korlap-kolibri-kelapa

Ciri Burung Kolibri Kelapa

SuhuKicau.com – Terkenal dengan bulunya yang terlihat mengkilap metalik nan khas, tampilan burung Kolibri Kelapa terlihat begitu mempesona. Keindahan warna bulunya semakin meningkat, ketika terkena dengan sinar matahari seakan seperti berminyak dan semakin mengkilap.

Tak hanya unggul secara visual, suara kicauan yang dihasilkannya pun tak kalah indah. Sebelum membelinya, mari kenali lebih dalam mulai dari ciri cirinya hingga suara yang dihasilkannya.

Mengenal lebih dekat karakter jenis burung kolibri kelapa

Karakteristrik Si Burung Cantik

Penampilannya memang begitu menarik, namun jangan lupa bila suara kicauan yang mampu dihasilkannya tak kalah mencuri perhatian. Ketika si Kolibri sudah mulai bersenandung, suara khas nan merdunya begitu menyenangkan hati. Sehingga tak perlu heran bila burung populer ini, banyak diminati oleh penghobi burung kicauan. Sejak pertama kali melihatnya, dijamin anda juga tak ingin melewatkan untuk menjadikannya sebagai burung peliharaan.

Sebelum membelinya, dianjurkan untuk bisa membedakan Kolibri jantan dan betinanya. Cukup mudah untuk bisa membedakannya, terutama dari segi penampilan saja rasanya sudah terlihat dengan jelas. Sebab Kolibri jantan memilki warna kebiruan di bagian kepala hingga punggungnya, dimana warnanya tersebut tampak berkilau yang indah. Sedangkan untuk betinanya, memiliki warna keabu abuan pudar mulai dari bagian kepala hingga punggung.

Ciri lain yang bisa membedakan antara jantan dan betinanya, juga bisa dilihat dari warna sayapnya. Dimana sang betina burung Kolibri Kelapa memiliki sayap berwarna hijau tua nan pudar, sedangkan sayap sang jantan terlihat abu abu dengan pinggirannya yang berwarna biru yang menambah kecantikannya. Jika diperhatikan dengan seksama, warna leher sang jantan berwarna kuning pekat, sedangkan betinanya berwarna kuning pudar.

kolibri

Suara Merdu Si Burung Cantik

Selain dari segi warna, postur tubuh antara jantan dan betina Kolibri juga berbeda. Sang pejantan terlihat memiliki paruh yang panjang nan tebal, namun bagian kepalanya terlihat besar nan cepak. Postur tubuh sang betina memiliki bentuk paruh yang lebih tipis nan pendek, dengan bentuk kepalanya yang terlihat lebih kecil nan lonjong. Apabila sang betina terlihat lebih pendek nan gemuk, justru sang jantan terlihat memanjang nan ramping.

Baca selengkapnya :  Ciri Burung Murai Batu Aceh

Lalu bagaimana dengan suara kicauan yang dihasilkan dari si burung cantik ini ? Dari segi suara memang tidak ada yang perlu diragukan diantara keduanya, namun antara jantan dan betina menghasilkan suara yang sedikit berbeda. Suara kicauan yang dihasilkan sang jantan, terdengar begitu keras namun bisa menghasilkan suara yang bervariasi. Suara sang betina memang tidak bervariatif seperti sang jantan, dan suara kicauannya terkesan lebih tipis nan kecil.

Jika dilihat secara keseluruhan, burung cantik ini miliki volume suara kicauan yang cukup keras. Dengan kelebihannya tersebut, tak jarang pemiliknya memanfaatkan suara nya tersebut sebagai masteran untuk burung kicau yang akan mengikuti kontes di gantangan. Sudah bukan lagi sebuah rahasia, cara ini sebenarnya sudah banyak digunakan oleh beberapa orang ketika ingin memasterkan burung kicau kesayangannya.

Perawatan yang Perlu Diberikan

Tergolong cukup sulit dari segi perawatan, sebab Kolibri memang memerlukan perhatian ekstra jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Tingkat kesulitannya, sebenarnya terletak dari bentuk paruhnya yang kecil nan panjang menyulitkan mereka untuk menyantap pakan yang telah disediakan. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi burung Kolibri Kelapa yang memiliki bentuk paruh relatif lebih besar, sehingga perawatannya pun tidak terlalu sulit.

Sedangkan untuk perawatan lainnya, hampir sama ketika merawat burung kicauan lainnya. Yang membedakannya, si pemilik burung cantik ini haus menyediakan minum manis untuk menggantikan nektar yang bisa didapatkannya dengan mudah di habitat aslinya. Sang pemiliknya juga perlu menyediakan pakan tambahan seperti voer hingga kroto, sebagai menu harian. Lalu bagaimana dengan cara perawatan tubuhnya ?

