Cara Memilih Burung Pleci Buxtoni Yang Bagus

Diposting pada

Pleci mempunyai banyak tipe salah satunya yakni jenis pleci buxtoni, burung menarik ini bisa jadi telah banyak yang mengenalinya bakal tetapi tidak seluruhnya hendak mengenali perihal tipe burung ini, hingga dari itu kita akan mengulaskan mengenai karakteristik, pemeliharaan, dan metode memilah burung pleci buxtoni yang bermutu baik.

Tipe pleci buxtoni yang mempunyai julukan latinnya ialah zosterops palpebrosus buxtoni, ada pula tipe burung itu ialah jenis burung yang banyak tersebar di wilayah Indonesia semacam pulau– pulau jawa serta pulau sumatra yang mencakup bogor, banten jawa barat.

Trik Mudah Menyeleksi Pleci Buxtoni Prospekan

Pleci harus berjenis kelamin jantan. Kenapa harus jantan ?. Karena pleci jantan sudah terbukti memiliki mental petarung yang baik, serta mampu mengeluarkan seluruh kemampuan kicauannya, baik materi, gaya tarung, nembak, ngerol dan bukpar (buka paruh) pastinya.

Pilihlah Bakalan Pleci Yang Berkualitas. Ketika anda memilih pleci buxtoni ini di ombyokan terdapat ciri-ciri khusus yang menunjukkan pleci tersebut dapat di unggulkan sebagai juara, berikut bakalan pleci yang memiliki kualitas terbaik :

pleci-buxtoni-ombyokan-bakalan

– Biasanya burung yang baru datang, dari pemikat di alam warna bulu rusak dan kucel tidak beraturan, dan disarankan pilihlah dari bulu pleci yang memiliki bulu yang cerah, lincah dan sehat, pilihlah sebanyak 3 – 4 ekor lalu anda sortir kembali dari pleci yang sudah di calonkan ini.

– Memiliki penampilan yang gagah dan bersih, burung pleci yang bertampang seperti ini yang sering dihubung-hubungkan dengan kualitas mental si burung pleci tersebut, menurut para pleman yang sudah banyak memiliki pengalaman, memilih burung pleci yang memiliki wajah gagah inilah yang pastinya memiliki mental yang sangat kuat dan sangat baik untuk diikutsertakan dalam kontes burung pleci.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengenali Ciri Kenari F1 YS

– Memiliki postur tubuh yang ramping serta panjang, burung yang memiliki ciri seperti ini sangat memberikan daya tarik tersendiri, saat dikonteskan, selain dari segi suaranya, postur yang sempurna juga akan menjadi nilai lebih bagi siburung pleci tersebut tetunya.

– Burung pleci tidak takut sama orang, dengan melihat aktifitas dan gerak-gerik burung tersebut, perhatikan, dan pilihlah burung pleci yang sangat senang didekati dan tidak terlalu giras, apalagi sudah dirawat dengan baik dan benar oleh pemiliknya, karakter si burung kecil ini lebih paham dengan majikannya sendiri yang menandakan kehadiran kita sebagai perawat harian sudah cocok dengan karakteristik burung pleci tersebut. Dengan kondisi pleci yang seperti ini sudah tergolong memiliki mental yang bagus dan bisa di latih terus untuk dijadikan burung lapangan.

– Burung Pleci berkicau keras dan riang, walaupun si burung masih berada di kandang ombyokan perhatikan juga yang sering dan rajin mengeluarkan suara kicauannya dengan volume yang keras seperti halnya anak-anak kecil yang sedang riang gembira. Nah burung yang seperti inilah salah satu ciri burung yang memiliki mental dan kriteria yang sangat baik untuk bisa diolah dan dirawat sebagai burung gacoan pleman.

