Makanan Kesukaan Burung Murai Batu

Diposting pada

makanan burung murai – kembali masih bersama SuhuKicau.Com yg dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar jenis makanan burung murai batu yang aman, dan layak untuk di konsumi burung kesayangan kalian agar selalu sehat dan gacor pastinya.

Dalam hal rawatan harian ataupun setingan untuk lomba, terkadang banyak yang aneh-aneh ya, terutama dalam hal pemberikan pakan nya!. Terlebih lagi bagi para kicaumania yang masih baru (pemula) banyak melakukan eksperimen yang sangat berbahaya saat memberikan makanan bagi burung marui batunya!.

Nah disini kami sebagai senior dan sudah banyak riset dan pengalaman kami di dunia perburungan khususnya murai batu, akan meluruskan serta memberikan arahan bagi temen-temen pemula murai batu mania agar tidak asal-asalan lah ya dalam memberikan makanan burung murai, karena jika tidak tepat dan sesuai ekspetasi akan berdampak buruk dan bisa menimbulkan masalah baru bagi kalian sendiri.

Yuk langsung aja kita simak pembahasan selengkapnya dibawah ini :

Apa Makanan Burung Murai ?


Pakan Harian Utama

Jenis pakan pur ini merupakan salah satu makanan yang wajib diberikan setiap hari dan harus selalu tersedia di dalam wadah cepuk pakannya ya, namun kira-kira apa ya pakan voer murai batu terbaik yang bisa kita berikan sebagai makanan pokok hariannya ?.

Selain pur pakan yg harus diberikan setiap harinya adalah EF jangkrik, karena jangkrik ini banyak mengandung protein tinggi yang baik dan mampu menyeimbangkan asupan yang dibutuhkan oleh burung murai untuk membentuk tenaga dan menambah emosi berkicaunya agar lantang dan nyaring ya.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

Nah untuk temen-temen yg memiliki burung murai dewasa dan mapan tentu bisa memberikan pakan pur dari berbagai merk yang dijual dipasaran, tentu yang di sukai oleh si murai batunya ya,

untuk jenis pur standar yang biasa digunakan oleh hobiis murai batu mania ini adalah merk voer topsong baik yg kuning ataupun yg hijau rasa rumput laut, dengan kandungan yg ada di voer topsong ini menurut saya sudah sangat koplit ya temen-temen dan saya pribadi juga menggunakannya.

gambar-makanan-burung-murai

Pakan Ekstra

Ada 6 jenis makanan burung murai di alam liar yg menjadi asupan tambahan (Ekstra Fooding) lainnya yg aman diberikan kepada murai batu temen-temen seperti :

  • Kroto : Memiliki Sifat Dingin (Banyak Kandungan Nutrisi Air)
  • Ulat Hongkong : Memiliki Sifat Panas (Kandungan Lemak Tinggi)
  • Ulat Bambu : Memiliki Sifat Dingin (Kandungan Vitamin Yg Tinggi)
  • Ulat Daun Pisang : Memiliki Sifat Dingin (Kandungan Protein Gizi Yg Sangat Tinggi)
  • Ulat Kandang : Memiliki Sifat Sangat Panas (Kandungan Protein Yg Tinggi)
  • Cacing : Memiliki Sifat Dingin (Kandugan Proteing Yg Sangat Tinggi)

Tujuan dari pemberian pakan pendamping ini tentu kalian harus mengetahui ya manfaat serta efek sampingnya jika dikonsumsi oleh burung murai tersebut.

Setidaknya jika temen-temen sudah mengetahui manfaat dari EF satu persatu ini tentu lebih memudahkan dalam mengkondisikan burung murainya sesuai situasi, dan mana pakan yg memang benar-benar dibutuhkan untuk di konsumsi si burungnya ya.

Baca juga artikel lainnya : karakter murai batu

Tips Melatih Burung Murai Batu Makan Voer

Nah bagi kalian yg memiliki burung bahan yang belum mau makan pur, dan ingin melatihnya agar si burung terbiasa dengan pakan harian pur ini, tentu kalian harus melewati proses ini ya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Emprit Supaya Gacor

Karena jika burung sudah terbiasa dari kecil, untuk memakan voernya tentu akan lebih memudahkan kalian dalam hal perawatannya, dan yg pasti lebih membuat birahi burung menjadi tetap stabil.

Nah langkah awalnya sangatlah mudah ya, cara yang pertama bisa kalian campurkan dengan voer halus yang di aduk rata dengan pakan EF kroto segar selama 1 minggu berturut-turut, dan setelah itu di minggu berikutnya coba kalian berikan pur total, saat itu jangan diberikan EF yang lain dulu selama 3 hari, pantu kotoran si burung murai tersebut, jika sudah bertekstur seperti warna pur yang kita sediakan tentu burung sudah mulai terbiasa dan mau memakannya.

Demikianlah tips makanan burung murai yang bisa kami bagikan kepada sobat suhu kicau semuanya ya, semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua, dan semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari