Makanan Favorit Burung Sirtu

Diposting pada

makanan burung sirtu – Assalamualaikum, wr.wb, halo pa kabar sobat kicau mania nusantara nih.. Berjumpa lagi bersama situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu uptodate memberikan info – info penting, menarik dan bermanfaat seputar pembahasan burung kicau khususnya bagi kalian para penghobi burung ocehan. Nah di episode kali ini kami akan mengulas seputar makanan burung sirtu beserta pola rawatan hariannya yang baik dan benar.

Untuk temen-temen yang masih baru memulai hobi merawat burung sirtu / cipoh ini tentu masih kebingungan bukan ?. Dan pasti bertanya-tanya apa makanan burung sirtu agar bisa sehat dan rajin berkicau ?.

Oke tanpa berlama-lama langsung aja kita simak yuk informasi penejelasan lengkapnya dibawah ini :

Apa Makanan Burung Sirtu ?


Pakan Harian Yang Wajin Diberikan

Dalam hal perawatan burung sirtu tentu sangat mempengaruhi dari asupan yang kalian berikan ya, baik atau tidaknya kondisi, stamina, power dan kualitas suaranya tergantung dari asupan pakan hariannya. Maka dari itu jangan sembarangan ya memberikan makan burung yg satu ini.

kalian bisa memberinya makanan voer burung sirtu leopard yang halus ya di usahakan yang memiliki rasa rumput laut / berwarna hijau. Dan Ulat Hongkong + Kroto, pakan serangga jenis ini merupakan salah satu makanan burung cipoh agar cepat gacor ya.

makanan-pokok-burung-sirtu

Cara Melatih Cipow/Sirtu/Sirpu Makan Voer

Jika burung sirtu ini masih sangat giras dan baru saja di dapat dari hasil tangkapan liar ataupun baru membelinya dari kios burung ombyokan tentu sangat sulit sekali untuk mau memakan voer ya temen-temen. Namun butuh proses pelatihan dan kesabaran kalian untuk melatihnya, karena jika burung jenis apapun jika sudah mau ngevor tentu salah satu langkah awal yang baik dan aman untuk memberikan rawatan selanjutnya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Kutilang Agar Cepat Gacor

Nah untuk melatihnya agar sirtu ini mau mengkonsumsi pur, kalian bisa beli jenis voer ayam BR1 atau 511 lalu yang kedua ini adalah voer lele ya. Selanjutnya temen-temen bisa campurkan kedua jenis voer ini lalu tumbuh atau dihaluskan terlebih dahulu ya dan di aduk-aduk hingga merata.

makanan-burung-sirtu-campuran

makanan-alami-burung-sirtu

Jika makanan burung sirtu campuran itu sudah jadi lalu tambahkan 1 – 2 sendok ulat kandang yang disatukan ke dalam pur yang sudah disiapkan tadi ya, oh ya temen-temen apabila kalian kesulitan untuk mendapatkan voer ayam dan lele, bisa saja langsung dengan menggunakan voer halus instan seperti leopard ya. Pemberian pakan ini kami sarankan kalian bisa memberinya pada waktu pagi hari ya setelah burung sebelum di mandikan ataupun di jemur.

Dalam melakukan proses latihan / mengajari burung sirtu ini memakan voer, misalkan burung masih grabakan (giras) ya, sebaiknya jika sudah memasukan pakannya kedalam kandang, lalu kerodong burung. Bertujuan si burung tersebut biar fokus ya untuk memakan hidangan yang sudah kita sediakan dan tenang dan tidak mudah terganggu oleh lingkungan di sekitarnya. Proses pelatihan ini biasanya memakan kurun waktu sekitar 3 – 5 hari lah, burung akan lebih cepat beradaptasi dan sudah mau memakan voer ya.

Baca juga artikel lainnya : cara merawat burung sirtu

Cara Mudah Menjinakan Sirtu Liar Atau Ombyokan

Bagi kalian yang masih bingung dan gelisah melihat burung sirtu ini apabila masih dalam kondisi giras, hanya bisa loncat-loncat saja bahkan ada yang numbur-numbur sangkar yang bisa membuatnya terluka. Langkah awalnya tentu temen-temen harus menjinakkan dan membuatnya agar lebih tenang terlebih dahulu ya.

Karena jika burung masih giras dan merasa ketakutan seperti itu pasti tidak akan bunyi ya temen-temen. Jadi harus dijinakkan dulu ya agar biar cepat gacor hariannya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Murai Batu Yang Terpopuler

jenis-makanan-burung-sirtu

Untuk tahapan / langkah yg pertama kalian bisa menyiapkan kandang ukuran yang kecil untuk mencegah ruang geraknya ya, seperti kandang untuk burung pleci ataupun kolibri ya. Nah untuk hariannya wajib di semprot menggunakan sprayer ya sampai basah merata menyeluruh di bagian bulunya, bertujuan untuk membuat burung lebih tenang ya.

Kemudian latihlah burung di tempat keramaian, ketika berjemur di letakkan di pinggir jalan yang banyak di lalui orang lewat ya. Lakukan tapahan-tahapannya secara konsisten insyallah dalam jangka watu 3 – 7 hari burung sudah cepat beradaptasi dan lebih jinak dari yang sebelumnya.

Demikanlah tips makanan kesukaan burung sirtu yg bisa kalian coba aplikasikan dirumah ya, semoga kiranya dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi temen-temen semuanya ya. Salam kicau mania.. Sukses Selalu.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari