setingan-cucak-jenggot

Perawatan Setingan Cucak Jenggot Untuk Harian Dan Lomba

Setingan Cucak Jenggot – Istilah dari bahasa yang sering kita dengar dari para pemain burung kicauan adalah setingan, nah arti kata setingan untuk burung kicau tentu merajuk kepada pola rawatan, baik harian yang selalu konsisten diberikan, dari porsi pakan, mandi dan penjemuran dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini situs resmi SuhuKicau.Com akan mengulas tentang bagaimana cara mudah menyeting burung cucak jenggot ini baik untuk harian dirumah sampai menuju ke arena kontes perlombaan, penasaran yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Tips pemeliharaan yang tepat untuk burung cucak jenggot

Burung cucak jenggot ini menurut saya adalah burung yang memang luar biasa, memiliki suara yang khas dengan besetan kasar dan tajam yang dapat membuat pendengarnya menjadi terpukau.

Jangan disamakan ya temen-temen, dari cara merawat harian biasanya dengan mempersiapkan burung untuk mengikuti lomba sudah pasti berbeda, ada tahapan tersendiri dan khusus yang diberikan kepada burung cucak jenggot ini agar lebih mengenal pola rawatan yang diberikan, dengan membedakan setingan harian maupun lomba ini bertujuan untuk menjaga agar birahi si burung tepat stabil tentunya.

Setingan harian cucak jenggot

Nah bagaimana cara perawatan atau setingan harian burung cucak jenggot tersebut?.

gambar-burung-cucak-jenggot

Pemberian pakan dan minum yang berkualitas

Dalam memberikan makanan ataupun minuman kepada setiap jenis burung kicau khususnya untuk cucak jenggot pastikan selalu menjaga kebersihan dan kesegarannya, selalu fresh ya temen-temen, contoh disini dengan memberikan air minum setiap harinya diusahakan menggunakan air putih rebusan yang sudah matang ya, dan cek selalu kebersihan dan kejerninhan air minum setiap harinya. Pada umumnya untuk mengganti air minum sehari dua kali.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Menjinakan Burung Kacer Dijamin Ampuh

Biasanya apabila burung cucak jenggot ini diberikan voer terkadang sering sekali tertinggal di wadah cepuk air minumnya yang menyebabkan butek dan keruh, sebaiknya anda harus cepat menggantinya dengan ari minum yang baru.

Untuk makanan yang disukai cucak jenggot dan wajib diberikan setiap harinya seperti : voer yang cocok dan pakan buah segar seperti pisang kepok putih ataupun pepaya.

Untuk pakan tambahan yang aman diberikan setiap hari bisa anda memberikan jangkrik yang sehat setiap pagi 3 ekor dan sore 2 ekor saja, secara rutin. Untuk kroto segar cukup 1 sendok makan saja diwaktu siang hari boleh anda berikan seminggu 2 kali saja di hari senin dan hari jum’at misalnya.

Pemandian dan penjemuran yang tepat

Mandikan setiap hari cucak jenggot di waktu pagi hari sekitar pukul : 07.30 sampai 9.00 WIB jika burung sudah dimandikan tunggu sampai bulu cucak jenggot ini mengering baru boleh dijemur dengan durasi setengah sampai satu jam saja, jangan melebihi pukul 10 siang, karena sinar matahari sudah terlalu kesiangan juga tidak bagus bagi burung ini. Lakukanlah pemandian dan penjemuran secara rutin setiap harinya.

Pengkrodongan burung yang tepat

Carilah kerodong burung yang berwarna gelap khusus untuk cucak jenggot, biasanya kandang cucak jenggot menggunakan sangkar kotak dengan ukuran yang berbeda, carilah ukuran kerodong yang pas dengan nomor sangkar burung anda, agar terlihat rapih dan nyaman ketika burung dalam kondisi di krodong.

Waktu pengkrodongan sangkar burung cukup dilakukan pada sore hari menjelang maghrib pukul : 18.00 WIB, taruh sangkar yang dikerodong tersebut ditempat yang aman dan nyaman jauh dari gangguan tikus, serta tempatnya juga harus terang dengan penerangan lampu yang baik. Biarkan burung fokus untuk beristirahat dengan tenang.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Dan Habitat Burung Camar

Memaster burung cucak jenggot

Pada waktu pemasteran di berikan atau diperdengarkan suara audio mp3 suara burung ocehan lainnya ataupun suara sejenisnya, waktu yang baik untuk memaster burung cucak jenggot ini pada malam hari ketika burung sedang beristirahat, dengan posisi sangkar yang dikerodong. Lakukan pemasteran setiap harinya sampai pagi pukul : 05.00 WIB.

Dan sangat baik sekali jika kondisi burung cucak jenggot ini sedang mengalami masa mabung, dan ini sudah pasti wajib untuk diperdengarkan suara mastearan atau suara ocehan burung asli setiap harinya, agar kualitas suara yang dimiliki oleh cucak jenggot ini lebih bervariasi.

cucak-jenggot-lomba

Setingan lomba cucak jenggot

Tips menyeting cucak jenggot agar bisa diikutsertakan di arena kontes, agar mau kerja ngedur di gantangan dan mendapatkan hasil yang memuaskan, semuanya dikembalikan lagi ke setingan hariannya, hampir 90% yang didapat dari hasil perawatan ataupun setingan harian yang diberikan dengan baik dan konsisten itu adalah modal dasar, dan hanya saja ada sedikit tips tambahan agar si cucak jenggot ini memiliki tambahan tenaga, lebih ngotot dan mau bongkar isian ketika di arena kontes, ada baiknya pada H-2 cucak jenggot anda diberikan buah mengkudu atau sering disebut dengan buah pace ya temen-temen.

Cara pemberian buah pace ini diusahakan yang sudah matang ya temen-temen, dan dipotoh / dibelah menjadi dua bagian lalu diberikan kepada burung cucak jenggot kesayangan anda, namun pada hari H-1 berikanlah ulat daun pisang 1 ekor saja dipagi harinya, serta di kerodong kembali biarkan burung seharian beristirahat, tidak dijemur dan dimandikan ya temen-temen.

Pas waktu di hari H di saat pagi hari kembalikan pakan EF (extrafooding) seperti biasanya, yang diharapkan agar bisa tampil dengan performa terbaik nantinya ketika dilapangan.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Macaw Termurah Tahun 2020

Setingan pas waktu sampai dilapangan, biarkan burung tetap dikerodong dan carilah tempat yang nyaman teduh, adem ya. Biarkan selama 15 menitan sampai burung mau terdengar suara tembakan beset, besetannya baru boleh diberikan jangkrik sebanyak 2 ekor untuk tambahan tenaga sebelum di burung digantang.

Janga lupa baca juga artikel terkait lainnya : Cara Mudah Perawatan Cucak Jenggot Agar Gacor

Sekian tips setingan burung cucak jenggot agar menjadi jaura kontes pada perlombaan burung kicau, besar harapan kami untuk temen-temen semua agar burung cucak jenggot anda bisa moncer dan menjadi juara. Semoga bermanfaat.