Mengenal Jenis Burung Kacer (Harga, Suara)

Diposting pada

SuhuKicau.com – Terkenal dengan kepiawaiannya untuk menirukan suara kicauan burung lainnya, tidak heran bila tingkat kepopulerannya beranjak naik. Memilki banyak penggemar, berbagai komunitas pecinta burung Kacer menjamur di tanah air.

Tak hanya sebagai hewan peliharaan semata, burung populer ini kerap digunakan sebagai masteran serta dibudidayakan. Sebagai penggemarnya, penting untuk mengetahui beragam jenis Kacer sebelum membelinya. Berikut ulasannya.

Beberapa Jenis Kacer Di Dunia Beserta Harganya

1. Kacer Jawa

Termasuk dari keluarga Muscicapidae, Kacer satu ini juga begitu menarik perhatian sejak pertama kali melihatnya. Terlihat begitu menarik, burung kicau satu ini memang dikenal dengan suara gacornya serta penampilannya yang begitu mempesona.

Bagaimana tidak terpikat, burung ini memiliki bulu berwarna hitam pekat yang membuatnya mudah dikenali hanya dari warna tubuhnya, atau sering juga disebut dengan kacer dada hitam.

Didominasi oleh warna hitam, membuatnya terlihat gagah namun begitu mempesona. Namun ada sedikit warna putih, yang terletak di bagian sayap tengah saja. Usai terpikat dengan warna tubuhnya, kini saatnya untuk mengenal suara ngeroll yang mampu dihasilkannya. Kacer satu ini dikenal handal menirukan ritme dari kicauan burung lainnya, sehingga seringkali dijadikan sebagai burung masteran.

Meski suara kicauannya tidak seindah burung Kacer poci, masih ada keunggulan lain yang dibawanya. Dimana keunggulannya terletak dari mentalnya yang cukup kuat, jika dibandinkan dengan para saudaranya sendiri. Dengan tingkat mental yang jauh lebih tinggi, burung ini kerap dipelihara serta dibudidayakan karena tidak mudah terserang penyakit. Dibadrol mulai dari harga Rp. 1 jutaan per ekornya, anda sudah bisa membawanya pulang ke rumah.

2. Kacer Poci

Miliki perawakan serta kicauan gacor mengobra, burung yang bernama latin Copsychus Saularis ini tak kalah populer di kalangan pecinta burung kicauan. Mudah dikenali, sebab Kacer jenis ini memiliki kombinasi warna monokrom yang membuatnya begitu menggoda untuk dimiliki. Kedua warna tersebut menyebar di berbagai bagian tubuhnya, dimana warna hitam dapat ditemui di bagian kepala, ekor, dan punggungnya.

Baca selengkapnya :  11 Jenis Burung Murah Dengan Suara Mewah Dan Banyak Dicari

Sedangkan untuk bagian tubuh lainnya tidak sepenuhnya berwarna hitam, contohnya seperti di beberapa bagain tubuhnya diketahui berwarna putih bersih. Daripada jenis Kacer lainnya, Kacer satu ini dikenal sebagai burung yang cukup handal menirukan ritme dari berbagai suara kicauan burung lain. Terlihat begitu mengagumkan, burung ini mudah ditemui di daerah Sumatera.

Tersebar hingga ke beberapa negara tetangga, rasanya cukup mudah untuk bisa menemukannya di habitat aslinya. Beberapa negara yang dimaksudkan terdiri dari Filipina, Malaysia, Tiongkok, Thailand, serta Nepal. Untuk satu ekor burung Kacer Poci bakalan, dibandrol mulai dari Rp. 200 ribuan hingga Rp. Rp. 400 ribuan. Sedangkan untuk Kacer Poci Trotolan hanya dibandrol mulai dari Rp. 100 ribuan saja.

3. Kacer Madagaskar

Terlihat sedikit berbeda dengan para saudaranya yang lain, sebab burung ini memang berasal dari benua Afrika. Bentuknya memang serupa degnan Kacer Sumatera, namun Kacer Madagaskar memiliki ciri khas pada bentuk tubuhnya yang terlihat agak bulat dan dikenal dengan suaranya yang begitu merdu. Ketika burung ini berkicau, ekspresinya terlihat mbagong dan terlihat begitu khas.

gambar-kacer
Burung cantik satu ini, terdapat 3 jenis dan menyebar di seluru dunia. Dari beberapa jenis yang ada, hanya Kacer Madagaskar yang bersemayam di tanah air.

Yang membuatnya semakin menarik untuk dipelihara, sewaktu waktu burung ini terlihat membusungkan dada yang menambah tingkat kegagahannya. Warna bulunya pun terlihat begitu lembut, dan terlihat begitu berbeda dengan jenis Kacer lainnya.

Tertarik untuk membelinya ? Anda bisa menemukannya di pasaran dengan harga yang cukup ramah di kantong. Pasalnya untuk satu ekor burung Kacer Madagaskar anakan hanya dibandrol mulai dari Rp. 350 ribuan, sedangkan untuk yang dewasa dipatok hampir menyentuh harga Rp. 1 jutaan saja per ekornya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Murai Batu Betina

Namun ada kemungkinan harga tersebut dapat naik sewaktu waktu, mengingat banyaknya peminat untuk memeliharanya.

4. Kacer Blorok

Disebut sebagai Kacer perawakan terunik, lantaran di bagian tubuhnya terdapat motif semburat berwarna monokrom nan abstrak. Sebenarnya Kacer satu ini dihasilkan dari perkawinan silang antara Kacer Jawa dan Kacer putih. Sedangkan sebutan Blorok yang didapatkannya, berasal dari motif unik yang terlihat belang belang. Burung ini juga dikenal mampu menirukan suara kicauan burung lainnya, menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk memeliharanya.

Meski suaranya dikenal tidak lebih baik daripada Kacer Sumatera yang dapat menirukan suara kicauan burung lain, namun si Kacer Blorok dikenal sebagai burung yang begitu pemberani dan tak gampang merasa takut ketika didekati oleh manusia. Seringkali diburu untuk dipelihara, tak heran bila permintaan pasar cukup tinggi. Cobalah berikan pakan seperti jangkrik, ulat, maupun kroto untuk menyengkan mereka selagi dipelihara.

Lalu bagaimana dengan patokan harga pasarannya ? Tak perlu khawati kantong akan jebol, karena ingin memelihara si cantik satu ini. Sebab Kacer Blorok anakannya saja, hanya dibandrol mulai dari Rp. 350 ribuan saja, sedangkan Kacer dewasanya dibandrol mulai dari Rp. 750 ribuan. Namun perlu diingat bila, harga tersebut ada kemungkinan untuk naik ketika si burung pernah menyabet penghargaan ketika mengikuti kontes di gantangan.

5. Kacer Kalimantan

Terdiri dari beberapa spesies dengan ciri khas tersendiri, membuat burung Kacer satu ini banyak diburu oleh para penggemarnya. Beberapa spesiesnya terdiri dari Copsychus Solaris Musicus yang didominasi oleh warna monokrom di bagian perut dan pantat, Adamsi, dan Pluto yang memiliki ciri bulu berwarna hitam pekat dan ada sedikit warna putih. Warna yang dihadirkan di setiap spesiesnya, terlihat begitu mempesona.

Baca selengkapnya :  Inilah Tips Pakan Kenari Biar Gacor Dor dan Ngerol Panjang

Kacer Kalimantan serupa dengan Kacer Sumatera, dimana pembedanya terletak di bagian dada yang berwarna hitam untuk Kacer Kalimantan serta warna putih pada Kacer Sumatera. Untuk Kacer Kalimantan, didominasi oleh warna hitam pekat dengan ada sedikit warna putih di beberapa bagian tubuhnya. Sedangkan ketika berkicau, suara yang dihasilkan terdengar nyaring nan tajam.

Tersebar di beberapa wilayah di tanah air, namun anda lebih mudah untuk menemukannya di tanah Kalimantan. Beberapa wilayah Kalimantan yang diketahui sebagai tempat penyebarannya mulai dari Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, dan juga Kalimantan Barat. Sedangkan untuk wilayah lain yang tersebar Kacer Kalimantan yaitu Bali, Bangka Belitung dan Nias. Patokan harga yang ditawarkan dapat berbeda beda, tergantung jenis kelamin dan beberapa faktor lainnya.

Tingginya harga burung Kacer Kalimantan dapat berubah, lantaran tergantung dari jenis kelamin yang dipilih. Kacer Kalimantan dewasa akan dibandrol sekitar Rp. 800 ribuan, sedangkan untuk anakan Kacer Kalimantan berjenis kelamin jantan akan dibandrol mulai dari Rp. 250 ribuan saja. Lalu bagaimana dengan sang betinanya ? Sang betina dewasa dipatok mulai dari Rp. 700 ribuan, sedangkan anakan betina akan dibandrol sekitar Rp. 250 ribuan.

Terkenal dengan suara khas yang dikeluarkannya, kicauan burung yang begitu populer ini seringkali dijadikan sebagai masteran. Tingginya harga jual yang ditawarkan, sepadan dengan kemampuan untuk menirukan suara kicau burung lainnya serta karakteristik kicauan yang mampu dihasilkannya. Belum lagi bila si Kacer pernah menyabet penghargaan, dijamin harganya semakin melambung.