Cara Mengatasi Murai Batu Cabut Bulu

Diposting pada

Assalamualaikum wr. wb. Kembali lagi masih bersama situs Resmi suhukicau.com, yg dimana pada pembahasan kali ini kami akan memberikan tips cara mengatasi murai batu cabut bulu, kembali ke topik khusus pecinta murai batu mania dimanapun kalian berada.

Dalam hal pemberian rawatan kepada setiap jenis burung tentu berbeda-beda ya dari kasus dan tingkatan masalahnya, terlebih untuk burung mewah seperti murai batu, tentu kalian harus lebih inten dan selalu pantau perkembangan burung setiap harinya, dari apa yang telah kalian berikan, baik itu perawatan harian ataupun pakan nya juga ya.

Bagi temen-temen yang mengalami permasalahan ini ataupun yang belum, tentu harus paham juga agar nantinya kalian bisa mengantisipasi agar burung murai kalian tidak sampai terjadi hal seperti ini lah ya, yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Penyebab Murai Batu Cabut Bulu (Kanibal)


Kutu

Awalnya bisa disebabkan juga karena adanya kutu burung yang mengganggu kulit burung ya, sehingga burung selalu merasa kegatalan di setiap waktu dan akhirnya sering mematuki dan mencabut bulu yg merasa gatal tadi, dan akhirnya si burung ini kebiasaan, terkadang mencabuti sayap, bulu dada hingga ekor.

Over Birahi

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan si burung murai batu ini memiliki tingkatan emosinya yang tinggi namun powernya kurang, alhasil nantinya juga akan berujung pada over birahi pada murai batu yang bukan alami ya, namun karena kondisi tertentu yang bisa membuat situasi seperti ini, contohnya saja salah dalam hal rawatan harian, seperti si perawat ini tidak mengetahui karakter si burung,

yang dimana si burung ini memiliki mental yg sangat fighter, lalu kalian memberikan EF pakan hariannya kurang tepat dan tidak seusai dengan asupan kebutuhan si burung tersebut ya, serta tidak di imbangi dengan pelatihan seperti membawanya ke gantangan, atau di latih di kandang umbaran. Yang ada emosi dan birahinya tertumpuk dan tidak terlampiaskan, ujung-ujung si burung ini akhirnya mencabuti bulunya sendiri.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Merpati Agar Juara

Karakternya

Nah untuk yg ketiga ini dari karakternya yang memiliki kebiasaan mencabut bulu ya kalau tidak diubah ke biasanya akan terus seperti itu,

sebelum teman-teman mencoba menangani masalah yang terjadi pada murai batu yang teman-teman punya teliti dulu masuk ke kategori mana Murai Batu ini ya ?. Apakah masuk yang ke pertama, gara-gara kutu !. atau karena si murai ini terlalu over birahi (fighter yg tinggi) atau juga mungkin karena kebiasaan dari kecil seperti itu.

Jika sudah kalian analisa terlebih dahulu mencoba menerapkan metode apa yang sesuai untuk penanganan masalah karakter murai batu cabul (cabut bulu) yang teman-teman punya itu, secara garis besar tiga hal itulah yang sudah dijelaskan diatas ya, nah sekarang cara menanganinya seperti apa !.

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Cabut Bulu


Penanganannya Yg Disebabkan Karena Kutu

Yang pertama jenis burung cabut bulu karena kutu itu karena bulunya ada kutuan pastinya, nah disinilah faktor kebersihan kandang dan aksesoris kebersihan di dalam kandang yang berpengaruh,

bagi temen-temen khusus untuk murai batu kadang-kadang banyak teman yang hanya membersihkan karpet dan tangkringan nya saja serta lupa bahwa di selah-selah jeruji bawah itu sering melihat bekas-bekas pakan kotoran yang jarang teman-teman bersihin ya, atau bahkan sama sekali.

Dan hal lainnya lagi yaitu kerodong, karena fungsi dari kerodong ini sering dipakai untuk menutupi burung setiap siang ataupun malam hari, jika kerodong ini kotor dan penuh dengan kuman atau bakteri tentu salah satu faktor juga untuk membuat si burung bisa terkena kutu.

cara-mengatasi-burung-kanibal

Perhatikan juga dari segi pemandian dan penjemurannya, jika cuaca terik (panas) maka burung wajib dimandikan ya, lalu rutinlah setiap hari untuk menjemurnya dengan durasi sesuai dengan kebiasaan / karakter burung kalian, dan ketika cuaca tidak ada panas, maka sebaiknya burung jangan dimandikan karena tidak kejemur ya.

