Ciri dan Karakter Burung Tledekan Gunung Perawatan, dan, Harga

Diposting pada

Buat kalian pecinta burung kicau, sudah pasti tahu tentang burung tledekan gunung ini. burung ini merupakan burung kicau yang banyak diminati loh people. Burung tledekan satu ini ternyata memiliki kiacuan burung yang berdeda-beda bahkan hingga bervariasi antara tledekean berjenis kelamin jantan dengan tledekan berjenis kelamin betina.

Ternyata burung satu ini meskipun banyak sekali yang minat untuk memilikinya, tidak banyak bahkan bisa dikatakan jarang ditemukan perlombaan khusus untuk jenis burung satu ini. Maka dari itu, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka peluang bisnis loh people, dengan cara membuka peternakan burung ini.

Buat kalian yang ingin memanfaatkan peluang ini, yuk simak mengenai ciri-ciri dan karakter burung satu ini beserta cara merawatnya.

Ciri-Ciri Dari Burung Tledekan Yang Harus Kamu Ketahui

Yang pertama sudah pasti dari segi bulu dan warnanya nih people. Burung jenis ini memiliki bulu yang berwarna biru tua pada bagian punggunya serta warna hitam pada bagian wajah dan sekitar mata juga berwarna hitam, Panjang tubunya pun mencapai 8 cm hingga 10cm.

Jika people perhatikan, pada bagian dahi dan alis burung tledekan gunung memiliki warna seperti biru muda. Sedangkan di bagian dada, tenggorokan serta sisi tubuh burung tersebut memiliki warna hampir jingga dengan perutnya yang berwarna putih.

Untuk membedakan antara burung tledekan yang berjenis kelamin jantan dan betina sangat mudah dikenali. Burung yang berjenis kelamin jantan jika masih anak-an akan memiliki warna pada bulu sedikit hitam kebiru-biruan pada sisi tepi sayap dan ujung ekornya, sedangkan yang berjenis kelamin betina ketika anak-an memiliki warna bulu sedikit coklat kusam yang berada pada tepi sayap dan ujung ekornya juga.

Baca selengkapnya :  Inilah Manfaat Madu Untuk Kacer Supaya Cepat Gacor

Ketika anakan, burung jantan akan memiliki warna biru muda pada bagian sisi tubuh atas dan berubah dengan biru tua ketika dia sudah beranjak dewasa, sedangkan yang terjadi pada betina akan berubah menjadi cuklat kusam dari ujung kepala hinga mencapai ujung ekor.

img-tledekan

Karakteristik Dari Burung Tledekan

Burung tledekan gunung termasuk pada golongan burung yang pintar, karena dia bisa menirukan kicauan burung yang lain. Menjadi dasar dari banyaknya peminat pada burung ini karena warna yang ia miliki sangat mencolok. Makanan alami dari burung tledekan ini adalah serangga kecil dan juga ulat.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa burung tledekan ini juga memakan buah. Habitat burung tledekan ini tersebar di India, Thailand, Kamboja, Nepal, China dan juga Bhutan. Sedangkan di Indonesia sendiri berada di daerah Kalimantan, Sumatera dan Jawa tentunya.

Perawatan Burung Tledekan

Perawatan yang diberika pada burung ini juga tergolong tidak terlalu ribet. Yanng pasti jangan lupa untuk membersihkan kandangnya setiap hari. Memandikan burung tledekan gunung juga penting untuk dilakukan, jadi bukan hanya yang punya saja yang butuh mandi (sekitar pukul 07.30).

Dengan menggunakan semprotan yaa people. Setelah dimandikan, jemur burung tledekan kurang lebih 1 hingga 2 jam. Letaknya kandang atau bisa kamu gantung saja dan angin-anin kan selama kurang lebih 10 – 15 menit.

Jangan lupa untuk memberikan pakan burung loh people, jika tidak ingin hewan langka peliharaanmu mati.

Makanan yang disukai

Berikan pakan burung berupa voer dan air minum yang tidak boleh sampai kosong di kandang (bisa kamu berikan extra fooding juga berupa jangkrik, kelabang, belalang, cacing hingga ulat). Setelah itu di malam hari jangan lupa untuk kamu kerodong ya poeple, jangan sampai dia merasa dingin dimalam hari yaa.

Baca selengkapnya :  Perawatan Burung Cucak Rowo

Harga burung tledekan di pasaran

Bagi anda yang ingin memelihara burung ini, untuk harga burung tledekan dipasaran bermacam-macam dan bervariasi ada yang dari 50 ribu untuk tledekan gunung trotol sampai 250 ribu bagi yang sudah dewasa.

harga-tledekan-gunung

Namun berbeda dengan burung tledkan yang sudah gacor dan pernah dipelihara atau dirawat oleh pemilik sebelumnya, yang dimana harga tidak bisa diukur dengan kualitas dan kondisi burung saat ingin dibeli.

Demikian info yang dapat kami berikan, semoga dapat menjadi arti untuk menambah pengetahuan anda didunia burung kicau.