Cara Merawat Burung Kerak Basi

Diposting pada

Halo sobat kicau mania, masih berjumpa kembali bersama website Suhu Kicau yg selalu update memberikan informasi terupdate seputar dunia burung kicauan ya, nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat burung kerak basi,

Bagi pemain burung murai ataupun kacer sangat memerlukan suara isian kasar untuk memaster burung kesayangannya, biasa para kicau mania menggunakan suara cucak jenggot ataupun kapas tembak, namun harga kedua jenis burung itu tentu bukanlah harga yang murah ya,

nah disini tips jika temen-temen memiliki bajet yang pas-pasan dan ingin memiliki burung isian atau masteran yang hampir setara, namun dengan harga yang cukup murah, tentu kalian bisa membelinya burung kerak basi ini ya.

untuk harga burung kerak basi di pasarannya saat ini masih terbilang standar dan cukup stabil ya temen-temen, tentu masih terjangkau oleh kita semua, nah dengan kesempatan ini janganlah kalian sia-siakan untuk mencetak burung masteran yang memiliki suara kasar dengan harga yang ekonomis patinya.

Nah bagi temen-temen yang masih pemula dan mau mencoba atau ingin memelihara burung kerak basi baik jenis, kerak basi alis hitam, alis putih ataupun kerak basi ramai tentu kalian harus simak pembahasan aritkel ini secara lengkap ya agar burung kerak basi kalian bisa menjadi gacor bocor.

Tips Perawatan Burung Kerak Basi Agar Rajin Bunyi


Pengembunan Rutin

Yang pertama-tama kalian harus rajin mengembunkannya secara rutin dipagi hari ya, karena udara pagi hari sangat bagus untuk kerak basi bahan atau yang masih muda,

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Pasaran Burung Poksay Terbaru Terlengkap 2021

agar membuatnya bisa lebih rileksasi untuk menghirup udara embun pagi yang sangat bagus untuk pernafasan, serta membuat burung menjadi lebih sehat dan memicu agar si burung mau mulai ngeriwik atau berkicau ngeplong ya, nah tips pengembunan yang tepat kalian keluarkan burung kerak basi dari dalam rumah untuk di embunkan sekitar pukul : 05.00 WIB, sampai pukul : 07.00 WIB.

makanan-kerak-basi-besar

Pemandian Dan Kebersihan Kandang

Setelah burung di embunkan lalu, boleh kalian mandikan dengan cara di semprot halus ya, sampai basah kuyup dan merata ke seluruh bagian bulunya, setelah burung selesai dimandikan jangan lupa untuk membersikan kotoran yang ada dibawah sangkar alasnya ya, setiap hari.

Burung kerak basi ini sangat menyukai tempat yang bersih, karena jika kalian malas dalam hal kebersihan kandangnya yang ada burung bisa macet bunyi, stres, dan bisa terserang virus atau penyakit yang intinya membuat burung merasa tidak nyaman, jadi faktor kebersihan rutin tiap harinya harus kalian jaga selalu ya.

Tips Penjemuran

Dalam hal penjemuran, banyak sebagian para kicau yang mempermasalahkan durasi waktu yang tepat, namun menurut penelitian kami dalam hal merawat kerak basi yang sudah terbukti gacor, memang pada dasarnya manfaat sinar matahari pagi sangat bagus ya,

untuk perkembangan dan pertumbuhan setiap jenis makhluk hidup khususnya burung kicauan, jadi kalian harus menjemurnya setiap hari secara rutin, ya minimalnya 15 – 20 menitan lah, asalkan kena sinar matahari, intinya tidak terlalu ribet seperti hal perawatan kacer ataupun murai ya, yang disesuaikan dengan karakternya masing-masing.

voer-yang-bagus-untuk-kerak-basi

Cara Memberikan Pakan Yang Tepat

Nah hal terpenting dalam memberikan asupan sesuai dengan kebutuhan si burung kerak basi ini sangatlah di utamakan ya, karena jika kalian tidak tepat memberikan pakan kesukaannya burung pasti tidak mau bunyi.

Baca selengkapnya :  Langkah Setingan Kacer Giras Untuk Lomba Type Panas Dan Dingin

Nah untuk jenis makanan kerak basi besar ataupun jenis lainnya tentu sama saja ya, intinya burung ini sangat gemar mengkonsumsi serangga kecil seperti jangkrik, ulat kandang dan keroto.

Namun lebih baiknya lagi jika burung sudah terbiasa untuk memakan voer ya, nah kira-kira voer yang bagus untuk kerak basi itu apa ya ?. Kalian bisa memberikannya jenis voer halus saja seperti leopard ataupun skm (sari keroto murni) yang bisa mudah di dapatkan di kios-penjual pakan burung.

Pemasteran Burung Kerak Basi

Namun apakah burung ini wajib harus dimasteri ? Apakah bisa burung ini merekam suara kicauan jenis lainnya ?. Karena sifatnya burung ini sebagai burung pemaster dengan karakter suara kasar yang sudah dimilikinya ini tentu sudah sangat istimewa, jadi kalian tidak perlu lagi untuk memasternya ya,

biarkan alami saja, ya walaupun jika kalian ingin memasternya berikan suara-suara sesuai dengan karakternya seperti suara burung jalak, cucak jenggot ataupun suara burung kapas tembak yang hampir mirip-mirip.

Intinya dalam hal perawatan kalian harus konsisten dan penuh dengan kesabaran, jika hal itu sudah kalian lakukan dengan benar maka otomatis si burung ini akan mudah untuk gacornya ya, menurut pengalaman pribadi jika kita membeli burung ombyokan kerak basi di pasar burung memang saat kita rawat tidak langsung bunyi ya, setidakya butuh adaptasi, dan perawatan yang baik, ya paling cepat sekitar 3 minggu itu burung sudah mulai berkicau ya walaupun masih agak malu-malu ya, hehe, ya namanya juga burung bahan semua butuh proses dong.

Oke itu saja tips dari kami seputar cara merawat burung kerak basi, yang bisa kalian coba aplikasikan dirumah untuk burung kerak basi kesayangannya, semoga sukses dan bermanfaat ya. Salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari