Murai Batu Nias

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Murai Batu Nias merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari masyarakat. dimana bagi sebagian pecinta kicau mereka berpendapat bahwa jenis burung murai batu yang ini memiliki kualitas sebaik murai batu medan.

Unggas yang satu ini terkenal karena kemampuannya menirukan suara beberapa burung. Meskipun demikian dilapangan sendiri tidak banyak ditemui jenis murai nias ini dikarenakan memang populasinya yang

kian menurun baik itu di alam habitat aslinya akibat dari perburuan liar seiring popularitas murai batu kian menanjak pesat dan harga jualnya yang tinggi dari tahun ke tahun, di penangkaran

sendiri tak banyak yang membudidayakan jenis murai nias ini dimana mereka biasanya fokus ke murai batu medan dimana konon lebih banyak dicari dan diminati dengan harga jual yang lebih menjanjikan.

Tetapi sebenarnya kemampuan bernyanyi dari jenis murai batu nias ini tak kalah kualitasnnya baik itu dari variasi kicauan maupun volume suara yang dikeluarkan dimana dia bisa fighter dan garang disertai kemerduan yang enak didengar.

Nah daripada kalian semakin penasaran saja dengan spesies murai yang satu ini, yuk langsung saja kita akan mengulik informasi selengkapnya di artikel ini baca sampai habis ya man teman.

murai-batu-nias-raja

Mengenal Lebih Jauh Burung Murai Batu Nias

Ciri – Ciri

Karena ciri dari murai batu ialah berekor panjang, murai nias memiliki panjang ekor berkisar antara 20 sampai dengan 25 cm. Meskipun tak sepanjang murai batu medan yang mencapai 30 cm lebih.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Pasaran Burung Poksay Terbaru Terlengkap 2021

Memiliki volume dan kejernihan suara yang melebihi jenis murai batu lain atau dengan kata lain suaranya lebih berkualitas dibandingkan jenis yang lainnya. dia juga termasuk yang memiliki daya ingat tinggi.

Pada bagian ekornya dia memiliki bulu panjang yang berwarna hitam pekat. Sangat mudah dijinakkan karena dia sangat mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan barunya, sehingga tidak mudah stres

terlebih untuk burung lomba yang selalu dibawa kesana – kemari dari satu arena ke arena gantangan burung yang lain. karena memiliki daya ingat yang baik dia mampu dimasteri dengan mudah.

Habitat Asli

Sesuai dengan namanya, kita sudah bisa tahu dia berasal dari kepulauan nias dan disana masyarakatnya menyebutnya murai batu nias raja. memasng masih termasuk wilayah pulau Sumatra.

Selain di nias dia juga banyak ditemukan diwilayah sabatng bagian terujung pulau. Dia banyak ditemukan di daerah hutan tropis disepanjang bukit barisan dan dialamnya dia termasuk memiliki mental yang sangat tangguh.

ciri-murai-nias-asli

Makanan

Secara alamiah dia termasuk hewan pemakan serangga. dia memakan jangkrik, belalang, laba-laba dan beberapa jenis serangga kecil lainnya yang ditemui di area tempat dia hidup. Sehingga dalam perawatan

kalian bisa memberikan dan mengajarinya untuk makan voer sebagai makanan utamanya karena kandungan gizinya yang sudah pas. selain itu ada ef lain seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong serta ulat kandang yang bisa kalian temui dengan mudah di kios burung.

baca juga : cara memaster murai batu dengan mp3

Harga Jual Pasaran

Menurut beberapa kios burung yang kami jadikan acuan untuk harga burung didaerah kami serta pantauan dari marketplace online kami bisa menyimpulkan bahwa harga jual dari murai batu nias dipasaran

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Kenari Kalitan Yang Bagus

tergolong tinggi untuk burung jantan bakalan dibanderol dengan harga Rp1.000.000 sampai dengan Rp1.500.000 per ekornya. dan yang sudah gacor dihargai dengan nilai Rp2.000.000 per ekornya bahkan bisa lebih

untuk yang sudah meraih gelar juara. dan untuk yang betina mencapai Rp500.000 sampai Rp1.000.000 per ekornya tergantung dari trah indukan yang dimilikinya karena memang betina biasanya dibeli sebagai indukan untuk reproduksi.

pola-ekor-murai-batu-nias

Bagaimana apakah kalian tertarik memelihara murai batu nias ini ? terimakasih banyak sudah membaca artikel dari suhukicau semoga informasi ini dapat menginspirasi kalian. Jaga selalu kesehatan semoga kita selalu diberi kesehatan dan kesuksesan.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari