Cara Mudah Merawat Burung Anis Kembang Agar Gacor

Diposting pada

Burung anis kembang merupakan salah satu jenis burung kicauan yang cukup banyak diminati oleh para kicau mania. Burung ini lebih mudah berbunyi dengan kicauan yang lebih merdu bahkan kicauannya tidak akan pernah berhenti juga sudah gacor.

Pada pembahasan kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara merawat anis kembang agar dapat rajin berkicau tentunya. Burung ini bahkan bisa ngeroll dengan suara yang mendominasi dibandingkan dengan burung lain. Nah, agar burung ini lebih rajin berbunyi, anda perlu melakukan perawatan sebagai berikut.

Tips Mudah Merawat Burung Geokichla Interpres Agar Cepat Gacor


1. Memberikan Kandang yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan ketika memelihara burung ini, adalah memberikan kandang yang tepat yaitu berukuran 40 cm x 40 cm x 60 cm. Anda juga bisa memeliharanya di dalam kandang bulat dengan ukuran diameter 30 cm.

Sebaiknya gunakan sangkar dengan tangkirangan dari bahan kulit untuk mengasah paruh burung ini agar tidak runcing. Berbeda dengan burung anis merah, burung ini juga tidak perlu dikerodong.

2. Melakukan Pengembunan Setiap Pagi

Agar burung tidak mudah stres, maka anda perlu melakukan pengembunan secara rutin setiap harinya. Pengembunanan bisa dilakukan pada jam 05.00 pagi.

Lakukan dengan cara digantangkan di teras sampai matahari terbit yaitu sekitar jam 06.00 atau jam 07.00 pagi. Dengan begitu, maka burung anis kembang bisa menghirup udara segar sehingga cepat gacor.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Sanger (Makanan, Harga Dan Suara)

anis-macan

3. Memandikan Secara Rutin

Setelah dilakukan pengembunan, anda perlu memandikannya secara rutin agar kebersihan tubuhnya tetap terjaga. Memandikan burung ini bisa dilakukan pada pagi hari yaitu sekitar jam 07.00 dengan cara menyemprotkan spayer secara halus ke seluruh tubuhnya.

Anda juga bisa melakukan dengan cara memberikan cepuk yang berisi air, agar burung ini mandi sendiri.

4. Membersihkan Kandang Secara Rutin

Bagi anda yang ingin burung ini cepat gacor, maka menjaga kebersihan kandang menjadi faktor yang sangat penting.

Selain untuk menjaga kesehatan burung agar tidak mudah terserang penyakit, kondisi kandang yang bersih juga akan membuat burung anis kembang menjadi lebih nyaman. Bersihkan kandang dari sisa pakan dan kotoran serta ganti voer dan air minum dengan air yang bersih.

5. Melakukan Penjemuran

Setelah burung dimandikan, maka anda perlu melakukan penjemuran di tempat ramai. Hal ini bertujuan agar burung ini bisa lebih tertantang untuk berkicau. Selain itu, burung akan terbiasa dengan keramaian sehingga saat diikutkan kontes menjadi tidak kaget dan bisa tetap gacor dengan lancar.

Penjemuran sebaiknya dilakukan selama 1 hingga 2 jam yaitu pada jam 07.00 hingga jam 09.00 pagi. Sembari dijemur, anda bisa memberikan pemasteran melalui Mp3.

burung-anis-kembang

6. Memberikan Makanan Yang Cukup Nutrisi

Makanan menjadi faktor yang cukup penting jika anda ingin burung ini cepat gacor. Adapun beberapa makanan yang bisa diberikan kepada burung ini antara lain jangkrik 2 ekor pada pagi hari dan sore hari.

Anda uga perlu memberikan kroto segar setiap minggu sebanyak 2 kali dengan porsi 2 sendok teh. Selain itu, berikan juga cacing sebanyak 2 ekor sebanyak 3 kali seminggu. Jenis buah yang diberikan untuk burung anis kembang, anda bisa memberikan pisang atau apel.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Murai Mabung Agar Cepat Tuntas

Itulah beberapa cara yang bisa nda terapkan saat merawat burung Geokichla Interpres. Semakin terawat burung tersebut, maka kualitas kicauan akan semakin baik.

Namun, pemberian makanan yang tepat harus dilakukan secara rutin serta anda juga perlu melakukan pemasteran secara rutin baik dengan menggantang bersama burung lain, maupun memberikan contoh seperti rekaman bunyi Mp3 dari burung lain.