Ciri Kacer Sehat

Diposting pada
Rate this post

Ciri Kacer Sehat – Halo pecinta kacer dimanapun kalian berada, tentunya memiliki kacer sehat apalagi gacor tentunya menjadi keinginan kalian semua kan tetapi kadang masih ada juga yang belum tahu apakah burung anda terkena penyakit atau tidak

apalagi kalau yang sakit bagian tubuh dalam tentunya kalian harus mengenali ciri-ciri burung kacer yang sehat dan yang tidak. Terutama bagi para pemula yang kerap bingung burung nya tiba-tiba tidak mau

bunyi padahal perawatannya baik dan juga dia terlihat sehat hanya saja tidak nafsu makan dan malas berkicau. ini sudah pasti dia sedang sakit tetapi mereka tidak mengetahui apa sakitnya dan cara mengobatinya.

Dan ada juga yang merasa kacernya tetap berkicau meskipun tidak gacor dan memiliki nafsu makan cukup baik tetapi mengapa badannya tetap kurus kering, ternyata setelah dilihat oleh ahli kacer ternyata dia nyilet.

Jadi maksudnya disini kalian harus benar-benar tahu bagaimana ciri kacer yang sedang sehat dan terlihat sehat. yasudah daripada kalian semakin bingung langsung saja baca artikel selengkapnya sampai habis.

ciri-kacer-loncat-loncat

Mengetahui Ciri Kacer Dalam Kondisi Sehat

Ciri Kacer Yang Sehat

Untuk menjadi parameter kalian sehingga bisa menandai apakah burung kacer yang kalian miliki benar-benar dalam keadaan sehat ialah sebagai berikut jadi kalau ada yang tidak sesuai silahkan periksa apa penyebabnya.

1. Memiliki sorot mata yang tajam : salah satu ciri kacer yang sedang sehat ialah memiliki sorot mata yang tajam terlebih yang berkelamin jantan, kalau burung kesayangan mu matanya sayu itu kemungkinan kesehatannya sedang terganggu.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakan Burung Siri Siri

2. Bulunya berkilau dan hitam metalik : kecuali kacer yang berkelamin betina yang memang bulunya tidak sepekat bulu kacer jantan tetapi juga tetap kelihatan sehat tidak mudah rontok dan rapi serta tidak sering dia menggigiti

badannya itu tandanya dia sehat. sedangkan pejantan warna bulunya hitam metalik dan bulunya rapi tidak rontok itu tandanya dia sehat kalau kalian menemukan warnanya agak kusam mungkin perawatan yang salah atau dia sedang kurang fit.

3. Memiliki tubuh yang ideal dan bernafsu makan baik menjadi ciri kacer yang kalian miliki juga sehat. ada burung yang makan banyak tetapi tetap kurus karena gangguan pada pencernaannya.

Ada juga yang lemas dan tidak bernafsu makan ini juga menandakan dia sedang tidak sehat jadi sering-seing kalian cek ya keadaan burung dalam waratan kalian dan juga cepuk makanannya apakah nafsu makannya tetap atau berkurang.

4. Kotoran burung normal tidak berair tidak berlendir atau tidak seperti kapur juga menandakan dia sehat juga. kalau berlendir atau berak kapur cepat-cepat harus diobati supaya tidak menular pada burung lain.

ciri-burung-sehat

Gangguan Penyakit Pada Burung Kacer

1. Snot : gejala dari penyakit ini ialah terjadi pembengkakan pada bagian wajah dan juga dia bersin berkali-kali. gangguan penyakit ini disebab oleh virus yang bernama hemophillus gallinarum.

penyakit ini harus ditangani dengan cepat karena beresiko menular pada burung lain juga menyebabkan kematian. cara mengobatinya dengan memberikan obat shot yang sudah tersedia di kios atau di marketplace online

dan juga memisahkan dari burung lain serta menjaga kebersihan dan memperhatikan makanan nya . lakukan sampai benar-benar sembuh jika perawatan tepat maka kurang dari 10 hari dia akan sehat kembali.

Baca selengkapnya :  Cara Perawatan Harian Murai Batu Untuk Lomba

2. Cacingan : penyakit ini disebabkan oleh cacing yang masuk kehati dan berkembali didalam tubuhnya dan terlihat ketika burung kacer kesayangan anda terlihat lesu, matanya sayu dan kurus badannya.

serta nafsu makannya sangat menurun. kemungkinan kandangnya tidak pernah dibersihkan atau makanannya dan minumannya tidak bersih jadi selain kalian memberikan obat terus jaga kebersihannya juga.

3. Berak Kapur : Penyakit ini menyerang bagian saluran pencernaan burung yang disebabkan bakteri dan kuman penyakit. Biasanya ditandai dengan kotoran burung putih seperti kapur dicampur dengan air.

4. Kutu Burung : hama yang menghisap darah ini cukup berbahaya bagi si kacer. biasanya dia terlihat lesu seperti kekurangan darah kemungkinan dia bisa menjadi gelisah tentunya ini berkaitan dengan kebersihan kandang.

Bagaimana apakah burung kesayangan kalian sudah memenuhi ciri kacer sehat ? kalau belum silahkan periksa kembali dan jangan lupa untuk merawat dengan baik dan memberikan asupan makanan dan minuman

yang bernutrisi serta vitamin tambahan yang diperlukannya. Terimakasih banyak kami ucapkan kepada kalian yang selalu setia membaca artikel-artikel kami semoga bermanfaat dan menginspirasi anda.

baca juga : cara ternak burung kacer untuk pemula

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari