Cara Mudah Merawat Burung Emprit Supaya Gacor

Diposting pada

cara merawat burung emprit supaya gacor – Bagi Anda pecinta burung kicau mesti telah sangat mengenal jenis burung yang satu ini. Burung emprit adalah salah satu burung kicau yang memiliki postur badan yang kecil dengan pola hidup berkelompok atau bergerombol.

Penyebaran burung ini sangat banyak diwilayah Asia Tenggara termasuk juga diberbagai pulau di Indonesia. Karena penyebaran yang sangat banyak inilah mengapa burung ini dikatakan sebagai burung hama.

Terutama bagi para petani sawah burung ini menjadi musuh utama mereka karena senang memakan buah padi sebagai pakan. Namun dibalik kejahilannya burung emprit ini siapa sangka memiliki suara kicauan hampir sama dengan burung kenari. Burung emprit ini juga mampu ngeroll dengan kicauan yang juga lantang saat burung tersebut buka paruh. Terutama pada jenis burung emprit kaji atau kerap juga disebut dengan nama emprit kepala putih.

Banyak dari penggemar burung kicau belum mengetahui akan hal ini bahwa siburung emprit mampu berkicau ngeroll. Tetapi bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana Cara Mudah Merawat Burung Emprit Agar Cepat Gacor, atau ingin memiliki burung emprit yang bisa Freefly, maka Anda bisa membaca Artikel kami kali ini sampai benar benar selesai.

Tips Merawat Burung Emprit Agar Gacor Dan Bisa Freefly


Ada beberapa cara yang bisa Anda rujuk untuk menjadikan burung emprit peliharaan Anda gacor bahkan freefly. Simak pembahasannya berikut:

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas

cara-merawat-burung-emprit-anakan

Upayakan Memelihara Burung Emprit Sejak Anakan

Anda bisa dengan mudah menemukan sarang burung emprit dipepohonan sekitar rumah Anda atau tempat tempat seperti hutan muda, ladang tanaman, atau membelinya dari penangkar burung emprit yang menjual anakan burung ini. Jadi hal ini bukan hal sulit dilakukan untuk mendapat burung emprit anakan.

Jika Anda merawat burung emprit ini sejak usia anakan, maka akan lebih mudah membentuk karakter dari burung ini baik dari segi suara yang bisa dimasteri berikut pula sifat nurut agar mau freefly ketika dewasanya.

Pilih Anakan Yang Berkelamin Jantan

Ketika Anda mendapatkan burung emprit anakan, biasanya dalam satu sangkarnya bisa terdapat anakan hingga sampai 4 atau 5 ekor. Untuk itu Anda harus merawatnya semua agar dapat memastikan kelamin jantannya ketika anakan burung sudah dewasa. Jika jantan maka tubuh burung emprit akan lebih besar dari betinanya.

Lihat Kondisi Burung Sehat Apa Tidak

Untuk menghasilkan burung emprit yang gacor tentu saja syarat utamanya adalah kesehatan siburung. Jika Anda mendapatkannya sendiri dari hutan maka Anda wajib memberinya makanan yang cukup agar anakan burung bisa sehat seperti yang diharapkan hingga berusia dewasa. Tetapi jika membeli dari orang lain maka Anda harus jeli untuk melihatnya sehat apa tidak dengan memperhatikan gerakan burung emprit tersebut.

Pelihara Dengan Asupan Makanan Yang Pas

Seperti dijelaskan diatas tadi, bahwa syarat utama untuk merawat anakan burung emprit tentu saja asupan makanan yang cukup dan tepat. Anda dapat memberikan makan pada anakan ketika mereka lapar. Anda bisa memberikan pakan seperti serelac dari bahan beras mereah dan sangat mudah Anda temukan ditoko kelontongan sekitar Anda.

Baca selengkapnya :  Tips Rawatan Murai Turun Ke Lantai Di Jamin Ampuh

Loloh Anakan Burung Dengan Lembut

Saat meberi makanan pada Anakan burung emprit, Anda harus melolohnya dengan cara yang lembut dan tidak kasar. Anda bisa menggunakan media suapan seperti suntikan bekas yang sudah dibersihkan. Berikan asupan hingga anakan burung tersebut kenyang. Lakukan berulang ulang saat burung lapas hingga bisa makan dengan sendirinya.

Lakukan Pemasteran Pada Anakan Burung Muda

Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama jika merawat anakan burung emprit sampai menjadi burung muda. Burung muda disini yang dimaksud adalah burung yang sudah tumbuh bulu lebat, bisa makan sendiri dan mulai belajar berkicau perlahan lahan.

Saat inilah waktu yang tepat jika Anda ingin mengisi suara burung emprit Anda dengan memasternya menggunakan suara burung kicau lainnya. Anda dapat memutar np3 yang Anda miliki dengan ponsel Anda.

Pemasteran bisa Anda lakukan setiap hari pada siburung saat sore hari menjelang malam hari. Hal ini dilakukan saat burung emprit dalam keadaan beristirahat, agar dapat dengan cepat merekam suara yang anda masterkan.

Latih Burung Emprit Bonding Dan Freefly

Anda bisa melatih burung emprit agar bisa bonding dan freefly sebenarnya pada waktu masih anakan muda. Artinye pelatihan ini dilakukan saat anakan burung emprit sudah bisa bergerak kesana kemari namun belum bisa makan dengan sendirinya.

Metodenya sangat mudah, Anda hanya tinggal menunggu waktu mereka lapar. Kemudian pancing anakan burung emprit muda tersebut dengan suara siulan atau peluit dan makanan ditangan Anda.

Mulailah dari jarak yang terdekat hingga jarak yang jauh. Suara siulan atau peluit tersebut bisa Anda gunakan untuk mengalihkan perhatian si anakan burung emprit agar memperhatikan Anda. Lama kelamaan anakan burung emprit Anda akan terbiasa dengan hal ini hingga saat dewasa kelak mereka bisa bonding bahkan freefly.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

Jangan lupa untuk mengulangi metode cara merawat burung emprit supaya gacor yang telah kami bagikan diatas secara konsisten dan teratur untuk mendapatkan burung emprit yang gacor dan bisa freefly. Ikuti terus update artikel kami setiap hari dengan berbagai pembahasan menarik. Selamat mencoba!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari