Settingan Burung Kenari Untuk Lomba

Diposting pada

setingan kenari lomba – Assalamualaikum wr. wb. Kembali lagi masih bersama SuhuKicau.Com web yg selalu konsisten memberikan info terupdate seputar dunia burung kicauan khususnya bagi para kicau mania di nusantara ini. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar perawatan kenari lomba agar stabil, baik rawatan hariannya maupun saat pengkondisian dilapangannya.

Bagi temen-temen yg memerlukan informasi ini, tentunya untuk para kenari mania indonesia yg masih pemula wajib mengetahuinya, agar bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian semuanya. Tanpa berlama-lama lagi yuk langsung aje simak pembahasan lengkapnya dibawah ini :

Tips Memberikan Rawatan Yang Tepat Untuk Burung Kenari Agar Bisa Jadi Juara


Setingan Kenari Harian

Sebelum kalian fokus dan tertuju dengan yg namanya setingan, tentu dikembalikan lagi dengan tabiat atau karakter si burung ya, untuk pemain yg sudah profesional bermain dan merawat kenari tentu tidak terlalu memusingkan setingan lomba ya ?. Karena sudah paham masalah karakter si burung nya sendiri serta mampu dan konsisten memberikan rawatan hariannya dengan sangat baik.

Pada dasarnya rawatan kenari sebelum di ikuti perlombaan, ataupun dengan pola perawatan hariannya tidak berbeda jauh dari kebiasaannya, jadi fokuskan terlebih dahulu pada teknik perawatan sehari-harinya dengan membuat si burung nyaman, sehat dan rajin berkicau lepas dirumah atau gacor lah ya. Jika kondisi sudah seperti itu apakah bisa dikatakan sudah pas untuk setingan rawatan harian si burung kenari tersebut ?.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Terbukti Ampuh

Menurut kami ini tidak ada masalah tentunya dan jika burung sudah mau gacor dirumah tentu sudah pas untuk hariannya, tinggal saja bagaimana caranya kalian harus selalu menjaga konsistenitasnya agar si performa burung tersebut bisa prima terus dan tidak berubah ketika dibawa ke lapangan.

ciri-kenari-siap-lomba

Ciri Kenari Siap Lomba

Faktor usia, trah indukan dan setingan / rawatan sehari-hari sudah pas, nah dari ketiga syarat ini yg merupakan modal dasar untuk menentukan kualitas yg bisa di ukur ya, tentu kalian sebagai pemilik lebih memahaminya, karena kalian yg membeli dan merawat burung kenari tersebut.

Untuk usia burung yg sudah mapan di atas 3 – 4 tahun menurut saya itu sudah memenuhi persyaratan dari segi umurnya. Bisa dikatakan burung tersebut sudah dewasa (mapan). Lalu jika dilihat dari sisi keturunan / katuranggan si burung tersebut juga sangat mempengaruhi kemampuan dan kualitasnya ya seperti mental, dan wujud fisiknya dari burung kenari itu sendiri.

Jika sejarahnya kenari ini berasal dari trah indukan sebelumnya yg memang benar-benar berkulitas atau memang yg sudah pernah mendapatkan berprestasi, tentu saja persentase kualitasnya akan menurun kepada anakannya, logikanya seperti ini ya, jika indukannya pinter tentu anaknya yg dihasilkan juga pasti akan pinter juga dan bahkan bisa lebih pinter dari indukannya tersebut.

Jadi saran saya temen-temen ingin merawat burung prospek kenari juaran tentu jangan sembarangan memilih / membeli burung kenari yang tidak jelas indukannya, misalnya membeli bahan di kios-kios burung ombyokan pada umumnya. Lebih baik membelinya langsung dari penangkar khusus kenari dan menanyakan jenis dan keturunannya ya.

Salah satu faktor yg terakhir ini juga dapat dilihat dari pola perawatan hariannya, dan jangan sampai temen-temen meremehkannya ya, karena walaupun usia burung kalian sudah mapan dan berasal dari indukan yg bagus sekalipun, jika anda tidak baik dalam menerapkan rawatan hariannya maka performa burung kenari itu sendiri tidak akan keluar dengan maksimal nantinya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Cucak Ijo Banyuwangi (Harga dan Suara)

Baca juga artikel yg lainnya seputar : jenis kenari lomba

Cara Melatih Kenari Agar Ngerol Panjang

Selain memberikan rawatan mandi, jemur, pemberian pakan, kebersihan kandang serta teknik pemasteran dan pengkrodongan yg tepat tentu faktor fisik / nafas burung kenari juga harus di latih ya agar memiliki suara yg jernih dan ngerol dengan durasi yg sangat panjang, kalian juga bisa melatihnya dengan kandang umbaran ya.

Untuk pengumbaran burung kenari ini bisa membuat burung menjadi lebih sehat, gesit dan gacor dan memiliki nafas yg panjang, untuk kenari lomba ini memang harus memiliki kualitas suara dengan volume yg maksimal ya ketika di gantangkan, nah dengan cara pengumbaran inilah salah satu caranya agar bisa ngerol berkicau panjang.

Nah untuk setingan kenari sebelum berangkat lomba agar tidak macet bunyi di lapangan tentu tidak perlu khawatir, jika syarat dan trik rawatannya dikira sudah tepat yg sesuai dengan apa yg sudah dijabarkan diatas tentu, ketika burung berada dilapangan / gantangan pasti akan mampu bersaing dan kerja maksimal saat digantangkan.

Ya, jadi itu saja informasi yg dapat kami sampaikan seputar setingan kenari lomba, yang kiranya dapat bermanfaat bagi temen-temen kenari manis semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari