Setelan Kacer Lomba

Diposting pada
Rate this post

Halo sahabat kicau semua kembali lagi kami akan memberikan ulasan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi kalian tentang Setelan Kacer Lomba yang memang penting banget untuk burung yang mau di lombakan di gantangan burung.

Memang tidak mudah untuk menemukan setelan atau setingan untuk kacer lomba, kita pastinya harus melakukan percobaan-percobaan dan terus menurunkannya baik itu latber maupun even perlombaan dan mereview hasilnya.

Setingan yang benar memang harus mengikuti karakter dari si kacer yang kita miliki. Kalau setinggan nya benar dan sesuai dengan si burung tentunya dia akan tampil maksimal ketika di arena kontes kicau.

Kalau tak sesuai tentunya si burung akan kalah dengan yang lain yang memang berada di performa terbaiknya. jadi intinya kita harus memahami karakter kacer kesayangan kita dan melakukan setingan sebelum lomba

dan perawatan pasca lomba yang sesuai sehingga tidak membuatnya onfire sebelum naik gantangan dan tidak membuatnya kecut atau stres ketika dia menghadapi kekalahan yang kemungkinan di alaminya.

Nah dari pada kalian semakin penasaran dengan cara menyetel kacer sebelum di gantang, pastikan kalian membaca artikel nya sampai habis yang sahabat kicau semua, selamat membaca .

setingan-kacer-sebelum-lomba

Berikut Setelan Burung Kacer Sebelum Turun Ke Arena Kontes

1. Atur Pola Pemberian Pakan

Makanan yang kita berikan untuk perawatan biasa tentunya akan berbeda dengan sebelum diturunkan ke arena gantangan biasanya setingan lomba dimulai dari tiga hari sebelum diturunkan keperlombaan.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang

Misalnya pada hari minggu yang disebut hari H setelan lomba dimulai dari h-2 pada hari jum’at. untuk voer seperti biasanya saja tidak berbeda yang beda ialah pemberian EF atau ekstra foodingnya.

h-2 lomba jangkrik diberikan dengan jumlah yang berbeda dari biasanya kalau kami pakai. Biasanya kami memberikan 6 ekor jangkrik yang dibagi menjadi 3 pagi dan 3 sore tanpa tambahan kroto.

untuk h-2 mulai ditambah menjadi 4 dipagi dan 4 ekor sore hari dan pada siang hari berikan 1 sendok makan kroto sehingga jangkrik menjadi 8 ekor. di h-1 jadi di hari sabtu kalian tambah lagi porsi ef nya.

Jangkrik ditambah menjadi 5 ekor pagi dan 5 ekor sore serta kroto ditambah menjadi 2 kali pemberian siang hari 1 sendok makan dan malam 1 sendok makan setelahnya tutup kerodong dan biarkan

dia beristirahat sampai nanti besok di hari h sehingga birahinya akan maksimal naik jadi ketika digantangan dia akan beradap di performa terbaik yang dimiliki nya dan biasanya si burung

juga sudah mengerti dengan pola setingan seperti itu. dan di hari dia diturunkan lomba atau hari h setingan makanannya tetap seperti biasa yaitu 3 ekor pagi dan 3 ekor sebelum berangkat tanpa diberikan kroto.

2. Mandikan Dengan Benar

Cara memandikan burung juga tentu berbeda dari biasanya, dimana pada pagi hari dia rutin dimandikan untuk perawatan h-2 di hari jumat burung sudah tidak perlu dimandikan lagi jadi setelah diberi ef

langsung dijemur dibawah sinar matahari sekitar 30 menit cukup dan setelahnya di gantung ditempat yang lebih sejuk. tetapi kandang harus tetap dibersihkan secara rutin. selanjutnya

di h-1 juga burung tidak perlu dimandikan sampai pada hari h dipagi hari burung masih tidak perlu mandi tetapi pengembunan dan penjemuran tetap dilakukan dan burung kembali dimandikan diwaktu kalian sebelum berangkat ke arena lomba.

Baca selengkapnya :  Penyebab Kacer Sering Angkat Kaki Sebelah Beserta Solusinya

Pemandian ini bertujuan supaya si burung lebih segar sehingga nanti penampilannya lebih optimal dan setelah mandi kembali diberilan jangkrik 3 ekor setelah itu silahkan berangkat.

setingan-kacer-lambat-panas

3. Jemur Burung Teratur

Meskipun durasi penjemuran hari biasa dengan setingan lomba durasinya berbeda dimana pada h-2 durasi penjemuran jangan terlalu lama. biasanya kalian menjemur selama 30 sampai 1 jam, untuk setelan perlombaan

burung dijemur cukup 15 menit perhari sampai hari h lomba. kenapa dikurangi? supaya stamina tetap terjaga untuk nanti ketika dia berada di arena gantangan jadi stamina yang dia miliki tak cepat habis terkuras.

4. Cara Memaster Burung

Memaster burung ada dua cara yang biasa digunakan pecinta kicau. cara pertama ialah cara langsung, dengan mempertemukan atau mendekatkan burung kacer ke burung gacor yang menjadi materi isiannya.

cara ini sebenarnya efektif dan akan cepat direkam oleh si kacer, kemungkinan karena gelombang suara yang alami sehingga cepat direkam. dan cara yang ke 2 dengan memperdengarkan rekaman suara burung

yang banyak dipakai ini karena lebih mudah karena tidak perlu membeli atau merawat burung masteran dan juga kalian bisa lebih lama memasteranya tentunya sudah banyak suara burung yang kalian bisa unduk secara gratis.

5. Materi Masteran / Isian

Untuk burung kacer lomba disarankan memiliki suara dari burung-burung ini yang akan menjadi nilai tambah dihadapan para juri, seperti suara burung :

1. cucak jenggot
2. kapas tembak
3. cucak ijo
4. cililin
5. kenari
6. jalak suren
7. tengkek buto
8. konin atau kolibri ninja
9. lovebird

jika burung kalian memiliki beberapa suara yang mendominasi meskipun tak harus semua misal ada 3 suara jenis burung yang menonjol maka kemungkinan besar kacer kesayangan anda akan menang lomba.

Baca selengkapnya :  Inilah Manfaat Madu Untuk Kacer Supaya Cepat Gacor

6. Pahami Karakter Burung

Dari setelan lomba diatas kalian tentunya sudah harus memahami karakter yang dimiliki burung kesayangan anda apakah dia cepat panas atau dia lama panasnya yang biasanya kacer bertipe dingin sehingga

waktu-waktu dan perawatan yang kalian lakukan bisa kalian modifikasi sesuai dengan karakter yang dimikili kacer anda. selain itu disarankan jangan menurunkan lomba setiap minggu paling tidak sebulan sekali dan setiap minggu latberan saja.

nah bagi kalian yang masih bingung untuk mencari setingan burung kacer, silahkan cek di artikel kami sebelumnya seputar : cara setting harian kacer

Itulah tadi setelah kacer lomba yang kami sarankan untuk dilakukan ke burung kesayangan anda, dan juga rawat yang baik dalam kesehariannya sehingga dia tidak mudah drop nantinya. terimakasih sudah membaca di suhukicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari