Waktu Tepat Untuk Melangsungkan Perkawinan

Terkesan sepele, namun pemilihan waktu tepat untuk menjodohkan mereka merupakan hal penting yang perlu diketahui. Setiap jenisnya memiliki musim kawin yang berbeda, dengan mengetahui musim kawin tepat maka proses perjodohan dapat berjalan efektif.

Musim kawin untuk si peach faced jatuh pada bulan April, Oktober, Februari, hingga Maret. Sedangkan Lovebird jenis fiscer, akan berkembang biak ketika mamasuki musim kemarau.

2. Mengenali Ciri Lovebird yang Siap Kawin

Ketika mereka sudah siap dijodohkan, mereka akan memberikan sebuah sinyal kepada sang pemiliknya agar mereka dipasangkan. Mungkin para pemula tidak menyadari hal tersebut, sehingga perlu mempelajari ciri ciri dan cara menjodohkan Lovebird.

burung-lovebird

Tanda yang paling terlihat jelas, yaitu mereka selalu ingin bersama meski sedang berbeda kandang. Bahkan sang jantan berubah menjadi sosok pahlawan, yang siap menyuapi sang betina idamannya.

Proses penjodohan bisa dilakukan, ketika anda menyiapkan beberapa ekor Lovebird yang sudah menginjak usia matang. Pilihlah Lovebird yang telah memasuki usia dewasa, agar menghasilkan burung berkualitas.

Jangan lupa untuk menyiapkan si jantan dan betina dalam jumlah yang sama, agar masing masing mendapatkan pasangannya. Sehingga tidak ada dari mereka yang tidak mendapatkan pasangan, ketika musim kawin tiba.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Burung Kacer

3. Bisa Membedakan Si Jantan Dan Betina

Banyak para pemula yang gagal menjodohkan burung kesayangannya, lantaran tidak bisa membedakan mana si jantan ataupun si betina. Hal ini bisa kesalahan fatal, lantaran perjodohan tidak akan berhasil ketika menyatukannya dengan sesama jenis.

Sebab ada kalanya mereka terlihat dekat satu sama lain, meski dengan jenis kelamin yang sama. Dengan mengetahui perbedaannya, anda sudah selangkah lebih maju untuk menerapkan cara menjodohkan Lovebird.

4. Sediakan Sangkar Lebih Besar

Proses perjodohan akan berlangsung dengan lancar, ketika anda sudah menyiapkan sangkar yang cocok untuk ditinggali bersama dengan pasangan dan anak anaknya kelak. Masukkan si burung ke dalam kandang yang telah disiapkan, dan tunggulah mereka melakukan proses pendekatan satu sama lain. Ketika proses perjodohan berlansung sempurna, mereka akan terlihat lebih akrab daripada sebelumnya.

kandang-penjodohan-lovebird

Selain memasukkan setiap pasangan dalam satu kandang, ada pula metode perjodohan lainnya yang disebut perjodohan koloni. Dimana cara ini hanya perlu menyiapkan kandang yang cukup besar, lantaran akan diisi dengan beberapa Lovebird sekaligus.

Mereka sendiri yang akan menentukan pasangannya, sehingga anda hanya perlu mempercayakannya dengan seleksi alam. Cara ini cukup efektif, terutama bagi pemula yang ingin menjodohkan si burung kesayangannya.

Ketika cara menjodohkan Lovebird ini telah berhasil, dapat dilihat dari perilaku setiap burung. Dimana mereka akan mulai saling berpasangan, dan mencoba saling akrab satu sama lain. Ketika dalam proses ini, silahkan pindahkan mereka ke kandang masing masing untuk mendapatkan keturunan. Jangan lupa untuk siapkan sarang bertelur, sehingga mereka bisa meletakkan telur telurnya dengan aman.

Termasuk sebagai hewan yang hidup secara berkelompok, burung peliharaan satu ini memang cukup menggemaskan untuk dimiliki. Tak memerlukan modal besar untuk bisa memeliharanya, para pecinta burung kicauan pun banyak yang mengembangbiakkannya untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Baca selengkapnya :  Ciri Dan Karakter Lovebird Pasbir Beserta Harganya

Perawatan yang diberikan pun cukup mudah, sehingga sang pemilik tidak perlu khawatir berlebihan ketika memelihara si burung menggemaskan ini.