ternak-jalak-suren

Cara Mudah Ternak Jalak Suren

Beternak burung jalak suren merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan bisa kamu jalankan. Pasalnya, jalak suren ini sangat mudah dipasarkan dan memiliki harga yang lumayan ketika dijual.

Harga jalak suren sendiri di pasaran berkisar di harga 300 ribu sampai 400 ribuan. Apalagi kalau burung tersebut sudah gacor, harganya bisa naik beberapa kali lipat. Cara ternak jalak suren juga tergolong mudah. Hanya harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Cara Yang Harus Diperhatikan Dalam Beternak Burung Jalak Suren


1. Membuat Kandang Penangkaran

Hal pertama yang harus lakukan pastinya adalah dengan membuat kandang penangkaran untuk burung jalak suren yang akan kamu ternakkan. Tidak ada ukuran baku dalam pembuatan kandang.

Hanya saja jika bercermin dari prang yang sukses dalam beternak jalak suren adalah membuat kandang dengan ukuran ideal yakni panjang 2 m, lebar 1 m, dan tingginya 2 m. Kamu bisa menyesuaikan ukuran kandang dengan lahan yang kamu miliki untuk cara ternak jalak suren yang baik.

Berilah kayu atau triplek berbentuk persegi di bagian atas kandang karena burung lebih suka bertelur di atas. Sedangkan untuk bagian kiri dan kanannya, disarankan untuk ditutupi dengan batu bata atau batako agar kelembapan tetap terjaga dengan baik.

Di bagian atap dari kandang, disarankan untuk dibuat setengah tertutup. Jadi menggunakan 2 bahan baku yakni setengah dengan asbes, setengahnya lagi menggunakan kawat ram. Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat mandi.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

2. Memilih Indukan Untuk Ternak

Untuk cara ternak jalak suren yang baik, kamu harus bisa memilih indukan jantan dan indukan betina yang sehat dan memasuki usia siap kawin. Ciri yang bisa diperhatikan adalah burung yang sering bergerak aktif dan juga rajin berkicau.

Karena 2 hal tersebut bisa menunjukkan kondisi dari sebuah bururng. Angan lupa uga untuk memilih jalak suren yang sudah jinak agar proses perjodohannya lebih lancar. Usia jalak suren yang sudah siap kawin berkisar antara 1-2 tahun.

indukan-jalak-suren

3. Menjodohkan Indukan Betina dan Jantan

Cara ternak jalak suren dalam hal menjodohkan dan mengawinkan burung betina dengan yang jantan tidak jauh berbeda dengan yang lain, atau bahkan caranya sama. Yang harus kamu lakukan adalah menempatkannya ke dalam satu sangkar dan melihat perilakunya.

Jika bertengkar atau berkelahi, langsung pisahkan dan beri waktu agar kedua burung kembali tenang. Pertengkaran tersebut adalah tanda bahwa kedua burung tidak saling cocok.

4. Merawat Anakan Dari Burung

Setelah penjodohanmu berhasil dan telur sudah menetas. Jangan lagsung pisahkan anakan dengan induknya. Biarkan anak bersama induknya selama sekitar 1-2 minggu. Terus cek ekadaannya setiap hari dan berikan serangga kecil seperti jangkrik, kroto, dan lain lain untuk makanan anakan jalak suren.

Oh ya hal terpenting yang perlu diingat, jangan terburu-buru untuk memisahkan indukan dengan anakan yang masih diloloh sebelum lewat dalam satu minggu. Cara merawat jalak suren anakan lainnya adalah dengan melakukan pelolohan dengan menaruhnya di inkubator dan memberikan makanan berupa voer yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan sedikit air hangat.

Kamu harus melakukan pelolohan secara rutin karena ketika masih kecil, pelolohan harus dilakukan sejam sekali sampai anakan bisa makan sendiri.

Baca selengkapnya :  Mengenal Beberapa Jenis Burung Kolibri Di Indonesia

anakan-jalak-suren

Itu adalah beberapa cara melakukan ternak burung jalak suren yang harus kamu tahu. Aturan tersebut tidaklah baku. Karena merawat dan membesarkan burung juga harus menggunakan perasaan dan setiap orang punya pemahaman masing-masing terhadap sebuah burung.

Untuk memilih jenis burung ini disarankan untuk anda memilih indukan yang baik yang berasal dari genetik ras jalak suren jawa yang sangat banyak diminati serta memiliki harga jual yang cukup tinggi dan stabil.

Beberapa cara tersebut diberikan berdasarkan pengalaman nyata oleh pakar ternak yang sudah sukses dalam menjalankan usaha ternaknya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya gan.