7 Jenis Makanan Burung pleci Terbaik

Diposting pada

Burung pleci merupakan salah satu burung sosial yang biasanya hidup mengelompok. Burung ini awalnya ditemukan di wilayah benua Asia, Afrika dan Australia. Pleci cukup banyak digemari oleh para kicau mania mengingat suara burung ini sangat merdu dan menghibur meskipun memiliki suara yang cukup kecil.

Bagi anda yang memelihara burung ini pastinya membutuhkan informasi mengenai makanan burung pleci agar cepat gacor dan buka paruh bongkar isian. Berikut ini ulasannya.

gambar-burung-pleci

7 Jenis Pakan Terbaik Untuk Pleci


1. Buah Buahan

Burung dengan nama latin zosterop ini sangat suka dengan buah buah. Namun, untuk jenis buah yang diberikan pada pleci anda bisa menyesuikan dengan kesukaannya. Ada banyak pilihan buah yang bisa diberikan diantaranya pisang, papaya, apel, blewah maupun delima.

Buah buahan tersebut, pada umumnya juga disukai oleh burung jenis lain. Namun untuk pakan berupa buah segar, sebaiknya setelah burung memakannya maka segera bersihkan dari kandang.

2. Kecambah

Selain buah buahan, kecambah juga jenis makanan yang baik untuk pleci agar cepat gacor. Namun, untuk menjaga agar kecambah yang diberikan bebas dari pestisida, maka sebaiknya cuci terlebih dahulu sampai bersih.

Selain itu, anda juga bisa melakukan cara lain agar lebih waspada yaitu dengan menanam kecambah sendiri di kebun, sehingga anda bisa lebih memastikan bahwa kecambah terbebas dari pestisida.

kecambah

3. Sayuran Segar

Selanjutnya anda bisa memberi makanan burung pleci berupa sayuran segar. Ada banyak jenis sayuran yang bisa anda tawarkan diantaranya brokoli, kembang kol, maupun sayuran hijau lainnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Habitat Burung Manyar

Pastikan untuk mencucinya dengan bersih terlebih dahulu sebelum diberikan kepada burung anda. Anda juga bisa memberikan sayuran berupa wortel, sayuran akar hingga kacang polong.

buah-dan-sayur

4. Pasta

Pasta bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk pakan pleci. Anda bisa memberikannya baik dengan dimasak terlebih dahulu maupun tidak.

Anda bisa mencoba merebus pasta bersamaan dengan sayuran yang lain kemudian memberikannya saat sudah dingin. Namun, anda juga bisa memberikan pasta renyah dengan menaruhnya langsung di wadah makannya.

pasta

5. Biji Bijian

Biji bijian memiliki kandungan yang cukup baik seperti karbohidrat dan protein. Memberikan makanan burung pleci berupa biji bijian, bisa anda lakukan dengan memberikannya di wadahnya serta biarkan burung tersebut memilih apa yang disukainya.

Biasanya burung ini akan memakan favorit dan menyisakan makanan yang tidak disuka. Beberapa biji bijian yang bisa diberikan diantaranya gandum, beras maupun jagung.

kacang-kenari

6. Kacang Kenari

Kacang kenari merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh burung, begitupun dengan pleci.

Anda bisa memberikan kacang kenari ini dalam kondisi masih utuh dan membeiarkan burung ini membuka dengan paruhnya sendiri. Namun, jika anda mendapati burung ini kesulitan, anda bisa membantu membuka kacang tersebut.

7. Extra Fooding

Pemberian pakan berupa extra fooding food juga sangat perlu dilakukan mengingat hal ini bisa meningkatkan kekebalan dan kualitas burung. Adapun extra fooding yang bisa diberikan kepada pleci anda antara lain kroto, ulat kandang, belalang serta ulat hongkong.

EF-serangga

Anda juga bisa memberikan jangkrik untuk meningkatkan stamina. Sedangkan makanan burung pleci berupa ulat kandang, usahakan tidak terlalu berlebihan agar tidak sampai over birahi.

Pemberian pakan yang tepat memiliki fungsi yang sangat penting bagi pertumbuhan pleci. Asupan gizi yang cukup akan membuatnya sehat dan kekebalan tubuhnya meningkat sehingga tidak mudah sakit.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Prenjak Klawu Yang Bagus

Kondisi burung yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit akan membuat merasa senang dan akhirnya cepat gacor dan bukpar. Namun, anda harus memastikan bahwa pakan yang diberikan bebas dari pestisida.

jenis-burung-pleci

Demikian tips beberapa makanan dari jenis burung pleci yang paling disukai dan aman untuk dikonsumsi bagi burung kesayangan anda. Semoga bermanfaat.