Pada pukul 5 pagi, sang burung cantik ini harus diembunkan di halaman rumah selama kurang lebih satu jam. Hal ini perlu dilakukan, untuk menstabilkan birahi serta mempercepat si burung untuk cepat gacor. Setelah itu, silahkan turunkan sangkar dan gantilah air minumnya dengan yang baru. Dianjurkan untuk meletakkan gantangan di tempat yang terkena matahari, ketika mereka dimandikan sekaligus dijemur selama beberapa menit.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Murai Batu Jambi

Sang burung yang sudah terlihat terbang kesana kemari, menandakan bila proses penjemuran sudah cukup dilakukan. Letakkan burung Kolibri Kelapa di tempat yang lebih teduh, dan angin anginkan seperti biasa. Dalam kondisi tersebut, umumnya mereka akan mulai berkicau dengan suaranya yang merdu nan menyenangkan untuk didengar. Melihat matahari mulai tinggi, silahkan masukkan gantangan ke dalam rumah.

Persebaran Si Kolibri

Berdasarakan informasi yang didapatkan, burung cantik ini tersebar di kawasan Asia. Informasi tersebut semakin diperkuat dengan bukti bahwa, dari semenanjung Malaysia hingga Indonesia, cukup mudah untuk menemukan burung satu ini. Sedangkan penyebarannya di Indonesia sendiri, dapat dijumpai di beberapa wilayah. Beberapa provinsi yang diketahui sebagai tempat penyebaran Kolibri terdiri dari Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Sunda.

Biasanya burung satu ini banyak ditemui di dataran rendah seperti perkebunan, semak semak dekat pinggir pantai, pekarangan yang ditumbuhi banyak tanaman, serta di sektiar hutan mangrove. Burung ini cukup unik, karena mereka tidak akan suka ketika wilayah yang ditempatinya untuk mencari makan dimasuki oleh burung lain. Ketika mereka menemukan burung tersebut, si burung cantik ini akan mengusirnya.

Tergolong sebagai burung madu, di habitat aslinya mereka cenderung mencari pakan yang berbeda ketika mereka dipelihara di sangkar. Pakan favorit si burung Kolibri Kelapa ketika berada di alam liar tak lain dan tak bukan meliputi nektar yang ada di bunga cantik, serangga, ulat, berbagai buah segar yang memiliki daging lembut, dan masih banyak lagi.

Mereka cenderung mencari makan di sepanjang cabang yang tertutupi palis epifit yang merawat ataupun membalik daun. Sebab bagian tersebut para serangga bersembunyi, agar tidak mudah dimangsa. Sedangkan pakan nabati yang sangat disenanginya terdiri dari rambutan, simpur, nektar bunga, beberapa serangga kecil, serta Mahang. Semua makanan tersebut diperlukannya, untuk memenuhi tumbuh kembangnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Karakter Murai Batu Bahorok

Musim Kawin Untuk Si Kolibri

Bulan Februari hingga bulan September di Thailand, merupakan waktu yang tepat sebagai musim kawin si burung cantik ini. Sedangkan di Sumatera sendiri, bulan yang tepat untuk melangsungkan perkawinan jatuh pada bulan Juni. Sedangkan di beberapa daerah lainnya, terlihat bahwa burung ini mulai membangun sarang mulai dari bulan Desember hingga Agustus. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat sarang bagi anak anaknya ?

Umumnya burung Kolibri Kelapa akan memanfaatkan rumput ataupun jaring laba laba, sebagai bahan utama pembuatan sarangnya. bentuk sarangnya terlihat seperti kantung, mereka meletakkan sarangnya dengan cara menggantung di atas pohon. Untuk satu sarangnya, hanya bisa memuat 2 butir telur saja. Apabila lebih dari jumlah tersebut, perkembangan telur dianggap tidak sempurna.

Terkenal dengan kecantikan tubuhnya yang terlihat mengkilap, siapapun yang melihatnya akan terpukau dan ingin segera meminangnya. Tak hanya keindahan bulunya, suara kicauan yang merdu nan khas juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membelinya sebagai koleksi burung kicauan lainnya. Dengan keunikan yang dibawanya, tidak heran bila burung satu ini cukup diminati banyak masyarakat.

Adapun harga burung kolibri kelapa dipasaran saat ini berkisar 75 ribu sampai 100 ribu rupiah untuk yang masih bahan dan bunyi masih semaunya. Berbeda dengan harga burung yang sudah gacor bisa mencapai 150 – 200 ribu.

Cukup informasi yang dapat kami berikan tentang burung kolibri kelapa yang ada di indonesia. Semoga bermanfaat untuk teman-teman kicau semua.