Ciri Burung Parkit Australia (Harga dan Suara)

Diposting pada

Burung parkit memiliki persamaan dengan burung kakaktua, perbedaannya terletak pada bentuk tubuh parkit yang terlihat lebih kecil. Memiliki jenis yang bermacam-macam dengan ciri khas yang berbeda satu sama lainnya.

Jenis burung parkit yang bisa dijumpai dengan mudah ialah Parkit Australia. Burung ini memiliki beberapa spesies antara lain australia pied, australia lutino, fall cinnamon dan falk mutiara. Berasal dari dataran Australia burung ini sedikit tidak jinak namun masih bisa dilatih.

Memahami Karakteristik Burung Parkit dari Australia

Burung parkit jenis ini termasuk golongan burung cantik dengan dominan warna kuning, abu-abu serta biru. Beberapa jenisnya juga memiliki warna hasil dari kombinasi dari dua atau lebih warna.

Memiliki ciri tubuh yang mudah dikenali dengan adanya jambul kuning di bagian kepala, serta tanda merah pada kedua pipi. Ukuran tubuh pun cenderung lebih besar jika dibandingkan parkit jenis lain.

Kemudian rata-rata tubuh burung parkit diselimuti warna putih dan kuning. Cirinya bisa dilihat langsung karena perpaduan warna yang terlihat jelas pada leher maupun tubuh burung.

Jarang sekali ada parkit yang mempunyai satu warna di sekujur tubuhnya. Justru perpaduan warna ini yang menarik perhatian para pecinta burung. Tentunya juga menjadi patokan harga burung di pasaran. Semakin cantik warna bulu harga yang ditawarkan makin melambung tinggi.

Parkit Australia merupakan jenis burung yang cerdas, karena mampu menirukan ucapan manusia tinggal bagaimana si pemilik melatihnya dengan baik. Bisa jadi selama masa pelatihan berkembang pesat, burung akan bersuara layaknya orang yang bicara.

Parkit jenis Australia memiliki jenis suara yang nyaring, kadang pula terdengar seperti siulan. Hampir sama seperti jenis kicauan parkit yang lain, bedanya suara parkit ini jauh lebih lantang dan merdu.

Baca selengkapnya :  8 Macam Burung Kelas Atas Yang Terkenal Di Indonesia

Burung ini hidup di lahan basah atau diantara semak belukar, seringnya ditemukan bertengger di dekat permukaan air. Di alam liar mereka berkumpul dalam sebuah kawanan kecil, terkadang juga berada dalam koloni besar yang berjumlah ratusan.

Termasuk burung tipe setia karena Ia tidak akan berganti pasangan pasca musim kawin. Jenis burung yang akan pergi bersama pasangannya kemanapun hingga salah satunya mati. Terbiasa berkumpul dengan kelompok tidak mudah bila dipaksa hidup sendiri.

Rentang Harga Parkit Jenis Australia

Sebelum membeli disarankan anda mempelajari lebih dulu detail harga dan jenis burung parkit. Karena spesies untuk parkit Australia sangat banyak dan memiliki rentang harga yang berbeda.

gambar-parkit-australia

Hal ini dikarenakan setiap jenis mempunyai ciri khas warna bulu berbeda, semakin menarik warna bulu harga juga makin mahal. Selain itu umur parkit juga menjadi pertimbangan, harga burung anakan lebih murah ketimbang burung dewasa.

Anda bisa mulai menabung dari sekarang bila ingin memelihara Parkit Australia, karena harganya pun tidak mahal juga tidak murah. Kisaran harga paling murah 700 ribu hingga 1 juta rupiah, sedangkan yang mahal diatas 2 juta rupiah.

Namun tergantung jenis burung parkit yang dipilih dan kadar kesulitan saat merawat. Mengingat setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda.

Demikian sedikit informasi tentang salah satu jenis burung parkit. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat memelihara adalah proses perawatan. Cara merawat pun susah-susah gampang karena berpengaruh pada kadar kenyamanan parkit.

Contohnya memberi kandang yang layak huni dan luas agar parkit leluasa untuk bergerak. Harga kandang juga terjangkau sesuai dengan jenis dan ukurannya. Perhatikan bahan dari kandang dan hindari kandang dengan bau cat kimia yang menyengat.