Makanan Burung Gereja

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Makanan Burung Gereja – Burung gereja tentunya sudah tidak asing lagi ya buat kalian, meskipun burung ini banyak populasinya disekitar kita tetapi suara kicauannya bagus untuk masteran seoerti gereja tarung.

Burung ini merupakan salah satu jenis finch lokal tetapi masih belum banyak di pelihara biasanya digunakan untuk materi masteran alami saja. Dia merupakan burung pemakan serangga dan juga bijian.

Meskipun termasuk hidup secara liar dan juga memiliki populasi yang cukup banyak tetapi saat ini mulai mengalami penurunan karena mulai banyak yang menangkapnya untuk dirawat atau sekedar mainan anak-anak.

Sehingga ada sebagian orang yang peduli lingkungan turut mengembangbiakkannya untuk kembali di lepaskan ke alam bebas ketika sudah cukup usianya nanti ini merupakan upaya untuk menghindari punahnya jenis burung ini.

Selain perawatan tentunya makanan yang bergizi harus kita perhatikan dalam upaya tersebut dan berikut ini perawatan dan beberapa jenis makanan dari burung finch lokal ini.

makanan-burung-gereja-dewasa

Perawatan dan Makanan Burung Gereja

ketika kalian menemukan burung gereja yang terkena hujan dan tidak bisa terbang kembali dan menemukan sarang burung gereja yang ditinggalkan induknya atau tidak sengaja terjatuh inilah perawatan yang harus diberikan.

Merawat Burung Gereja

Cuci setelah mengambil burung itu masukan ke kandang dan berikan penghangat karena burung ini harus berada di suhu yang cukup panas antara 27 sampai 30 derajat sehingga kalau terkena hujan yang dingin

Baca selengkapnya :  Model Tangkringan Sesuai Gaya Main Burung Kacer

dia menjadi lemah keadaannya, setelah itu kalian harus mencuci tangan dahulu sebelum menyiapkan makanannya karena biasanya burung liar mengandung banyak bakteri dan kuman.

Setelah itu beri dia makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. kalau burung lain harus diberi minum yang unik dari merawat burung gereja ini kalian tidak perlu memberinya minum karena takut airnya

masuk ke paru-paru yang membuatnya tersedak, unik sekali ya. Dalam perawatan kalian tidak perlu terlalu dekat karena dia sejatinya burug liar dan akan kembali ke alam liar karena kalau dirawat

nantinya saat berada di alam liar kembali dia akan susah untuk beradaptasi. pastikan kalian selalu mencuci tangan setiap habis merawat burung ini ya.

minuman-burung-gereja

Beberapa Jenis Makanan Burung Gereja

Makanan Pets Kemasan

Karena di dalam makanan pets ini banyak mengandung protein tinggi kalian bisa memberikannya ke burung gereja dengan dicampur sedikit air sampai sedikit lunak lalu di potong kecil-kecil.

biarkan dia makan sendiri, tetapi kalau dilihat dia tidak mau makan bisa kalian suapi dengan pinset. Tetapi kalau kalian punya makanan lain ya boleh diberikan tidak harus ini.

Milet

Karena burung ini termasuk burung liar sehingga dia harus memenuhi asupan makanannya untuk bertahan hidup sehingga dia memakan apa saja yang bisa dimakan disekitarnya.

Berikan millet putih didalam wadah tentunya dia juga akan menyukainya. milet yang dimaksud disini tentunya bisa milet putih dan milet merah bebas yang penting bersih.

Beras Putih, Beras Merah dan Padi

Karena dia juga memerlukan sumber energi yang besar sehingga dia tidak hanya mengkonsumsi protein dia juga memerlukan karbohidrat yang besar dan beras-berasan ini juga merupakan sumber karbohidrat.

Baca selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Mantenan Agar Rajin Berkicau

Pemberiannya bisa langsung diberikan secara mentah seperti itu tetapi yang baik ialah beras merah maupun putih yang sudah pecah pecah atau menir yang ukurannya kecil sehingga dia bisa memakannya dengan mudah.

makanan-burung-gereja-anakan

Jagung Kering Giling

Pada butiran jagung mengandung karbohidrat, gula dan juga protein yang juga baik untuk kebutuhan harian tubuhnya sehingga kalian bisa memberikan butiran jangung kering ini sebagai pakan utamanya

untuk membantu kelangsungan hidupnya sebelum kembali dilepas ke alam liar tetapi jagung disini harus yang sudah ukurannya kecil atau bisa kalian giling terlebih dahulu supaya dia mudah untuk memakannya.

baca juga : cara merawat burung gereja hasil pikatan

Serangga Kecil

Burung gereja juga merupakan burung pemakan segala, sehingga kalian juga bisa memberikannya serangga kecil seperti jangkrik kecil, belalang yang juga ukurannya kecil, ulat hongkong, ulat kandang dan kroto.

Beberapa jenis serangga ini mudah ditemui bisa kalian beli di kios burung dan juga mengandung protein yang tinggi yang diperlukan dia untuk aktifitas hariannya dan juga menjaga kestabilan suhu tubuhnya.

Tetapi kalian tidak disarankan untuk memberikan cacing tanah karena cacing ini meskipun mengandung protein merupakan cacing yang bersifat dingin yang akan menurunkan suhu tubuhnya.

Buah-buahan

Memang burung ini pemakan apa saja ya suhu kicau, dia juga memakan buah-buahan seperti pisang, tomat, pir, apel, pepaya dan beberapa jenis buah lainnya yang memang bermanfaat untuk asupan vitaminnya.

Selain itu karena dia tidak meminum air, kandungan air didalam buahan ini bermanfaat untuk asupan cairannya.

Sayuran

Yang terakhir dari makanan burung gereja ini dia juga memakan sayuran seperti kol, sawi, brokoli, kangkung dan juga bayam yang juga bermanfaat untuk tambahan vitamin dan kandungan air didalam sayuran bermanfaat menambah cairannya.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Emprit

Itulah tadi beberapa jenis makanan burung gereja yang bisa kalian berikan apabila kalian memutuskan untuk merawat dan juga akan menyelamatkan kehidupannya apabila keadaan darurat tertentu.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari