Cara Mudah Merawat Burung Kenari Harian Dan Untuk Lomba

Diposting pada

Bentuknya yang mungil nan menggemaskan, tidak heran bila burung kenari banyak diminati oleh para pecinta burung kicauan. Selain dari bentuk fisiknya, suara kicauannya pun mengalun indah.

Tak jarang bagi sang pemilik burung cantik ini, mengikutsertakannya dalam berbagai kontes bergengsi. Sebelum dibawa menuju area pertandingan, ada serangkaian cara mudah merawat burung Kenari yang harus dilakukan. Berikut langkah langkahnya.

Trik sederhana memelihara burung kenari agar tampil maksimal


Serangkaian Perawatan Harian Bagi Kenari

Sebenarnya perawatan yang harus diberikan kepada Kenari serupa dengan jenis burung kicauan lainnya. Dilakukan secara rutin dan konsisten, nampaknya bisa menjadi kunci sukses merawat burung mungil nan indah satu ini.

Lalu ada beberapa pola perawatan lainnya yang perlu diperhatikan, agar kesehatan Kenari tetap terjaga dan dapat mengeluarkan suara indah saat berkicau.

Pola perawatan pertama yang harus dilakukan yaitu mengangin anginkan Kenari di teras pada jam 7 pagi. Hal ini perlu dilakukan 30 menit sebelum Kenari dimandikan, agar si burung bisa menghirup udara segar di pagi hari dan merasakan kehangatan sinar mentari.

Pada jam setengah 8, anda bisa mulai memandikannya menggunakan alat semprot khusus ataupun karamba mandi. Cara memandikannya, biasanya tergantung dari kebiasaan dari masing masing Kenari.

Usai memandingan burung peliharaan mungil satu ini, pastikan untuk menjemurnya selama kurang lebih 1 hingga 2 jam per harinya. Selama proses penjemuran, ada baiknya untuk tidak mempertemukannya dengan burung sejenisnya.

Ketika bulu burung sudah mengering, silahkan pindahkan sangkarnya ke area yang lebih teduh untuk diangin anginkan kembali. Lakukan hal ini selama 10 menitan lalu kerodong sangkarnya, sebagai langkah cara mudah merawat burung Kenari.

Namun sebelum sangkar dikerodong, anda perlu membersihkan kandanganya setiap hari, dan tidak lupa untuk mengganti pakan serta air minumnya. Agar si burung tidak merasa bosan, tidak ada salahnya mengganti menu pakannya menggunakan sayuran atau buah buahan segar. Proses kerodong ini bisa dilakukan mulai dari siang hari hingga sore hari, dimana saat itu dikatakan waktu terbaik untuk memasternya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

Sekitar jam setengah 4, silahkan angin anginkan kembali si Kenari ke teras hunian. Pada waktu ini, anda juga diperkenankan untuk memandikannya kembali jika diperlukan. Lalu pada jam 6 sore, kerodong kembali sangkarnya dan perdengarkannya dengan suara master saat menjelang waktu istirahat hingga keesokan paginya. Selama proses perawaran ini, jangan lupa untuk mengontrol pakan, minuman, buah dan sayuran yang dikonsumsinya.

Agar serangkaian proses perawatannya berjalan maksimal, ada beberapa hal penting yang perlu diingat. Hal pertama yang bisa dilakukan, yaitu memberikan pakan tambahan berupa kroto segar. Pakan tambahan ini bisa diberikan sekitar 1 sendok teh dengan maksimal 2x dalam seminggu. Hal yang tak kalah penting untuk diingat, yaitu selalu tersedianya asinan bagi si mungil sebagai penyemangatnya.

Ketika ingin melakukan pengumbaran di kandang khusus, anda bisa melakukannya selama 4 jam dalam sehari dan dilakukan selama 4 hari dalam seminggu. Agar lebih maksimal, tidak ada salahnya memberikannya vitamin selama seminggu sekali. Dianjurkan pula untuk memberikan sayuran dan buah buahan segar yang bervariasi, yang dikatakan sebagai kunci utama keberhasilan dalam merawat si Kenari.

Serangkaian Perawatan Khusus Kenari yang Diikutkan Lomba

Cara mudah merawat burung Kenari yang akan diikutsertakan mengikuti perlombaan, sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan Kenari hariannya. Hanya saja, ada beberapa latihan rutin yang harus dilakukan agar suara kicauannya semakin mantap.

gambar-burung-kenari

Tujuan dari latihan rutin ini sendiri, tak lain dan tak bukan hanyalah untuk mempersiapkannya agar memiliki birahi dan stamina yang stabil saat berada di gantangan.

Bagaimana agar cara perawatan khusus ini berjalan dengan baik ? Kunci utamanya cukup sederhana, dimana sang pemilik harus benar benar mengenal dan memahami karakter si burung peliharaannya.

Baca selengkapnya :  6 Cara Mudah Ternak Burung Ciblek

Ketika mengetahui mulai dari kebiasaan dan makanan kesukaannya, mereka merasa dicintai dan ingin melakukan hal yang terbaik bagi anda. Oleh karenanya, mulailah untuk lebih mengakrabkan diri dan saling mengenal lebih jauh satu sama lain.

Langkah dalam perawatan Kenari satu ini, telah dilakukan bahkan 3 hari sebelum menjelang perlombaan dilakukan. 3 hari sebelum perlombaan dimulai, silahkan memberikan buah apel sebagai pakan utamanya dan selingi dengan kroto segar. 2 hari menjelang perlombaan, ada baiknya untuk menjemur si mungil sekitar 30 menitan saja. Sedangkan 1 jam sebelum masuk dalam arena, berikan Kenari sebuah burung puyuh rebus sebagai pakannya.

Selain serangkaian di atas, ada cara mudah merawat burung Kenari lainnya yang tak kalah penting untuk dilakukan. Dimana sang pemilik harus mengisolasi si burung 6 hari sebelum pertandingan dilaksanakan. Pada hari tersebut, pastikan bahwa si burung tidak melihat ataupun mendengar adanya suara Kenari lainnya. Proses ini dikatakan penting untuk dilakukan, agar mereka untuk mempertahankan kualitas si burung.

Perawatan Kenari Pasca Perlombaan

Ternyata perawatan yang harus dilakukan tak berhenti saat sebelum perlombaan diikutinya saja, namun mereka juga sangat memerlukan perawatan khusus sesudah perombaan berakhir. Perawatan pasca perlombaan ini, memiliki fungsi untuk mengembalikan kondisi tubuhnya serta memulihkan stamina yang terbuang saat berusaha yang terbaik di arena pertandingan. Ketika stamina telah pulih, Kenari siap untuk diikutsertakan lomba kembali.

Cara mudah merawat burung Kenari pasca perlombaan yaitu mengembalikan stelan harian. Jangan lupa untuk memberikan vitamin supervit pada hari pertama sesudah perlombaan, agar tubuhnya kembali bugar seperti biasanya.

Kemudian anda harus memastikan bahwa si burung hanya dijemur selama 30 menitan saja, dimana proses perawatan khusus ini perlu dilakukan hingga 3 hari usai mengikuti perlombaan.

Jenis Pakan Terbaik Untuk Diberikan Kepada Kenari

Sebagai sang pemilik, anda bisa memberikan sayuran dan buah buahan segar yang dikenal sebagai pakan yang digemari di Kenari kesayangan.

Baca selengkapnya :  Inilah Manfaat Madu Untuk Kacer Supaya Cepat Gacor

pakan-kenari

Jenis buah dan sayur yang bisa diberikan meliputi daun sawi, daun selada, gambas, wortel, mentimun, apel, buah pir, jagung muda, dan buah apel. Selain itu anda bisa memberikan telur puyuh dan kroto segar pada kondisi tertentu, untuk menunjang pertumbuhan serta mengoptimalkan vitalitas organ tubuh.

Ada beberapa jenis pakan yang bisa diberikan kepada Kenari, agar mereka tidak merasa bosan memakannya. Pakan yang pertama adalah canary seed, yang bisa dicampurkan dengan berbagai jenis biji bijian lainnya.

Untuk bisa mendapatkannya pun dirasa tidak sulit, karena pakan ini sudah banyak dijual di pasaran dengan harga ekonomis. Ketika memberikannya kepada si burung mungil, dipastikan mereka akan senang dan langsung memakannya.

Asinan menjadi salah satu pakan yang bisa diberikan, untuk mencukupi kebutuhan kalsiumnya. Bentuk asinan dapat berupa tulang sotong, yang dianggap ampuh untuk melengkapi asuman kalsium dalam tubuh.

Tidak ada salahnya untuk memberikan roti kering dengan kadar garam dan gula yang tinggi, sebagai cara mudah merawat burung Kenari. Sebab, roti kering dianggap sebagai salah satu pakan favorit mereka.

Tidak ada yang tidak mengenal si burung mungil bersuara merdu satu ini, dimana dirinya seringkali dijadikan sebagai burung peliharaan ataupun diikut sertakan dalam suatu lomba. Agar si burung tetap sehat nan gacor, perlu dilakukan perawatan tepat agar sesuai dengan yang diharapkan. Sebab Kenari harian dan khusus untuk lomba, pastinya memiliki serangkaian perawatan yang berbeda.

Sekian informasi yang dapat kami berikan seputar cara merawat burung kenari, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat kicau semua. Terima kasih.