Mengenal Ciri Burung Murai Batu Betina

Diposting pada

Sudah menjadi hobi bagi pecinta burung untuk memelihara burung kicauan. Suara burung kicauan yang unik bisa menjadi hiburan tersendiri saat didengar. Salah satu burung kicauan yang cukup banyak diminati adalah murai batu. Burung betina memiliki kicauan yang lebih unik dibandingkan burung jantan.

Sayangnya, beberapa orang masih kesulitan mengenali ciri ciri dari burung murai batu Betina. Agar lebih mudah membedakannya, yuk simak ulasam berikut.

Karakteristik dari Murai Batu Jenis Kelamin Betina


1. Keistimewaan Burung Betina

Keistimewaan dari burung ini adalah memiliki kicauan yang merdu dan unik sehingga burung ini banyak disukai penggemar burung. Keunikan karakter suara tersebut menyebabkan burung ini dijadikan sebagai andalan untuk mengikuti kontes burung.

gambar-murai-betina

Selain itu, merawat burung betina ini tergolong mudah sehingga banyak kicau mania yang memilih untuk merawatnya. Jika dibandingkan dengan kicauan burung jantan, sebenarnya suara burung betina masih berada di bawahnya.

2. Ciri Ciri Burung Betina

Untuk bisa membedakan antara burung jantan dan burung betina, maka anda harus mengenali ciri ciri dari burung ini. Burung betina memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan burung jantan. Selain itu, anda juga bisa melihat dari bentuk dan ukuran kepala.

Ukuran kepala burung betina lebih kecil dan bulat dengan mata yang tidak terlalu menonjol. Dilihat dari ciri ciri bentuk kakinya, burung murai batu betina memiliki bentuk yang lebih pendek dan cenderung lebih pipih.

Dilihat dari bentuk paruhnya, burung betina memiliki paruh yang lebih besar. Sedangkan bulu dada burung betina lebih tipis dan panjang serta memiliki warna coklat. Selain dari ciri ciri fisik, perbedaan jantan dan betina juga bisa dilihat dari suaranya.

Baca selengkapnya :  Trik Jitu Budidaya Walet Agar Cepat Sukses

Kicauan burung betinanya biasanya lebih monoton dan tidak sevariatif burung jantan yang memiliki sedikit jeda ketika nadanya yang berubah.

3. Harga Burung Betina

Burung murai merupakan salah satu burung kicau yang cukup istimewa dengan kicauan yang khas. Hal inilah yang membuat para kolektor menyukai burung ini, sehingga peluang mendapatkan keuntungan yang besar sangat terbuka lebar.

Tidak terkecuali burung betina, dimana harga jual betina trotolan berkisar antara Rp 900 ribu hingga Rp 1,2 juta. Sedangkan murai batu betina yang sudah dewasa dibandrol mulai rp 1,5 juta hingga rp 2,4 juta.

ciri-burung-murai-betina

4. Alasan Memilih Burung Betina

Meskipun burung jantan memiliki suara yang lebih merdu dan bervariatif. Namun, pemeliharaan burung betina ini juga memiliki tujuan untuk memancing burung jantan agar mengeluarkan kicauannya yang merdu.

Adanya burung betina yang mengeluarkan suara sering kali membuat burung jantan ikut berkicau dan menyahuti kicauan dari burung betina tersebut.Dengan begitu, maka pemiliknya bisa mendapatkan burung jantan yang gacor.

Baca juga artikel tentang burung murai batu :

Di sisi lain, pemilihan burung betina juga bertujuan untuk perjodohan. Adanya burung betina diharapkan bisa memancing birahi burung jantan. Kondisi ini akan memudahkan keduanya untuk kawin. Dengan begitu, maka burung murai batu betina bisa lebih cepat bertelur. Biasanya hal ini dilakukan bagi mereka yang memang ingin berternak burung ini.

Itulah beberapa karakteristik dari burung betina, suara dan harganya. Jika dilihat secara fisik, tubuh betina cenderung lebih kecil dan pendek dan kepalanya cenderung bulat dan berukuran kecil.

Selain itu, paruh burung betina cenderung lebih besar. Pemilihan burung betina betina biasanya untuk memancing burung jantan agar semakin rajin berkicau. Selain itu, tujuan lain adalah untuk melakukan perjodohan antara burung jantan dan burung betina.