Cara Memelihara Dan Merawat Burung Jalak Bali

Diposting pada

cara merawat burung jalak bali, Assalamualaikum, wr, wb jumpa kembali bersama situs SuhuKicau.Com yg dimana pada kesempatan kali ini kita mau coba membahas tentang burung Jalak Bali, baik dari pola rawatan harian dan tips lainnya ya, memang burung yg satu ini tergolong jenis burung kelas atas yang jarang dimiliki oleh orang awam pada umumnya, ya walaupun ada itu sangat jarang sekali.

nanti kalau misalkan temen-temen kepengen beli tentu tidak boleh sembarang main asal beli saja ya, kita harus pantau dan lihat keaslian legal sertifikat dari burung jalak bali tersebut, karena burung ini sudah menjadi burung endemik, yg dilindungi oleh pemerintah, jadi siapapun yang memeliharanya harus mempunyai izin resmi dalam bentu sertifikat biasanya.

untuk harga jalak bali berkisar antara jantan betina yang masih lepas trotol biasanya 2-3 jutaan kalau misalnya nanti sudah dewasa atau siap ternak biasanya antara 5 sampai 6 juta sepasangnya,

namun untuk perawatan harian sebenarnya gampang-gampang susah ya teman-teman ya sama seperti burung jalak biasa ya teman-teman harus ngasih makan harus ngasih minum membersihkan kandang kemudian ngasih makanan burung jalak bali berupa ef ya cuma seperti itu ya,

gambar-burung-jalak-bali

namun walaupun sama rawatan hariannya seperti burung kicauan lain, kalian juga tidak boleh menyepelekan ya, karena ini burung mewah, sayang jika kita telantarkan dan kurang perhatian dalam hal perawatannya. Tanpa banya basa-basi lagi yuk langsung aje kita simak pembahasan lengkapnya bagaimana cara memelihara dan merawat burung jalak bali yang baik agar burung selalu sehat dan gacor ?

Perawatan Burung Jalak Bali Bakalan Agar Rajin Bunyi


Ciri Jalak Bali Yang Bagus

Dalam memberikan perawatan burung jalak bali yang masih muda atau bakalan dengan yg sudah mapan tentu sama saja, nah bagi temen-temen yang memiliki bajed minim dan hanya mampu membeli burung yang masih bahan atau bakalan ini tidak masalah ya, disni akan kita bahas juga.

Sebelum kalian memilih burung jalak bali di penangkaran sebaiknya jika kalian tidak mengetahui ciri-ciri yang spesifik dalam membedakan jenis jantan atau betinanya, alangkah baiknya meminta tolong dipilihkan ya oleh si penangkar dan meminta jaminan jika salah dalam prediksi menentukan jenis kelamin atau jantina dari burung jalak bali yang kita beli.

Pada umumnya ciri burung jalak bali yang bagus adalah sehat fisik tidak cacat, serta aktif bunyi, ngeriwik dan beraktifitas gerak geriknya gesit dan lincah ya walaupun kondisinya masih giras tidak masalah ya, dengan itu menandakan burung keadaannya sedang fit.

Cara Cepat Menjinakan Jalak Bali

Nah apabila burung bahan yang kalian beli ini dari penangkar langsung terlebih masih bahan ya tentu biasanya sudah pada nurut dan jinak, walaupun ada yang giras itupun cuma sedikit prediksinya, tapi tidak jadi masalah jika kalian mendapatkan yg giras, giras disini mungkin saja bisa karena penyebab burung ini stres bisa juga ya,

lalu bagaimana cara mengatasi burung jalak bali yang giras dengan cepat ?. Hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan cara mengisolasikan terlebih dahulu ya di tempat yang nyaman, sepi, namun aman dari gangguan predator ataupun para pencuri (maling) ya,

karena burung ini semua orang tau ya, dengan harga jual yg tinggi dan mahal dan menjadi incaran para maling, jadi pastikan tempat isolasi burung jalak bali kalian itu aman dong.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Terbukti Ampuh

cara-cepat-menjinakan-jalak-bali

Waktu yg dibutuhkan untuk menenangkan burung jalak yang giras ini bisa mencapai 1 – 2 mingguan lah, dengan kondisi full kerodong ya, tanpa mandi dan jemur, cukup di stok saja pakan voer dan ef pendampingnya seperti jangkrik dan keroto di dalam kandangnya, baik di waktu pagi hari ataupun sore hari,

untuk takarannya sekenyangnya burung saja ya, jangan di batasi atau di seting-seting pemberian ef nya. Nah untuk merk voer untuk jalak bali yg biasa digunakan adalah jenis topsong kuning ataupun fancy gold juga boleh ya temen-temen.

Tips Rawatan Hariannya

Jika kondisi burung sudah stabil dan tidak giras, barulah kita menuju proses perawatan hariannya ya, diwaktu pagi hari seperti biasa burung jalak bali ini sangat senag dengan udara segar di waktu pagi, jadi kalian wajib untuk selalu mengembunkan burung jalak balinya ya, setelah itu proses pemandian yang baik biasanya pada jam 7 – 8 lah, sebelum matahari naik 45 derajat, burung sudah dimandikan dengan cara sesuaikan dengan kebiasaan,

ada yang disediakan wadah pemandian khusus, burung mandi di dalam kandang hariannya, ataupun cara di semprot dengan menggunakan spray secara halus atau juga ada yang dimasukan ke dalam keramba mandi seperti memandikan burung murai ataupun kacer,

memelihara-jalak -bali

setelah burung dimandikan lalu dijemur ya dengan waktu lama penjemuran sekitar 30 sampai 45 menitan saja, jangan terlalu lama-lama, karena burung jalak bali ini tidak begitu suka dengan cuaca atau hawa yang panas ya, jika kalian paksakan di penjemuran maka yg dikhawatirkan bulunya nanti bisa kusam dan rusak deh.

Pemberian pakan pokok utama voer dan serangga serperti jangkrik cukup dikasihkan sebanyak pagi 5 ekor dan 5 lagi pada sore harinya ya, keroto segar bisa 2 – 3 kali dalam 1 minggu, lakukan setiap harinya dengan rasa hobi ya temen-temen agar bisa membuahkan hasil yang maksimal untuk burung jalak bali kesayangan kalian.

Baca selengkapnya :  7 Cara Merawat Kakatua Yang Tepat Agar Selalu Sehat

Setelah pola rawatan diatas telah kalian lakukan, tentu tidak hanya tepat saja ya, melainkan harus telaten, konsisten, dan memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, karena biasanya usia jalak bali mulai gacor antara 2 – 3 tahunan ya.

Oke ya sobat kicau, jadi itu saja tips bagaimana cara merawat jalak bali yang tepat agar selalu rajin berkicau setiap harinya, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : cara ternak jalak bali

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari