Suara Burung Prenjak Betina

Diposting pada

Burung prenjak merupakan salah satu burung kicauan yang banyak diburu oleh pecinta burung. Selain bisa diperoleh dengan cara membeli di toko burung, burung ini juga diperoleh dengan menangkapnya di alam bebas dengan menggunakan suara burung.

Biasanya suara burung prenjak betina seringkali digunakan untuk memikat burung jantan agar lebih mudah ditangkap serta banyak digunakan sebagai masteran burung lain sehingga lebih rajin berbunyi.

Prenjak Betina dan Suara Kicauannya

Sebenarnya untuk burung prenjak yang memiliki kicauan dengan variasi yang lebih banyak biasanya adalah prenjak jantan. Tak heran jika burung dengan jenis kelamin jantan lebih banyak dipelihara dan diikutkan saat kontes burung.

Namun, dalam beberapa kasus ada suatau kondisi dimana burung jantan macet bunyi dan terlihat murung, sehingga anda membutuhkan suara burung betina agar burung jantan lebih rajin berkicau dan tidak macet lagi.

Dengan memberikan pancingan in, biasanya burung jantan akan kembali rajin berkicau. Namun, untuk merangsang burung jantan dengan suara burung betina, anda harus merawatnya secara terpisah.

burung-prenjak-betina

Selain itu, anda juga bisa memberikan suara burung prenjak betina dengan cara menggunakan pemutar suara yang bisa diperoleh dengan mengunduhnya di internet sehingga kesannya seolah olah itu suara asli. Cara ini bahkan lebih praktis dan anda tidak perlu melakukan perawatan.

Selain digunakan sebagai memanggil burung jantan bisa kembali gacor, burung betina juga seringkali digunakan untuk pancingan bagi bakalan prenjak yang masih muda. Hal ini bertujuan agar prenjak tersebut lebih cepat birahi.

Dengan adanya kicauan dari burung prenjak betina ini, birahi dari prenjak jantan menjadi lebih stabil. Namun, banyak juga yang menggunakan suara dari burung betina untuk memasterkan burung kacer maupun burung murai batu.

Baca selengkapnya :  Suara Ciblek Gunung Mp3 Tembakan Ngebren Panjang

Berikut informasi suara burung prenjak betina yang sangat baik digunakan untuk memikat burung di alam liar, yuk unduh gratis file audio sound mp3 nya gratis disini gan :

Suara Burung Prenjak Betina – Versi 1

Suara Burung Prenjak Betina – Versi 2

Suara Burung Prenjak Betina – Versi 3

Suara Burung Prenjak Betina – Versi 4

Cara Membedakan Burung Jantan dan Betina

Penting untuk mengetahui cara membedakan burung yang jantan dan betina jika ingin menggunakan burung betina sebagai masteran maupun pikatan. Anda bisa mengenalinya baik dari segi suara maupun dari cir ciri tubuhnya. Biasanya burung betina memiliki bulu yang sedikit lebih kusam.

Berbeda denan burung jantan yang memiliki bulu lebih cerah dan menarik. Selain burung jantan biasanya berbunyi “ciek-ciek-ciek”, sedangkan suara burung prenjak betina biasanya “ter-ter-ter”.

Anda juga bisa membedakan dengan cara melihat postur tubuhnya dimana burung jantan memiliki badan yang ramping dan lebih memanjang. Sedangkan burung betina memiliki postur yang lebih gemuk dan memendek.

suara-burung-prenjak-pikat

Pada prenjak jantan terdapat 2 bulu ekor yang berada di tengah dengan ukuran lebih panjang dan seringkali burung ini memainkan ekor tersebut dengan cara menaikkan atau menurunkannya.

Sedangkan burung betina justru kebalikannya. Anda juga bisa melihat paruh bagian bawah para burung jantan dewasa memiliki warna hitam keseluruhan. Jika masih anakan maka paruhnya memiliki warna kuning atau putih dengan ujungnya berwarna kehitaman.

Sedangkan pada burung btrina memiliki paruh berwarna putih atau kuning baik pada saat masih anakan maupun ketika sudah dewasa. Suara burung prenjak betina juga lebih monotn jika dibandingakn dengan suara burung jantan yang lebih banyak variasi.

Baca selengkapnya :  Download Suara Anis Kembang Gacor Ngeplong Mp3

Meskipun burung jantan lebih banyak dipelihara dan diikutkan dalam kontes burung, namun burung betina juga banyak dipelihara untuk memancing birahi burung jantan. Selain itu, burung burung betina juga dibutuhkan ketika anda ingin ternak burung prenjak.

Namun, dalam hal ini anda harus bisa membedakan burung jantan dan betina. Dari segi ukuran tubuh, burung jantan lebih ramping dan panjang serta mengeluarkan suara “ciek-ciek-ciek” dan kicauannya cenderung lebih bervariasi.