– Perhatikan juga saat burung dipisahkan dari ombyokan, pleci harus merasa tenang dan pantau reaksinya. Burung pleci yang memiliki mental juara walaupun dipisahkan dengan sesama jenisnya, akan tetap tenang dan sangat cepat untuk beradaptasi dengan baik tidak mudah stres dan gelisah. Namun jika memiliki mental yang kurang baik akan sebaliknya, terlihat kelabakan, giras bahkan ada yang sampai salto karena stres dan ketakutan.

Karakteristik Pleci Buxtoni

Bentuk fisik pada yang biasa dipunyai Pleci Buxtoni antara lain merupakan, bercorak abu- abu di bagian dada dengan garis kuning yang lumayan lebar sampai ke bagian perutnya. Di bagian punggung kita dapat mendapatkan burung ini mempunyai corak kekuningan serta sedikit hijau kental, buat harga pasaran ombyokan bakalan pleci buxtoni kurang lebih 40 hingga 100 ribu rupiah per ekornya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah dan Ampuh Membasmi Kutu Burung

pleci-sortiran

Cara Perawatan Harian Pleci Buxtoni


Pemberian Pakan

Pakan setiap hari yang pokok pastinya berbentuk voer, tetapi buat menaikkan kondisi kesegaran burung pula wajib ditambahkan pakan Extra Fooding serangga kecil atau buah- buahan. Porsi EF hendaknya janganlah sangat kelewatan, perihal itu malah dapat membuat keadaannya over birahi.

Dalam tiap pemelihara hendaknya memilah salah satu tipe pakan EF, mungkin itu Larva Hongkong, Jangkrik, Kroto ataupun Larva Kandang, yang dicocokkan dengan kerutinan serta pakan EF mana yang sangat disukainya hingga seperti itu yang wajib dikasihkan dengan cara teratur. Misalnya yang diseleksi yakni larva hongkong. Hendaknya bagikan 5 akhir per harinya yang dapat diserahkan 2 akhir pada durasi pagi serta 3 akhir pada durasi petang.

Mandi Serta Jemur

Supaya burung senantiasa segar serta senantiasa bersih, kita wajib merawatnya dengan baik setiap hari. Cukup dianginkan selama setengah jam saja, setelah itu berikutnya burung dapat dimandikan dengan tata cara semprot, tetapi bila burung telah terbiasa mandi sendiri di dalam media cepuk mandai yang mempunyai ukran berbeda, itu justru lebih baik, sedaiakan saja air bersih di dalam kandang dengan media itu, biarkan sang burung kecil ini supaya bisa mandi dengan sendirinya.

pleci-buxtoni-prospek

Sehabis dimandikan burung setelah itu dijemur serta diserahkan extra food berbentuk jangkrik ataupun kroto. Di hari- hari lain, misalnya 3 ataupun 4 kali dalam sepekan, kamu dapat memberikan ragam makanan berbentuk buah- buahan semacam buah pepaya, buah pisang, buah sawo ataupun buah apel, tidak hanya itu kamu pula dapat membagikan buah jambu merah buat bisa memenuhi vitamin yang mempunyai banyak isi mineral air yang amat bagus buat kesehatan, energi supaya sang burung senantiasa dalam keadaan yang prima.

Baca selengkapnya :  Mengenali Ciri Kacer Betina Dengan Mudah Untuk Pemula

Pengkrodongan Serta Pemasteran

Fungsi dari kerodong itu sendiri tidak hanya buat membuat burung terasa aman, dan pula dapat digunakan bagaikan perlengkapan bantu buat masteran pleci buxtoni. Dimana kerodong juga dapat membuatnya lebih tenang istirahat dan bisa berkonsentrasi disaat mencermati suara pleci buxtoni ngalas mp3 yang diputar, maka dia pula bakal lebih gampang merekam suara serta menjiplak efek suara itu.

Jalani pemasteran tiap hari serta dengan cara terencana serta tidak berubah- ubah. Pada biasanya burung pleci cuma dikerodong pada malam hari saja, dari pagi hingga petang hendaknya burung tidak harus memakai kerodong.

Baca juga : Download Suara Pleci Masteran Mp3 Auto Gacor