Dalam hal pemandiannya kalian bisa menggunakan shampo pembasmi / pencegah kutu yang ampuh, seperti contohnya : jati jajar, total medibirds, phoniex atau jenis merk lainnya yag kiranya dapat digunakan dua minggu sekali ya. Dan bersihkan seluruh sangkarnya dengan menggunakan obat minimal 3 minggu sekali berikut kerodongnya di cuci juga ya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Terbukti Ampuh

Nah bagi temen-temen yang ingin menggunakan bahan alami untuk membasmi kutu burung yang sudah pernah saya coba dan terapkan berdasarkan pengalaman, dan aman untuk burung murai, kalian bisa menggunakan daun serai (sereh) ya, yang di geprek lalu di rebus, setalah itu air rebusan daun sereh itu jika sudah dingin baru kalian pakai untuk memandikan burung dan menyemprotkan ke seluruh kandangnya ya.

cara-mengatasi-murai-batu-cabut-bulu-ekor

Penanganannya Yg Disebabkan Karena Over Birahi

Murai yang Cabut bulu karena tipikal emosi yang tinggi atau istilah kerennya over emosi burung dengan tipikal seperti ini jika dibiarkan lama-lama karena dia memendam amarahnya akhirnya melampiaskan ke tubuh sendiri gitu,

nah kalau dibiarkan akan merembet kemana-mana akhirnya tidak akan kondisi yang cocok di lapangannya dan cara penanganannya Seperti apa ini banyak temen-temen yang kurang tepat menangani masalah ini gitu.

Burung dengan masalah seperti ini jangan menghilangkan ekstra foodingnya ya temen-temen, justru asupan pakan tambahan itu yang kurang !. Fungsi jangkrik untuk murai batu adalah untuk menambah tenaga jadi semakin banyak jangkrik yang dikonsumsi semakin banyak tenaga atau powernya yang dipunya oleh burung ya,

dengan asupan EF yang kurang, serta burung ini memiliki fighter tinggi tapi tidak dilatih fisiknya di kandang umbaran itu dan bahkan pemberian jangkrik hariannya malahan dipangkas, atau dihilangkan !, nah ini yang menjadi kesalahan besar ya, ini jangan sampai kejadian lagi ya teman-teman kasus seperti ini.

Baca juga artikel lainnya : jenis makanan burung murai batu,

Nah solusinya kalian bisa menambahkan porsi jangkrik, kroto atau mengganti voernya yang memiliki protein tinggi seperti nanjung 105 ataupun super FIT juga boleh.

Penanganannya Yg Disebabkan Karena Karakternya

Catatan : Jika kandang sudah bersih, dan porsi EF juga sudah di naikkan (ditambah) namun si burung masih seperti itu juga, mungkin disebabkannya karena faktor kebiasaan ya temen-temen.

Kok bisa !. contoh seperti ini : ada tipe kalau orang yang senang memelihara jadi kadang-kadang ada orang rata-rata sih yang nggak pernah main ke lapangan ya sekedar senang burung bunyi-bunyi di rumah gitu kan,

jadi dia beli dari murai batu trotol udah ada di begitu saja tidak pernah dimasukin ke keramba mandi, tidak pernah diumbar cuma dikasih jangkrik, pur dan bersih kandang gantung kayak begitu aja setiap harinya.

Baca selengkapnya :  Bagus Mana Murai Ekor Panjang Atau Pendek Untuk Lomba

Awalnya bisa karena kutu dan over birahi juga yang tidak diketahui oleh perawatnya yg kurang paham ya, dan akhirnya burung cabut bulu dan dibiarkan begitu saja,

setelah kondisi burung ini pindah tangan ke orang lain yang merawatnya, kebetulan mungkin pemain lapangan, akhirnya kepusingan sendiri nanganin hal yang seperti itu, nah untuk kasus yg seperti ini kalian harus mengubah burung kebiasaannya Bagaimana cara mengubahnya ?.

Nah ini ada salah satu tips yang sudah di buktikan hasilnya ya, berdasarkan pengalaman para pemain senior murai batu, biasanya pakai bawang merah ya ya temen-temen.

Lho kok harus pakai bawang merah ?. Ini diapain !.

Kalian bisa berikan bawang merah yang diparut lalu ditumbuk sampai halus di balurin ke tubuh / bulu-bulu burungnya secara merata ya, Tidak usah khawatir ya, secara logika masuk akal ya temen-temen.

cara-mengatasi-burung-murai-batu-cabut-bulu-sayap

Apa khasiat dari bawang merah itu ?. Begini aja deh, jangankan si bawang merah ini ditumbuk ya, diiris aja bikin perih ke mata lho..

Nah logika nya jika burung kalau sudah di baluri dengan bawang dengan aroma bawang serta zat yang terkandung di bawang ini bisa mengobati virus, bakteri yang ada di bulu serta tubuhnya, dan membiasakan secara tidak langsung si burung enggan mau mematuki bulunya sendiri karena faktor bau yang menyengat itu ya.

Dan lama-kelamaan burung akan terbiasa, dan terapi ini cukup ampuh dan sering digunakan juga untuk mengobati burung cabut bulu ya, bukan untuk murai saja bahkan untuk jenis yang lainnya juga sering terapkan.

Nah sekiranya menurut kalian burung sudah kepantau tidak cabut bulu lagi baru hentikan penggunaan bawang merah ini ya, dan hal yang harus di ingat dengan cara ini merupana alternatif terakhir ya, yg boleh kalian coba.

Demikainlah tips seputar cara mengatasi murai batu cabut bulu, yg kiranya bisa menambah wawasan murai batu mania semua, semoga dapat bermanfaat ya, salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari